Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia 5 Menu Sarapan Khas Orang Malaysia, Ingin Coba Juga?

List Artikel
4 Januari 2019 | 0 Komentar
Malaysia menjadi salah satu negara Asia Tenggara yang memiliki aneka pilihan kuliner tradisional yang sangat beragam. Jika kita perhatikan, rata-rata kuliner dari negeri tetangga ini kebanyakan memiliki pengaruh dari kebudayaan Melayu, China, dan India. Hal ini dikarenakan ada banyak keturunan Melayu, China dan India yang tinggal di negara tersebut. Jadi tak heran kalau cita rasa kuliner Malaysia memiliki ragam yang bervariasi sehingga ­kamu tidak akan pernah bosan menyantapnya. Untuk sarapan, ada lima menu kuliner yang paling sering dijadikan sebagai menu sarapan di Malaysia nih, coba simak yuk!

1. Nasi Lemak

Sumber : Pergikuliner.com


Pertama ada nasi lemak yang merupakan kembaran dari nasi uduk karena nasinya sama-sama dimasak dengan menggunakan santan sehingga cita rasanya gurih. Meski sering disamakan, tapi nasi lemak ini berbeda dengan nasi uduk. Untuk nasi lemak, rempah yang digunakan tidak sebanyak nasi uduk sehingga yang terasa hanyalah rasa gurih. Tapi citarasa nasi yang gurih ini akan terasa lezat karena digabungkan dengan lauk pauk yang lebih beragam yaitu ikan teri kacang, ayam goreng, sambal merah, mentimun, hingga kuah kari ayam.
 
2. Nasi Dagang

Sumber : Friedchillies.com


Selain nasi lemak, ada nasi dagang yang sama-sama terbuat dari beras yang dimasak dengan santan. Hanya saja untuk sajian lauknya sangat berbeda karena terdapat siraman kuah kari ikan sehingga cita rasanya jadi lebih kaya dan berempah. Selain siraman kuah kari ikan, ada tambahan ayam atau ikan kari, telur rebus, irisan timun dan wortel atau acar segar. Tak lupa ada sambal merah yang akan menjadikan citarasa nasi dagang jadi lebih pedas.

 

3. Apam Balik


Sumber : Thestar.com.my


Jika tak ingin sarapan nasi, kamu bisa menyantap apam balik yang terbuat dari bahan dasar tepung beras sehingga cukup mengenyangkan. Apam balik ini memiliki bentuk bulat yang kemudian dilipat menjadi setengah lingkaran seperti martabak manis. Apem balik memiliki aneka isian kacang tanah sangrai yang dicincang, jagung manis, dan sirup cokelat. Agar perpaduan rasanya jadi lerbih bervariasi, biasanya apam balik ditambahkan susu kental manis dan parutan keju.
 
4. Kaya Toast

Sumber : Kaodim.com

Lebih suka menyantap roti untuk sarapan? Kamu bisa mencoba kaya toast yang sering disantap orang Malaysia untuk sarapan. Kaya toast merupakan roti panggang yang di dalamnya diisi dengan kaya. Kaya ini terbuat dari campuran gula, santan, telur dan pandan sehingga aromanya wangi dan rasanya gurih legit. Biasanya kaya toast disantap dengan secangkir teh atau kopi panas dan ada juga yang menyantapnya dengan telur setengah matang supaya lebih kaya protein.
 
5. Otak-otak

Sumber : Jackiem.com.au


Terakhir ada otak-otak yang kalau di Indonesia lebih sering dijadikan sebagai camilan. Di negara Malaysia, otak-otak justru dijadikan sebagai menu sarapan. Otak-otak yang ada di Malaysia ini memiliki bentuk dan ukuran lebih besar dari otak-otak di Indonesia. Perbedaan lainnya dari otak-otak Malaysia adalah warnanya yang merah kecoklatan, tidak seperti otak-otak Indonesia yang berwarna putih pucat. ini dikarenakan mereka menambahkan campuran cabe merah, kunyit dan bawang merah di dalamnya.

Setelah tahu kelima menu sarapan khas orang Malaysia di atas, apakah kamu jadi ingin mencoba menu sarapan seperti mereka? Jika iya, maka kamu bisa langsung saja datang ke salah satu tempat makan di bawah ini ya teman PergiKuliner!

Penang Bistro

Foto Penang Bistro
Foto Penang Bistro
Foto Penang Bistro

Mama Malaka

Foto Mama Malaka
Foto Mama Malaka
Foto Mama Malaka

PappaJack Asian Cuisine

Foto PappaJack Asian Cuisine
Foto PappaJack Asian Cuisine
Foto PappaJack Asian Cuisine

Restaurant Penang

Foto Restaurant Penang
Foto Restaurant Penang
Foto Restaurant Penang

PappaRich

Foto PappaRich
Foto PappaRich
Foto PappaRich

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?