Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memasak Daging

List Artikel
23 Januari 2019 | 0 Komentar
Siapa yang suka makan daging? Pasti banyak di antara kamu yang suka makan daging, tapi tidak bisa memasaknya. Sayang sekali, padahal kalau bisa memasaknya, kamu akan bisa makan daging kapan pun lho. Bagi kebanyakan orang, memasak daging merupakan suatu hal yang cukup membingungkan. Apakah kamu merasa caramu memasak daging sudah benar? Atau kamu masih suka melakukan kesalahan-kesalahan? Coba kita simak dulu yuk kesalahan yang sering dilakukan dalam memasak daging berikut ini!


Sumber : Pergikuliner.com

1. Tidak Memberikan Waktu Daging Untuk Istirahat
Ketika kamu memasak daging dengan cara dipanggang dalam oven atau dimasak di atas kompor, kamu harus membiarkannya dahulu selama kurang lebih 15 menit sebelum memotongnya. Sebenarnya tidak selalu 15 menit, semua tergantung dari ketebalan dagingnya. Langkah ini sangat penting untuk membantu daging agar jadi lebih juicy.

2. Teknik Memotong yang Salah

Rasa dan tekstur daging bisa berbeda, tergantung dengan teknik memotongnya. Setiap masakan tentunya memiliki resep tersendiri dan menginginkan tekstur daging yang berbeda. Sebelum memasaknya, kamu harus riset dahulu potongan daging seperti apa yang cocok dalam masakanmu. Jangan asal potong ya!


3. Tidak Memberi Bumbu yang Baik
Memberikan bumbu pada daging sebelum dan sesudah masak sangatlah penting. Terutama ketika kamu tidak menggunakan saus apa pun dalam hidangan dagingnya. Lebih baik menaburkan garam dan blackpepper pada daging steak dan biarkan minimal 40 menit sebelum di masak. Itu akan menjaga cita rasa agar tetap sedap walau tanpa saus apa pun.

4. Tidak Memanaskan Penggorengan Sebelumnya
Hal ini yang paling sering terjadi nih saat ingin memasak. Seharusnya kamu memanaskan dahulu panci yang akan kamu pakai untuk memasak daging. Jika panci sudah dipanaskan dengan waktu yang tepat, maka dijamin kamu akan mendapatkan daging yang matang sempurna.

5. Langsung Memasak Daging yang Baru Keluar Dari Freezer
Menyimpan daging dalam freezer memang membantu masa bertahan lebih lama. Tetapi jika ingin memasaknya, jangan langsung dimasak dalam keadaan dingin. Keluarkan dan biarkan sekitar 20 menit di suhu ruang yang normal, sebelum di-grill atau dimasak ya.

6. Terlalu Sering Membalik Daging

Ketika memanggang daging, pasti kamu inginkan kematangan yang pas sesuai dengan selera, kan? Tidak perlu khawatir daging akan gosong, sehingga kamu harus membolak-balik dagingnya. Seharusnya hal ini  tidak kamu lakukan. Sebaiknya kamu menunggu sejenak hingga satu sisinya matang, baru kamu bisa membaliknya. Hal ini dilakukan agar dagingmu tidak menempel di pemanggangnya dan ketika diangkat tidak hancur.


7. Mengabaikan Termometer Daging

Dijamin, pasti hal ini yang paling sering terabaikan. Padahal mengetahui suhu pada saat memasak daging juga sangatlah penting lho. Termometer daging juga dapat mengurangi beberapa risiko dalam memasak daging dengan potongan besar, seperti daging panggang. Karena kamu akan tahu ketika daging sudah terlihat matang di luar, apakah di dalamnya juga sudah matang atau belum.


Nah, jadi itu dia tujuh kesalahan yang sering dilakukan saat memasak daging, untuk ke depannya jangan dilakukan lagi ya PergiKuliner. Jika kamu terlalu malas untuk memasak daging sendiri, kamu juga bisa lho datang ke beberapa tempat makan di bawah ini untuk mendapatkan daging yang sempurna!

AB Steakhouse by Chef Akira Back

Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back
Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back
Foto AB Steakhouse by Chef Akira Back

Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Street Steak

Foto Street Steak
Foto Street Steak
Foto Street Steak

Carnivor Steak & Grill

Foto Carnivor Steak & Grill

Altitude Grill

Foto Altitude Grill
Foto Altitude Grill
Foto Altitude Grill

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?