Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia 5 Jenis Mochi yang Paling Favorit di Jepang!

List Artikel
13 Januari 2019 | 0 Komentar
Mochi menjadi salah satu cemilan khas Jepang yang keberadaannya tak kalah terkenal dari cemilan Jepang lainnya seperti okonomiyaki, taiyaki, hingga takoyaki. Mochi populer karena memiliki tekstur yang kenyal dan cita rasa yang cenderung manis sehingga terasa nikmat disantap. Selama ini kita mungkin hanya mengenal satu jenis mochi saja, tapi ternyata di negara asalnya, mochi memiliki banyak sekali jenisnya tergantung dari waktu penyajian dan daerah pembuatannya. Dari sekian banyak jenis mochi yang ada di Jepang, ada lima yang paling menjadi favorit lho. Simak yuk!

1. Mochi Kagami


Sumber : Folklore.usc.edu
 
Pertama ada mochi kagami yang merupakan jenis mochi dengan tampilan cantik karena dibuat dengan menumpuk dua buah mochi berwarna putih dengan ukuran yang berbeda lalu di atasnya diberi buah jeruk yang berwarna orange dan dihias dengan tali. Mochi kagami selalu disajikan ketika ada perayaan tahun baru. Biasanya mochi ini akan dipajang terlebih dahulu di bagian tengah rumah atau di altar (bagi penganut Shinto).

2. Mochi Sakura


Sumber : Thespruceeats.com

Mochi sakura merupakan salah satu mochi yang paling terkenal di Jepang. Sesuai dengan namanya, mochi sakura memiliki tampilan warna berwarna merah muda dengan bagian luar yang dilapisi daun sakura. Mochi sakura hanya muncul pada saat musim semi berlangsung karena dibuat untuk melambangkan bunga sakura yang bermekaran. Mochi sakura ini di dalamnya biasa diisi dengan pasta kacang merah.

3. Mochi Kashiwa

Sumber : Jpninfo.com

Masih dengan mochi yang bagian luarnya dibungkus dengan daun, ada moshi kashiwa yang bagian luarnya dibungkus dengan daun kashiwa. Penggunaan daun kashiwa ini bukan tanpa alasan karena ternyata daun ini bisa memberikan aroma wangi yang khas pada mochi. Mochi kashiwa biasa dihidangkan pada saat perayaan atau festival anak-anak yang dinamakan kodomo no hi dengan harapan kekuatan dan kebahagiaan yang menyelimuti anak-anak. Selain isian pasta kacang merah, mochi kashiwa juga bisa diisi dengan ubi.

4. Mochi Warabi

Sumber : Kagizen.co.jp

Dari segi tampilannya mochi warabi memang tergolong unik karena berbentuk kotak dengan bagian luarnya yang diberi taburan kinako alias tepung kedelai yang sudah disangrai hingga matang. Keunikan lainnya terdapat dari bahan pembuatnya karena mochi warabi terbuat dari tepung olahan tanaman pakis, bukan dari tepung beras. Teksturnya sangat kenyal dan aromanya sangat khas. Untuk menambah citarasa manis, biasanya mochi warabi diberi tambahan sirup gula cokelat di atasnya.

5. Hishimochi


Sumber : Alcetreon.com

Terakhir ada hishimochi yang memiliki tampilan sangat cantik karena terdiri dari gabungan tiga warna sekaligus yakni hijau muda, merah mudah dan putih yang dibuat berlapis. Penggunaan ketiga warna ini bukan tanpa alasan lho. Warna merah muda pada hishimochi melambangkan kecantikan dan kesehatan, warna putih melambangkan musim dingin dan warna hijau muda melambangkan hidup yang baru. Hishimochi biasa disajikan pada saat hinamatsuri yakni perayaan untuk mendoakan pertumbuhan anak perempuan di Jepang.

Nah, itu dia lima jenis mochi yang jadi favorit di Jepang. Kalau kamu juga termasuk penggemar mochi, bisa datang langsung ke tempat-tempat di bawah ini ya!

Mochi Mochio

Foto Mochi Mochio

Tsujiri

Foto Tsujiri
Foto Tsujiri

Sushi Hiro

Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro

Mochiro

Foto Mochiro

Mochi Mochi

Foto Mochi Mochi
Foto Mochi Mochi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?