Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Bakar Sate

List Artikel
16 November 2018 | 0 Komentar
Sate merupakan makanan yang terbuat dari potongan daging kecil-kecil yang ditusuk dengan sedemikian rupa dengan tusukan lidi ataupun bambu kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Sate banyak ditemui di seluruh wilayah Indonesia, bahkan sate berhasil dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia lho. Selain lezat, proses memasak sate terbilang cukup mudah. Namun sayangnya, ada beberapa hal keliru yang masih sering dilakukan banyak orang saat membakar sate. Kira-kira apa saja ya?


Sumber : Pergikuliner.com

1. Terlalu Banyak Memasukkan Potongan Daging
Setiap potongan daging akan terpanggang lebih sempurna jika diberi jarak di setiap potongannya. Jika tidak, maka akan adaa beberapa bagian yang tidak ikut terbakar. Oleh karena itu kamu hanya perlu memastikan setiap potongan daging tidak saling bersentuhan sebelum dibakar ya.

2. Memotong Daging dengan Ukuran yang Tidak Sama
Potongan daging dengan ukuran yang tidak sama membuat waktu matang berbeda-beda pula. Nah, kalau sudah begini, biasanya akan ada daging yang sudah hampir gosong padahal potongan lainnya masih belum matang.

3. Menambahkan Sayuran atau Bawang ke Dalam Tusuk Sate
Menambahkan sayuran ke dalam tusuk sate tidak dianjurkan. Pasalnya, sayuran lebih cepat matang daripada daging. Sayuran yang dicampur ke dalam tusuk sate juga akan meninggalkan bau kurang sedap yang akan diserap daging. Jika kamu menginginkan sayuran bakar, bakarlah secara terpisah dan tidak dicampur dengan daging.

4. Membakar Arang Menggunakan Bensin atau Minyak Tanah
Membakar arang menggunakan bahan bakar cair membuat panas yang dihasilkan menjadi kurang stabil. Selain itu, bahan bakar cair seperti minyak tanah juga menghasilkan bau yang tidak enak, sehingga bisa merusak aroma daging.

5. Membakar Sate Langsung dengan Api
Membakar sate yang tepat adalah dengan menggunakan bara arang. Jika potongan daging dibakar langsung dengan api, yang ada hanya gosong di luar tapi masih mentah di dalam. Tentunya hal ini dapat berakibat fatal.

6. Langsung Membakar Daging Hewan yang Baru Disembelih
Daging hewan yang baru saja disembelih biasanya masih alot, lantaran otot hewan masih menegang. Agar empuk saat disate, kamu bisa melayurkan daging dengan cara merendamnya dengan campuran bumbu selama 2-3 jam.

Nah, itu dia kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan pada saat membakar sate. Jika kamu menghindari kesalahan tersebut, dijamin hasil bakaran kamu akan jauh lebih lezat dan nikmat lho. Berikut ini PergiKuliner sudah siapkan beberapa referensi tempat makan sate  lezat yang bisa langsung kamu coba ya untuk makan siang ataupun malam kamu!

Sate Babi Johan

Foto Sate Babi Johan
Foto Sate Babi Johan
Foto Sate Babi Johan

Sate Babi Ko Encung

Foto Sate Babi Ko Encung

Sate Taichan Nyot2

Foto Sate Taichan Nyot2
Foto Sate Taichan Nyot2
Foto Sate Taichan Nyot2

Kembang Tandjoeng

Foto Kembang Tandjoeng

Sate Sapi Pak Kempleng

Foto Sate Sapi Pak Kempleng
Foto Sate Sapi Pak Kempleng

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?