Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia 5 Fungsi Telur dalam Dunia Perkulineran

List Artikel
30 Oktober 2019 | 0 Komentar

Telur menjadi kuliner yang bisa dinikmati siapa saja, baik itu kalangan anak-anak, remaja, hingga orang tua. Hal ini dikarenakan telur sangat kaya akan kandungan gizi dan vitamin yang ada di dalamnya. Selain daging, ikan dan susu, telur juga sangat kaya akan kandungan protein dan mineral sehingga bagus dikonsumsi oleh tubuh. Berbicara tentang telur, keberadaannya memang sangat penting dalam dunia kuliner. Tidak hanya bisa dijadikan sebagai masakan atau disantap dalam bentuk telur goreng dan telur rebus saja, tetapi telur juga punya fungsi penting dalam dunia kuliner, baik itu kuning telurnya maupun putih telurnya. Bagaimana kalau kita langsung lihat apa saja fungsi telur dalam dunia perkulineran, yaitu:


 

Sumber : Biggerbolderbaking.com


1. Sebagai Perekat

Fungsi pertama telur dalam dunia kuliner adalah bisa dijadikan sebagai perekat. Bagian putih telur yang mengandung protein tinggi bisa merekatkan adonan yang kamu buat seperti merekatkan kulit risol, kulit pangsit, atau pada saat kamu membuat bakso hingga adonan yang menggunakan campuran tepung serta bahan lainnya di dalamnya. Hal ini dikarenakan sifat adhesivitasnya yang berfungsi sebagai pengikat bahan lain dan menjadikan teksturnya menyatu.

 

2. Sebagai Pengembang

Kalau fungsi telur yang satu ini pasti sudah kamu ketahui. Telur memang bisa menjadi pengembang makanan yang alami. Hal ini bisa terjadi saat proses pembentukan buih dimulai ketika putih telur dikocok hingga mengembang dan gelembung udara tertangkap oleh putih telur. Pembentukan buih ini akan menyatu dengan protein dalam putih telur yang bernama albumin. Alhasil jika dikocok dengan konstan, maka adonan bisa mengembang.

 

3. Sebagai Pengental

Tahukah kamu kalau ternyata telur juga bisa menjadi pengental makanan. Jika kedua fungsi telur di atas berasal dari bagian putih telur, fungsi pengempuk makanan ini justru berasal dari bagian kuning telur. Bagian kuning telur memiliki kemampuan emulsi yang bisa digunakan pada pengolahan saus seperti mayonaise. Protein dalam kuning telur akan mengalami denaturasi dan akan mengakibatkan terjadinya penggumpalan protein atau pembentukan gel.

 

4. Sebagai Pengempuk

Fungsi telur berikutnya adalah sebagai pengempuk. Hal ini sering kita lihat pada adonan roti yang menggunakan telur dengan yang tidak menggunakan telur. Tekstur roti yang menggunakan telur memang bisa lebih empuk. Hal ini karena sebagian besar kandungan pada kuning telur adalah lemak yang bisa melembutkan adonan secara alami sehingga kamu tak perlu menggunakan emulsif atau pengembang buatan.

 

5. Sebagai Pewarna dan Perasa

Fungsi yang terakhir adalah telur bisa berfungsi sebagai pewarna dan perasa pada makanan. Jika kamu perhatikan, rasanya hampir semua pastry dan roti menggunakan kuning telur untuk mengoles bagian atasnya sebelum dipanggang. Hal ini dilakukan agar hasil roti dan pastry pada bagian atas berwarna kuning berkilau. Selain itu, kuning telur juga bisa menjadikan cita rasanya menjadi lebih gurih menggoda.

 

Itulah beberapa fungsi telur dalam dunia perkulineran. Menurut kamu masih ada lagi tidak fungsi yang lainnya? Nah, jika kamu jadi lapar setelah membaca artikel ini, kamu bisa santap aneka cemilan yang ada di bawah ini ya!

Baked Magic

Foto Baked Magic
Foto Baked Magic
Foto Baked Magic

Hello Sunday

Foto Hello Sunday
Foto Hello Sunday

Martabak Orins

Foto Martabak Orins
Foto Martabak Orins
Foto Martabak Orins

Martabak Alay

Foto Martabak Alay
Foto Martabak Alay
Foto Martabak Alay

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?