Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia 5 Kuliner Khas Sumatera yang Kamu Perlu Tahu

List Artikel
9 November 2018 | 0 Komentar
Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki ragam budaya dan tentunya kuliner yang berbagai macam dari sabang sampai merauke. Setiap pulau tersebut biasanya memiliki makanan khasnya masing-masing. Salah satunya yang memiliki kuliner khas yang cukup terkenal yaitu Sumatera. Bahkan beberapa wisatawan rela datang sendiri ke sana hanya untuk menikmati kuliner khas Sumatera secara langsung. Berikut ini PergiKuliner akan bahas kuliner khas Sumatera yang terkenal, simak ya!

1. Mie Aceh


Sumber : Pergikuliner,com

Pertama, ada mie Aceh yang merupakan makanan khas dari Sumatera yang juga menjadi kuliner kebanggaan rakyatnya. Mie Aceh ini berupa mie berukuran tebal dan sangat kaya akan rempah. Mie Aceh tersedia dalam dua jenis, yaitu mie Aceh goreng dan mie Aceh kuah. Untuk topping-nya juga tersedia banyak macam lho, dari daging, seafood hingga telur. Rasanya yang gurih dan pedas membuat kuliner ini begitu diminati baik rakyat Sumatera maupun para wisatawan.

2. Sate Kerang


Sumber : Loveindonesia.com

Mungkin sebagian besar dari kamu sudah biasa mendengar sate ayam atau sate kambing. Namun sate kerang? Pasti beberapa orang jarang mendengarnya. Sate kerang merupakan salah satu makanan yang berasal dari Medan. Sate kerang merupakan makanan yang sangat cocok dijadikan sebagai lauk atau hanya dinikmati untuk cemilan nikmat saja. Rasanya yang enak dan gurih membuat makanan ini semakin terlihat istimewa dan disukai masyarakat dari berbagai daerah.

3. Pempek Palembang


Sumber : Pergikuliner.com

Siapapun pasti sudah sering mendengar nama makanan ini. Makanan khas Palembang ini memang sangat terkenal akan kelezatannya. Pempek memiliki bahan dasar ikan tenggiri yang dibentuk menjadi adonan kemudian direbus lalu digoreng. Biasanya pempek disajikan dengan kuah cuka yang asam namun dapat mengeluarkan cita rasa pempek sehingga menjadi semakin lezat.

4. Tekwan

Sumber : Craftlog.com

Tekwan merupakan makanan lezat yang masih berasal dari Palembang. Tekwan terbuat dari daging ikan yang digiling dan tepung tapioka yang dibentuk berupa bulatan-bulatan kecil dan disajikan dalam  kuah udang dengan rasa yang khas. Biasanya tekwan dilengkapi dengan sohun, irisan bengkoang dan jamur. Serta ditaburi irisan daun bawang, daun seledri dan bawang goreng.

5. Pindang Meranjat


Sumber : Sajiansedap.grid.id

Pindang meranjat merupakan masakan pindang khas Lampung yang sangat nikmat. Pindang sendiri merupakan hasil olahan ikan yang proses memasaknya direbus dengan rempah-rempah hingga menghasilkan rasa kuah yang segar. Jenis ikan yang paling umum digunakan adalah ikan patin, ikan simba, atau ikan baung. Kuahnya yang segar dan rasanya yang gurih membuat pindang meranjat jadi salah satu kuliner yang gak boleh kamu lewatkan kalo ke Lampung.

Warkop Mie Aceh Narasa

Foto Warkop Mie Aceh Narasa
Foto Warkop Mie Aceh Narasa
Foto Warkop Mie Aceh Narasa

Pempek Palembang Gaby

Foto Pempek Palembang Gaby
Foto Pempek Palembang Gaby

Mie Aceh Seulawah

Foto Mie Aceh Seulawah
Foto Mie Aceh Seulawah

Pempek Palembang Awan

Foto Pempek Palembang Awan

Sanger Kopi & Mie Aceh

Foto Sanger Kopi & Mie Aceh
Foto Sanger Kopi & Mie Aceh

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?