Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia 5 Kuliner Indonesia yang Punya Pengaruh dari India!

List Artikel
11 Maret 2020 | 0 Komentar

Indonesia termasuk negara yang punya beragam kuliner. Masing-masing daerah bahkan punya ciri khas kulinernya masing-masing karena beda rempah-rempah yang digunakan, maka berbeda pula cita rasanya. Bicara tentang banyaknya ragam kuliner Indonesia, ada satu alasan mengapa kuliner Indonesia mempunyai banyak jenis. Selain karena keanekaragaman budayanya, ada beberapa kuliner Indonesia yang punya pengaruh dari negara lain, seperti Belanda, Portugal, serta India. Kuliner India yang sangat lekat akan bumbu rempah membuatnya cocok di lidah masyarakat Indonesia. Memangnya ada kuliner Indonesia apa saja yang punya pengaruh dari India? Coba lihat yuk!

 

1. Gulai



Sumber : Pergikuliner.com


Pertama ada gulai yang sudah jelas menjadi salah satu kuliner Indonesia yang punya pengaruh dari India. Pasalnya penggunaan rempah-rempah yang sangat banyak menjadi ciri khas utamanya. Gulai yang asalnya dari Sumatera Selatan memang diadaptasi dari kuliner India kare. Hal ini dibuktikan dari sejarah yang memberitahukan bahwa pada abad ke-11, para pedagang rempah yang berlabuh di pulau tersebut memperkenalkan rempah dan pastinya kuliner khas negara mereka.

 

2. Rendang



Sumber : Pergikuliner.com


Rendang yang menjadi kuliner terlezat pertama di dunia juga punya pengaruh dari kuliner India. Penggunaan bumbu rempah-rempahnya memang sangat banyak dan mendapat pengaruh dari kuliner India. Hanya saja, pada rendang lebih banyak unsur Indonesia. Berbeda dengan gulai yang mirip dengan kare. Penggunaan santan yang dimasak dalam jangka waktu lama membuat rendang tidak memiliki kuah dan cita rasanya jauh lebih gurih dan nikmat.

 

3. Nasi Megono



Sumber : Idntimes.com


Berikutnya ada nasi megono yang asalnya dari Pekalongan. Ciri khas nasi megono adalah adanya salah satu lauk yang terbuat dari nangka muda dan kelapa parut. Kamu bisa dengan mudah menemukan nasi megono di pedagang kaki lima pada pagi hari karena sering dijadikan sebagai menu sarapan. Nasi megono konon diduga ada pengaruh dari kesultanan Mughal, India. Tapi hingga saat ini kebenaran tersebut masih dipertanyakan kebenarannya.

 

4. Kue Apem



Sumber : Pinimg.com


Kita beralih pada kuliner dessert. Ada kue apem yang awalnya dibawa oleh orang Indonesia setelah berkunjung ke Arab. Meski dibawa dari Arab, tapi kue ini aslinya dari India karena di India sendiri ada kue yang berbentuk serupa dengan citarasa yang hampir mirip bernama appam. Perbedaan kue apem dengan appam ini hanya terletak dari bentuknya yang lebih ceper dan lebih mirip bentuk surabi dibanding kue apem Indonesia yang bentuknya seperti mangkok.

 

5. Kue Putu



Sumber : Pergikuliner.com


Terakhir ada kue putu yang sangat identik dengan jajanan malam karena memang hanya dijual saat malam hari. Kue putu dibuat dari bahan dasar tepung beras, kelapa parut, dan gula merah. Jajanan yang dinikmati  dalam keadaan masih hangat ini ternyata punya pengaruh dari India. Di India ada kue serupa yang bernama puttu. Dari segi bentuknya memang sangat mirip. Teksturnya juga sama. Hanya dua hal yang membuatnya berbeda, yakni tidak ada isian gula merah di dalamnya dan cara penyajiannya. Kue putu biasa disajikan dengan kelapa parut sementara puttu disajikan dengan kare.

 

Itulah beberapa kuliner Indonesia yang punya pengaruh dari India. Dengan membaca informasi di atas pastinya pengetahuan kulinermu jadi bertambah bukan? Jika penasaran ingin mencicipinya, kamu bisa langsung datang aja ke salah satu tempat di bawah ini ya!

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

RM Bopet Mini

Foto RM Bopet Mini
Foto RM Bopet Mini
Foto RM Bopet Mini

Sari Indah

Foto Sari Indah
Foto Sari Indah
Foto Sari Indah

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?