Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia 7 Jenis Daging Steak yang Paling Populer di Dunia

List Artikel
16 Agustus 2019 | 0 Komentar

Tidak ada yang bisa menolak kelezatan dari steak. Makanan yang terbuat dari daging sapi pilihan ini memang sengaja diolah dengan cara dipanggang untuk mendapatkan tekstur juicy dari dagingnya. Steak memang paling cocok jika disandingkan dengan salad sayuran segar dan ditambah dengan baluran saus barbeque di atasnya. Tetapi tahu tidak sih Teman PergiKuliner kalau daging steak itu banyak jenisnya? Jangan hanya membayar mahal saja untuk menikmati hidangan steak, Teman PergiKuliner juga harus tahu jenis-jenis daging steak mana saja yang populer di dunia. Dari sekian banyak daging steak yang populer, berikut ini adalah jenis daging steak terpopuler yang ada di dunia versi PergiKuliner:


1. Sirloin 

                         


Sumber : Pergikuliner.com


Sirloin merupakan potongan dari daging sapi yang diambil dari sekitar pantatnya. Daging sirloin bertekstur lebih keras dibandingkan dengan potongan daging yang diambil dari pinggang atau tulang rusuk. Meskipun begitu, daging sirloin ini dikenal paling populer diantara jenis daging steak lainnya.


2. Wagyu



Sumber : Goldbelly.com


Kalau wagyu ini adalah potongan daging sapi yang diperoleh dari proses genetik hewan dan metode perawatan ternak yang berkualitas. Perlakuan khusus yang diberikan kepada hewan sapi ini membuat dagingnya menjadi begitu lembut, berwarna lebih putih dibandingkan daging sapi lainnya, kaya akan lemak tak jenuh, memiliki kualitas daging yang sangat bagus, dan harganya pun cukup mahal karena memang daging sapi ini diciptakan khusus untuk dikonsumsi.


3. Rib Eye



Sumber : Creekstonefarms.com


Selanjutnya adalah daging rib eye yang berasal dari potongan tulang rusuk sapi. Rib eye merupakan salah satu jenis daging steak yang cukup  populer karena tekstur dagingnya yang terasa sangat juicy dan harganya yang lumayan mahal di pasaran. Disamping itu, daging rib eye ini diketahui memiliki total lemak yang lebih banyak. Namun lemak inilah yang membuat daging steak menjadi lebih beraroma. Tidak jarang pula orang banyak menyebut daging rib eye ini dengan sebutan fillet scotch steak.


4. T-Bone



Sumber : Foodnetwork.com


Lalu, ada t-bone steak yaitu jenis daging steak yang dibuat dari potongan tulang pinggang pendek sapi. Dalaman potongan daging steak ini nampak tulang sapi yang berbentuk huruf T sehingga dinamakan t-bone. Tulang daging ini menjadi pemisah antara bagian tenderloin dengan bagian yang lebih besar dari pinggang atas sapi. Mirip dengan tekstur sirloin, daging t-bone ini juga tidak selembut daging steak lainnya jika dimakan.


5. Salisbury


Sumber : Myfoodandfamily.com


Berbeda dengan steak kebanyakan, justru daging salisbury ini diambil dari daging sapi yang sudah diolah. Kalau kita biasa makan burger tentu terdapat olahan daging sapi di dalamnya, bukan? Daging inilah yang disebut daging salisbury. Karena tidak memiliki perlakuan khusus dan waktu memasak yang tidak begitu lama membuatnya seringkali dibuat dari daging yang berkualitas lebih rendah. Namun ia juga tidak kalah populernya dan sering disebut juga hamburger steak.


6. Tenderloin



Sumber : Tasteofhome.com


Tenderloin dikenal juga sebagai red fillet atau fillet mignon yang merupakan daging khas dalam yang terletak pada bagian tengah sapi. Tenderloin merupakan jenis daging steak yang paling dicari dan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan sirloin. Hal ini dikarenakan tekstur dari tenderloin yang sangat lembut dan lapisan lemaknya sedikit. Teknik yang paling tepat untuk memasak tenderloin adalah dengan memanggang atau broilling. Biasanya tenderloin akan disajikan dengan ukuran daging yang lebih kecil daripada sirloin.


7. Porterhouse



Sumber : Harrisranch.com


Terakhir, ada porterhouse yang merupakan daging steak besar yang diambil dari ujung tebal pinggang pendek sapi yang masih menyisakan tulang t-bone dan potongan daging tenderloin. Porterhouse steak juga termasuk salah satu jenis steak yang paling populer di dunia. Hal yang membedakan daging porterhouse dengan daging t-bone adalah ukuran dagingnya yang lebih besar dan tekstur dagingnya yang lebih empuk.


Nah! Teman PergiKuliner sudah tahu kan jenis-jenis daging steak yang paling populer? Sekarang waktunya buat cobain nih steak-steak di restoran yang sudah tim PergiKuliner siapkan di bawah ini. Rasa steaknya dijamin bisa menggoyang lidah kamu!

Steak 21 Buffet

Foto Steak 21 Buffet
Foto Steak 21 Buffet
Foto Steak 21 Buffet

AB Steakhouse by Chef Akira Back

Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back
Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back
Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back

Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Justus Steakhouse

Foto Justus Steakhouse
Foto Justus Steakhouse
Foto Justus Steakhouse

Street Steak

Foto Street Steak
Foto Street Steak
Foto Street Steak

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?