Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia 7 Makanan Berlemak yang Baik Untuk Tubuh Kamu!

List Artikel
22 Januari 2019 | 0 Komentar
Makanan berlemak mungkin menjadi sesuatu yang menakutkan bagi Anda yang sedang berusaha menjaga pola makan. Namun konsumsi lemak menjadi bagian penting dalam menjaga kesehatan. Sebab, lemak merupakan sumber energi utama selain karbohidrat dan protein. Konsumsi makanan berlemak juga bermanfaat dalam proses penyerapan beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Hanya saja, dalam mengonsumsi makanan berlemak tinggi, Anda harus lebih bijak. Sebab, ada beberapa jenis lemak yang baik untuk kesehatan dan ada yang tidak. Nah, simak dulu yuk makanan berlemak yang baik untuk tubuh kamu berikut ini!

1. Alpukat


Sumber : Pergikuliner.com

Buah alpukat mengandung 70% lemak yang disebut dengan oleic acid. Kandungan lemak ini sangat baik untuk kesehatan jantung dan dapat membantu meringankan gejala osteoarthritis. Selain itu, alpukat juga kaya akan kalium dan serat. Penelitian menunjukkan bahwa alpukat dapat membantu menurunkan kadar lemak jahat dan meningkatkan kadar lemak baik dalam tubuh. Keuntungan lainnya, ketika kamu mengkonsumsi alpukat bersama makanan lain, buah ini dapat membantu penyerapan nutrisi dari makanan lain tersebut.

2. Telur


Sumber : Bettycrocker.com

Dari sekian banyak sumber lemak baik, sumber lemak baik yang paling mudah ditemukan ternyata ada di depan mata kita yakni telur. Telur merupakan makanan berlemak yang murah dan mudah dicari yang kaya akan protein dan kolin. Oleh karena itu telur sangat bagus untuk jantung, otak, sistem kardiovaskular dan sistem saraf.

3. Dark Chocolate


Sumber : Scientificamerican.com

Dark chocolate memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Setidaknya sekitar 65% dari total kalori. Selain itu, dalam dark chocolate juga terkandung 11% serat, 50% zat besi, magnesium, tembaga dan mangan. Anti oksidan yang terkandung dalam dark chocolate bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol kolesterol jahat dalam darah. Ada sebuah studi yang mengatakan bahwa mengkonsumsi dark chocolate 5 kali per minggu dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung.

4. Kacang-kacangan


Sumber : Santrigaul.net

Kacang-kacangan seperti kacang mete, pecan, pistachio, dan almond mengandung lemak baik yang cukup tinggi. Meski tinggi lemak, kacang-kacangan ini kaya vitamin E, lutein, zeaxanthin dan carotenoid. Zat-zat tersebut baik untuk kulit dan mata lho!

5. Yoghurt

Sumber : Pergikuliner.com

Yoghurt terbuat dari susu yang difermentasi yang dipercaya baik untuk kesehatan. Mengandung kalsium dan probiotik, yogurt bisa meningkatkan fungsi usus dan memperbaiki tulangmu sehingga jadi semakin kuat. Kemudian, selain bakteri baik, yogurt juga mengandung lemak yang membantu untuk mendukung kesehatan pencernaan, melawan penyakit jantung, hingga obesitas.

6. Ikan


Sumber : Pergikuliner.com

Ikan terkenal kaya akan lemak baik. Dari sekian banyak zat baik yang terkandung pada ikan, omega-3 adalah kandungan yang tertinggi. Konsumsi ikan yang cukup dapat membuat otak bekerja lebih optimal. Nah, ada ikan mackerel, salmon, trout, herring dan sarden yang bagus banget nih buat jantung kamu!

7. Keju

Sumber : Womantalk.com

Keju merupakan salah satu makanan yang diolah dari susu. Oleh karenanya, manfaat apa yang ada pada susu, ada juga pada keju. Satu potong keju yang tebal, mengandung setidaknya 6,7 gram protein, setara dengan satu gelas susu. Keju juga kaya kalsium, protein, vitamin B12, selenium, fosfor dan lainnya yang ternyata bisa mencegah risiko terkena diebetes tipe 2 juga lho!

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan makanan berlemak apa saja yang baik untuk tubuh kamu? Jadi, kalau kamu sekarang ingin hidup sehat dengan makanan-makanan tersebut bisa langsung datang ke tempat-tempat di bawah ini ya!

Sushi Hiro

Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro

Benedict

Foto Benedict
Foto Benedict
Foto Benedict

Sour Sally

Foto Sour Sally
Foto Sour Sally
Foto Sour Sally

Avocado Lovers

Foto Avocado Lovers

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?