Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia 5 Tips Menyimpan Salad Agar Tahan Lama

List Artikel
6 Januari 2021 | 0 Komentar

Salad selalu menjadi menu diet yang praktis. Olahan dari bahan-bahan segar seperti buah dan sayuran yang ditambahkan dengan saus dressing ini, memang makanan sehat banyak orang. Nah! Saat diet, biasa membeli bahan-bahan salad dalam jumlah banyak dan menjadikannya stok. Namun sayangnya karena terbuat dari bahan mentah dan segar membuatnya menjadi tidak bisa tahan cukup lama. Tapi tunggu dulu, jangan buru-buru khawatir sebab kamu tetap bisa kok beli salad dan menyimpannya dalam jangka waktu lebih lama dengan 5 cara berikut ini tentunya!



sumber: vebma.com


1. Rendam Dengan Air

Untuk buah-buahan tertentu seperti apel dan pir, akan mudah berubah warna apabila diletakkan begitu saja di ruangan terbuka. Oleh karena itu, merendamnya dalam baskom berisi air dingin dapat mencegah terjadinya oksidasi. Kemudian kamu dapat meniriskan airnya ketika buah-buahan tersebut hendak dimakan.


2. Pisahkan Dari Dressing

Salah satu penyebab mengapa salad menjadi tidak tahan lama adalah keberadaan saus tertentu sebagai dressing. Terutama saus dressing yang mengandung banyak gula dan mayonnaise yang justru dapat memperpendek masa salad. Untuk itu, sebaiknya simpanlah salad dari dressing-nya secara terpisah, lalu mencampurnya bila ingin disajikan saja.


3. Beri Air Lemon

Air perasan jeruk lemon yang asam dapat memperlambat proses oksidasi, sehingga salad akan bertahan lebih lama. Gunakan air perasan jeruk lemon secukupnya, lalu aduklah secara merata. Simpan di dalam kulkas sampai waktunya untuk disajikan. Jika kamu tidak suka dengan rasa asam dari lemon,  kamu dapat mencucinya dengan air matang sebelum disajikan.


4. Simpan Dalam Kemasan Tertutup

Kontak dengan udara adalah faktor utama lain dari oksidasi, sehingga salad dapat berubah warna menjadi cokelat dan terasa kurang segar. Untuk itu, kamu dapat menyimpan salad dalam sebuah kemasan cling wrap atau ziplock yang kedap udara untuk mencegah terjadinya oksidasi tersebut.


5. Taruh di Kulkas

Terakhir, cara paling sederhana untuk membuat salad lebih awet adalah dengan menyimpannya dalam wadah tertutup dan memasukannya ke dalam lemari pendingin. Suhu kulkas yang dingin akan mencegah pertumbuhan bakteri pada salad buah maupun sayuran sehingga membuatnya dapat bertahan dalam jangka waktu lebih lama. 


Nah! Itu dia beberapa tips agar kamu bisa menyimpan salad dalam waktu yang lebih lama. Kalau kamu kepingin hidup sehat tapi malas membuat salad sendiri, kamu bisa cobain datang ke tempat-tempat di bawah ini!

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Crunchaus Salads

Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads

Salad Bar by Hadi Kitchen

Foto Salad Bar by Hadi Kitchen
Foto Salad Bar by Hadi Kitchen
Foto Salad Bar by Hadi Kitchen

Fedwell

Foto Fedwell
Foto Fedwell
Foto Fedwell

6Pack Salad Bar

Foto 6Pack Salad Bar
Foto 6Pack Salad Bar
Foto 6Pack Salad Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?