Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia 5 Kuliner yang Cuma Ada Pas Puasa

List Artikel
15 Mei 2019 | 0 Komentar
Bulan Ramadhan memang menjadi bulan yang dinanti oleh banyak orang. Tak hanya bagi umat Muslim saja lho, mereka yang non Muslim pun banyak yang menantikan bulan ini. Selain bulan penuh berkah, ternyata ada hal lain yang dinantikan dari bulan Ramadhan. Apalagi kalau bukan soal kulinernya. Ya, selain iklan sirup yang selalu muncul di awal bulan puasa, munculnya kuliner khas juga menjadi hal yang menandakan datangnya bulan baik ini. Bahkan di beberapa tempat di Indonesia, bulan puasa menjadi bulan munculnya berbagai kuliner istimewa. Berikut ini adalah beberapa kuliner yang hanya muncul saat bulan puasa. Intip dulu yuk!

1. Kicak


Sumber : Pontianak.tribunnews.com

Kicak merupakan salah satu kuliner khas Yogyakarta yang hanya bisa dijumpai selama bulan Ramadhan. Jika pada awalnya, kicak dibuat dengan menggunakan parutan singkong yang dimasak dengan campuran bahan-bahan lain, kini kicak menggunakan beras ketan sebagai bahan dasar. Ketan yang sudah dimasak atau ditanak kemudian dihaluskan sampai tampilan dan teksturnya menyerupai gemblong. Untuk penyajiannya, kicak dibungkus menggunakan daun yang dipadukan dengan kelapa parut dan potongan buah nangka sehingga memberikan rasa manis dan aroma yang khas.

2. Sate Susu

Sumber : Infobdg.com

Makanan yang satu ini adalah salah satu sajian yang terkenal di daerah Bali. Seperti yang kita tahu, Bali merupakan kota dengan populasi masyarakat Muslim yang tidak terlalu besar namun hal ini tidak mengurangi antusias masyarakat untuk ikut merasakan keunikan hidangan khas yang selalu hadir di saat Ramadhan ini. Sate susu terbuat dari daging sapi yang diambil dari bagian dada (kantung susu) sapi, yang kemudian dipotong kecil dan ditusukan ke tusuk sate, sama seperti pembuatan sate pada umumnya. Untuk menambah kelezatan rasanya, sate susu dihidangkan dengan sambal plecing. Selain rasanya yang lezat, sate susu juga dipercaya dapat menambah stamina layaknya meminum susu sehingga sangat baik bagi mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa.

3. Bubur Kampiun

Sumber : Sajiansedap.grid.id

Makanan tradisional khas Sumatera Barat yang satu ini juga merupakan sajian yang jarang sekali kita temui selain di bulan Ramadhan. Pada dasarnya, bubur kampiun menyerupai hidangan kolak namun yang membuatnya berbeda adalah bubur kampiun memiliki bahan yang lebih beragam di dalamnya. Jika pada umumnya kolak hanya menyajikan pisang, maka pada bubur kampiun ada lebih banyak bahan campuran seperti bubur sum-sum, kolak ubi, pisang, candil, bubur delima dan ketan, yang kemudian disajikan dengan kuah santan dan gula merah cair.

4. Kue Jongkong

Sumber : Masakkue.com

Satu lagi kuliner jajanan khas Bangka Belitung yakni jongkong. Kue khas Babel yang terbuat dari paduan bahan tepung beras dan gula merah ini biasa dijajakan untuk cemilan berbuka puasa. Jongkong merupakan kue tradisional khas Babel dengan tekstur lembut dan cita rasa yang manis. Resepnya pun diduga merupakan resep turun-temurun dari nenek moyang yang hingga kini masih dijaga kelestariannya. Ciri khas dari kue jongkong yang asli memiliki tiga lapisan warna yang sangat khas yaitu bagian paling bawah berwarna merah gula merah, di bagian tengah hijau pandan dan bagian paling atas berwarna putih.

5. Kue Bingka


Sumber : Finrollinnews.com

Panganan tradisional ini merupakan salah satu kue khas Banjarmasin yang lebih sering dijumpai pada saat bulan Ramadhan. Bentuknya yang unik menyerupai bunga berkelopak enam menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin mencicipi kelezatan kue ini. Kue bingka terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasa yang manis karena terbuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, santan, gula pasir, dan garam sehingga melahirkan rasa yang khas dari kue bingka ini.

Nah, itu dia kelima kuliner yang hanya ada pas puasa. Ada yang sudah pernah kamu coba belum? Dikarenakan munculnya yang musiman, beberapa kuliner ini cukup diburu lho saat bulan puasa tersebut. Setelah membaca artikel ini, kamu juga bisa berkunjung ke beberapa tempat di bawah ini ya untuk berburu aneka hidangan tradisional yang bisa kamu santap saat buka puasa nanti!

Fins Recipe

Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe

Bakery Monami

Foto Bakery Monami

Roti Srikaya & Bakpao Achin

Foto Roti Srikaya & Bakpao Achin
Foto Roti Srikaya & Bakpao Achin
Foto Roti Srikaya & Bakpao Achin

Omah Sendok

Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok

Rokue Snack

Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?