Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia 6 Jenis Pastry yang Ada di Dunia Kuliner!

List Artikel
27 Maret 2020 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang gemar menyantap pastry? Bagi pecinta bakery pastinya kamu pernah dong menyantap pastry. Pastry salah satu jenis bakery yang punya tekstur unik karena berbeda dengan roti yang teksturnya lembut, pastry ini memiliki tekstur yang garing dan renyah. Hal ini dikarenakan bahan pembuatnya lebih banyak kandungan lemaknya sehingga hasil panggangannya akan lebih garing. Selain itu, lemak yang ada pada pastry juga membuat jenis bakery ini punya bagian dalam yang berlapis alias tekstur dalamnya berlapis-lapis. Keunikan inilah yang membuatnya banyak disukai. Tapi tahukah kamu kalau ternyata ada banyak jenis pastry yang ada di dunia kuliner. Beberapa di antaranya adalah:


1. Puff Pastry



Sumber : Cookpad.com


Pertama ada puff pastry yang paling umum dijumpai di toko kue serta toko bahan pembuat kue karena ada puff pastry yang dijual mentah alias kamu tinggal memanggangnya dengan diberi isian apa saja. Puff pastry ini dibuat dari adonan dasar pastry yang kemudian diolesi dengan lemak dan dilipat berkali-kali sehingga nantinya setelah dipanggang akan menghasilkan tekstur berlapis. Cita rasa dari puff pastry cenderung gurih dan manis. Penggunaan puff pastry bisa kamu jumpai pada zupa soup.

 

2. Croissant



Sumber : Pergikuliner.com


Setelah puff pastry, ada croissant yang juga sangat populer, tak hanya di toko kue tapi juga kedai kopi dan kafe karena jenis pastry yang satu ini memang kerap kali dijadikan sebagai cemilan pengganjal lapar atau teman minum kopi dan teh. Croissant punya bentuk yang unik karena seperti bulan sabit. Meski sama-sama pastry, tapi tekstur croissant bisa dikatakan lebih lembut dibanding jenis lainnya meski tekstur garing di luarnya masih sangat terasa. Croissant bisa disantap dengan dicocol saus atau cokelat, tapi sekarang banyak yang menjadikannya sandwich atau dipadukan dengan saus telur asin.

 

3. Phyllo Pastry



Sumber : Pergikuliner.com


Jika kamu mendengar namanya pasti akan terasa agak asing. Tapi sebenarnya phyllo ini seringkali kita lihat di toko kue, hanya saja namanya tidak kita ketahui. Phyllo ini terbilang unik karena berbentuk lembaran seperti kertas. Nantinya ketika kamu akan menggunakannya, kamu tinggal menumpuk lapisannya sesuai dengan keinginanmu. Pada setiap lapisannya kamu harus melapisi dengan minyak zaitun sehingga pada saat dipanggang tekstur garing dan renyahnya akan sangat terasa. Phyllo banyak digunakan pada kuliner Timur Tengah. Beberapa kuliner populer yang menggunakan phyllo pastry adalah borek dan baklava.

 

4. Danish Pastry



Sumber : Ohdanishbakery.com


Mungkin ada beberapa dari kamu yang saat mendengar nama danish pastry, yang teringat adalah merek kue kaleng yang sangat terkenal. Danish pastry adalah salah satu jenis pastry yang punya aroma mentega sangat kuat karena memang penggunaan campuran mentega ya melebihi jenis pastry yang lain. Ditambah lagi danish pastry ini teksturnya juga lembut. Jika dibandingkan dengan croissant, teksturnya jauh lebih lembut sedikit.

 

5. Short Pastry



Sumber : Schaer.com


Selanjutnya ada short pastry yang paling sering dipadukan dengan buah-buahan segar maupun dalam bentuk selai buah. Lemak dan pengembang yang digunakan pada jenis pastry ini terbilang cukup banyak. Hal ini menjadikan teksturnya renyah tapi mudah sekali rapuh. Biasanya short pastry digunakan pada pembuatan alas pai buah. Agar tidak mudah rapuh, biasanya di atasnya akan dilapisi vla untuk merekatkan isian yang digunakan.

 

6. Choux



Sumber : Pergikuliner.com


Terakhir ada choux yang choux yang jadi jenis pastry dengan cara pembuatan yang berbeda karena adonan harus dimasak terlebih dahulu dan tidak ada metode lipat melipat hingga berulang kali. Selain itu, choux memiliki tekstur dalam yang berbeda karena pada bagian dalamnya ini kopong, tidak seperti pastry kebanyakan yang dalamnya berlapis. Choux ini bisa kamu jumpai pada sus dan juga eclair.

 

Itulah beberapa jenis pastry yang perlu kamu tahu. Manakah di antara keenamnya yang pernah atau bahkan sering kamu konsumsi? Jika ingin mencobanya, kamu bisa datang saja ke salah satu tempat berikut ini ya!

Olive Tree House of Croissants

Foto Olive Tree House of Croissants
Foto Olive Tree House of Croissants
Foto Olive Tree House of Croissants

C for Cupcakes & Coffee

Foto C for Cupcakes & Coffee
Foto C for Cupcakes & Coffee
Foto C for Cupcakes & Coffee

Sophie Authentique French Bakery

Foto Sophie Authentique French Bakery
Foto Sophie Authentique French Bakery

Tous Les Jours Cafe

Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe

Becca's Bakehouse

Foto Becca's Bakehouse
Foto Becca's Bakehouse

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?