Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia 7 Varian Udon Paling Terkenal di Jepang!

List Artikel
8 Maret 2019 | 0 Komentar
Jepang merupakan negara yang dikenal kaya akan kulinernya. Hal ini bisa kamu buktikan dengan menjamurnya restoran Jepang yang ada di dunia, termasuk di Indonesia. Masyarakat Indonesia memiliki lidah yang cocok dengan kuliner Jepang, sebut saja beberapa kuliner Jepang yang sangat populer seperti sushi, katsu, ramen, hingga udon. Udon merupakan salah satu jenis mie ala Jepang yang memiliki bentuk cukup tebal dengan warna putih kekuningan yang sangat enak diseruput. Tak jauh berbeda dengan ramen, ternyata udon memiliki beragam jenis varian yang membuat kita tidak akan pernah bosan menyantapnya. Dari sekian banyak varian udon di Jepang, ada tujuh yang paling terkenal dan digemari, yaitu:

1. Su Udon


Sumber : Chubbyboatakkoala.com

Yang pertama ada su udon yang merupakan varian udon yang disajikan hanya dengan kuahnya saja. Biasanya su udon hanya ditambahkan irisan daun bawang saja. Jika kamu ingin menikmati cita rasa udon yang masih original, maka kamu bisa mencoba su udon. Kuah dari su udon sangat gurih sehingga kamu bisa terus ketagihan mencobanya. Di bagian timur Jepang seperti di kota Tokyo, su udon lebih sering disebut dengan kake udon.

2. Tempura Udon


Sumber : Pergikuliner.com

Varian kedua ada tempura udon yang sudah pasti merupakan varian udon yang disajikan bersama dengan tempura. Jenis tempura yang digunakan bisa berupa tempura seafood atau tempura sayuran. Tapi kebanyakan menggunakan jenis tempura udang. Untuk jenis tempura sayuran, biasanya dinamakan dengan nama kakiage udon. Tempura bisa disajikan langsung diatas udon, tapi bisa juga disajikan secara terpisah.

3. Tanuki Udon


Sumber : Pergikuliner.com

Tanuki udon merupakan salah satu varian udon yang terbilang cukup unik karena disajikan bersama dengan remah tempura atau agetama. Rontokan dari tepung saat menggorang tempura bisa menciptakan tekstur dan cita rasa yang berbeda saat kamu menyantapnya bersama dengan udon. Biasanya tanuki udon memiliki bahan tambahan lainnya seperti irisan daging serta daun bawang. 

4. Tororo Udon


Sumber : Flickr.com

Tororo udon merupakan salah satu varian udon yang juga disebut dengan nama yamakake. Tampilannya memang tidak secerah varian udon lainnya. Tekstur tororo udon memang tidak seperti udon lainnya karena teksturnya cenderung lengket agak kental. Akan tetapi tekstur yang lengket ini menjadi ciri khas utama dari tororo udon. Tororo udon disajikan dengan tambahan topping parutan yamaimo atau nagaimo yang merupakan jenis tanaman hijau. 

5. Niku Udon


Sumber : Pergikuliner.com

Selanjutnya ada niku udon yang bisa kamu jumpai dengan mudah di Indonesia. Ciri khas dari niku udon disajikan bersama dengan irisan daging sapi berbumbu yang tipis. Daging yang digunakan bisa daging sapi, ayam, hingga babi. Tapi ada juga beberapa kedai udon yang menggunakan daging bebek sehingga cita rasanya jadi lebih gurih. Untuk kuah yang digunakan pada niku udon ini terbilang cukup segar dan teksturnya tidak kental sama sekali.

6. Tsukimi Udon


Sumber : Flickr.com

Tsuki udon merupakan varian udon yang memiliki topping telur mentah. Penambahan topping telur mentah ini melambangkan bentuk bulan yang bulat. Oleh karena itu, varian udon ini dinamakan tsukimi yang berarti bulan. Ada dua cara yang bisa kamu gunakan saat menyantap tsukimi udon, yakni memecahkan kuning telurnya dan mencampur dengan udon. Sedangkan cara yang kedua adalah dengan cara memecahkan kuning telur setelah menyantap udon dan mencampurnya dengan kuah. 

7. Kare Udon


Sumber : Pergikuliner.com

Yang terakhir ada kare udon yang memiliki tekstur kuah sangat kental dan cita rasanya sangat kuat sekali karena menggunakan bumbu kare. Ditambah lagi ada tambahan rasa pedas di dalamnya. Kare udon sering dijuluki dengan nama nanban kare. Biasanya kare udon ini di dalamnya sudah ada tanbahan irisan daging sapi dan pada bagian atasnya diberi taburan irisan daun bawang.

Nah, itu dia nih varian udon yang paling terkenal di Jepang. Ternyata ada berbagai macam ya? Buat kamu yang jadi ngiler sama udon karena membaca artikel ini, jangan khawatir ya. PergiKuliner sudah siapkan beberapa referensi restoran yang menjual menu udon berikut ini. Simak yuk!

Marugame Udon

Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon

Tamoya Udon

Foto Tamoya Udon
Foto Tamoya Udon

Hanamaru Udon

Foto Hanamaru Udon
Foto Hanamaru Udon
Foto Hanamaru Udon

Yabai Izakaya

Foto Yabai Izakaya
Foto Yabai Izakaya
Foto Yabai Izakaya

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?