Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia 6 Jenis Sushi Paling Enak yang Wajib Kamu Tahu!

List Artikel
29 Juni 2015 | 0 Komentar
Siapa yang nggak kenal sushi? Sushi adalah makanan asli Jepang yang paling populer di Jepang. Sushi juga terkenal tidak hanya di Jepang saja, tetapi juga di luar Jepang, bahkan di seluruh dunia. Di Jepang, sushi biasanya dinikmati pada acara-acara khusus seperti perayaan. Saat zaman Edo, sushi adalah hidangan ikan acar yang diawetkan dalam cuka. Saat ini, sushi didefinisikan sebagai hidangan berisi nasi yang disajikan bersama cuka. Sushi berasal dari kata ‘shu‘, yang artinya ‘cuka’, dan ‘meshi‘, yang berarti nasi. Jadi, pada dasarnya sushi adalah nasi yang dibumbui cuka. Nah, sushi asli Jepang ternyata memiliki pembagian jenisnya masing-masing. Apa aja sih yang paling enak?


1. Sushi Nigiri


Sushi jenis ini dibuat dengan cara menjadikan satu semua bahan lalu dibentuk dengan kepalan tangan. Oleh sebab itu, sushi yang satu ini berbentuk cenderung bulat dengan ukuran kepalan tangan orang dewasa. Cara pembuatan sushi nigiri sudah dikenal sejak tahun 1800-an pada masa Edo.


2. Sushi Maki


Sushi maki adalah sushi yang pembuatannya dengan cara digulung atau dililit. Sushi maki kerap ditambahkan dengan rumput laut atau nori. Bentuk nori ini berupa lembaran yang dipakai sebagai pembungkus sushi. Biasanya, untuk menggulungnya dipakai alat gulungan seperti tirai bambu kecil.


3. Sushi Chirashi



Chirashi adalah sushi yang dihidangkan pada mangkuk atau piring. Komposisinya terdiri dari nasi berbumbu yang dilengkapi dengan beragam jenis lauk. Lauknya terkadang mentah atau bisa pula matang. Selain itu, sushi chirashi juga diberi lauk telur dadar.


4. Sushi Oshi


Sumber: TripAdvisor

Sushi oshi dibuat dengan cara meletakkan semua bahan ke dalam cetakan sehingga berbentuk kotak. Sushi kotak ini lalu dipotong kecil sehingga bisa dimakan dalam sekali suap. Oshi adalah sushi yang khas dari wilayah Kansai.



5. Sushi Nare

Sumber: Tribality

Semua bahan yang ada pada sushi nare terlebih dahulu difermentasikan sebelum akhirnya disajikan, termasuk juga nasi dan lauknya.


6. Sushi Inari

Sumber: Vegtastic

Bentuk sushi inari hampir sama dengan bentuk sushi maki yang digulung. Bedanya, kulit luar sushi inari tidak memakai nori melainkan kulit tahu. Berbagai proses yang dilewati oleh kulit tahu tersebut menjadikan rasa dari kulit tahu menjadi agak manis.

Nah, itu dia jenis-jenis sushi ala Jepang yang wajib diketahui sama para pecinta sushi! Ingin mencoba sushi-sushi ala Jepang yang enak dan recommended? Berikut ini beberapa sushi enak yang wajib kamu coba di Jakarta:

3 Wise Monkeys

Foto 3 Wise Monkeys
Foto 3 Wise Monkeys
Foto 3 Wise Monkeys

Umaku Sushi Resto

Foto Umaku Sushi Resto
Foto Umaku Sushi Resto
Foto Umaku Sushi Resto

Washoku Sato

Foto Washoku Sato
Foto Washoku Sato
Foto Washoku Sato

Sushi Joobu

Foto Sushi Joobu
Foto Sushi Joobu
Foto Sushi Joobu

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?