Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia 7 Buah Sehat untuk Sahur dan Berbuka Puasa

List Artikel
15 Mei 2019 | 0 Komentar
Saat berpuasa, masalah mengenai kondisi tubuh yang kekurangan serat kerap kali muncul. Oleh karena itu, saat sahur dan berbuka kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi buah yang kaya akan kandungan serat dan vitamin yang baik untuk tubuh. Lalu, apa saja buah-buahan yang disarankan untuk dikonsumsi pada saat bulan puasa? 

1. Kurma

Sumber : Viva.co.id

Buah yang berasal dari Timur Tengah ini kaya akan kandungan glukosa yang sangat bagus dikonsumsi saat bulan puasa. Kandungan gula dalam kurma berkisar antara 75-87% dari keseluruhan kandungan yang terdapat di dalam buah ini. Sekitar 55% gula dalam kurma berbentuk glukosa, sedangkan 45%-nya lagi berbentuk fruktosa.

2. Kelapa

Sumber: Rachelswellness.com

Kandungan isotonik pada air kelapa berguna untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang serta mencegah dehidrasi. Saat puasa, lambung akan kosong selama kurang lebih 14 jam. Air kelapa bisa mengobati perih di lambung akibat meningkatnya asam lambung saat puasa. Air kelapa juga bisa menurunkan kadar kolesterol. Karena itulah, penderita darah tinggi dan diabetes sebaiknya meminum air kelapa untuk berbuka puasa karena dapat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

3. Blewah

Sumber: Kokiku.tv

Buah yang sering dijadikan es ini memiliki banyak kandungan vitamin A. Rasa manis pada blewah mempunyai fungsi absorpsi. Jika kamu makan tergesa-gesa sehingga makanan tidak terkunyah dengan baik, blewah akan membantu dalam melakukan penyerapan. Selain itu, makan blewah juga dapat membantu menyerap zat-zat yang tidak diperlukan dari makanan berbumbu, endapan obat-obatan, bahkan mengatasi rasa mual akibat asam lambung.

4. Pisang

Sumber: En.wikipedia.org

Tidak jauh berbeda dengan kelapa dan blewah, pisang juga mengandung vitamin A, B1, B2, serta C yang mampu meredakan asam lambung. Selain itu, pisang juga dapat membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Daging buah pisang yang lembut mampu melapisi dinding lambung sehingga  sangat cocok untuk dikonsumsi oleh para penderita maag yang berpuasa.

5. Pepaya

Sumber: Jacobifruits.com

Pepaya banyak mengandung vitamin C dan pro-vitamin A yang bisa membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan sehingga saluran pencernaan makanan tetap lancar saat berpuasa. Pepaya juga mampu mengurangi rasa mual saat pertama kali berbuka.  

6. Apel

Sumber: Favim.com

Buah yang satu ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta mengatasi masalah nafsu makan yang terlalu besar saat berbuka puasa. Apel banyak mengandung vitamin A, B, dan C yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan nutrisi pada tubuh. Selain itu, mengonsumsi apel saat sahur mampu membuatmu tahan lapar dengan lebih lama.

7. Alpukat


Sumber : Kwikku.com

Mengonsumsi alpukat saat bulan puasa mampu menurunkan kolesterol, serta menurunkan berat badan. Alpukat juga berfungsi untuk menyerap nutrisi yang dihasikan untuk tubuh. Selain itu, alpukat mengandung zat besi, vitamin B, lemak, serta minyak yang bisa menjadi sumber energi jika dikonsumsi saat sahur.

Jadi, sudahkah kamu mempersiapkan persediaan buah untuk sahur dan berbuka puasa di rumah? Kalau belum, segera siapkan persediaan buah di rumah kamu ya supaya badan tetap sehat dan fresh walaupun kamu sedang berpuasa!

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Beets and Bouts

Foto Beets and Bouts
Foto Beets and Bouts
Foto Beets and Bouts

Jamba Juice

Foto Jamba Juice
Foto Jamba Juice
Foto Jamba Juice

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?