Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia 8 Jenis-Jenis Bir yang Perlu Kamu Ketahui

List Artikel
16 Oktober 2020 | 0 Komentar

Bir adalah minuman beralkohol yang diproduksi lewat proses fermentasi tanpa melalui proses penyulingan. Bir menjadi minuman terpopuler ketiga setelah teh dan kopi. Percaya atau tidak, bir mulai dibuat sejak 5000 SM pada zaman Mesir Kuno dan Mesopotamia. Banyak orang yang hanya mengenal dua jenis bir, yakni bir hitam dan bir kuning keemasan. Tapi tahukah kamu ternyata bir memiliki beberapa jenis lho, jika dilihat dari proses pembuatan dan juga bahan yang digunakan. Untuk kamu yang suka minum bir, kamu harus tahu delapan jenis bir di bawah ini:


1. Lager



Sumber : Fineartamerica.com


Bir jenis ini difermentasi dengan ragi yang berada di bawah alias tidak mengambang. Lager harus dibuat pada temperatur yang rendah karena bir ini butuh proses fermentasi yang cukup lama dibanding bir lainnya, yakni sekitar beberapa minggu hingga beberapa bulan. Rasanya agak sedikit getir dan tapi tidak terlalu pahit. Lager pada umumnya berwarna keemasan, tapi di daerah Eropa lager berwarna lebih gelap.


2. Ale



Sumber : Thehesitantchef.com


Bir yang satu ini terbuat dari sari malt barley yang melalui proses fermentasi pada suhu dengan temperatur yang cukup tinggi. Ale sangat hits pada era tahun 80-an dan banyak digilai para perempuan. Rasanya agak manis dengan aroma buah yang sangat kuat. Ale memiliki warna yang agak gelap dibandingkan dengan lager.


3. Pilsner



Sumber : Blog.eckraus.com


Pilsner merupakan bir yang terbuat dari jelai atau malt yang direndam dalam air yang sudah dicampur ragi. Proses fermentasinya harus dengan suhu yang cukup tinggi. Pilsner pertama kali dibuat di Plzen, Ceko pada tahun 1842. Pilsner memiliki warna kuning pucat dengan rasa yang sedikit pahit.


4. Stout



Sumber : Shop.theelectricbrewery.com

Stout memiliki julukan bir hitam karena warnanya yang hitam pekat. Sesuai dengan warnanya yang hitam, bir ini memiliki rasa yang lumayan pahit dibanding jenis bir lainnya sehingga lebih disukai lelaki. Stout pertama kali dibuat di Inggris menggunakan malted barley yang dipanggang hingga matang.


5. Cider



Sumber : Popsugar.com


Cider sangat terkenal berkat aroma dan rasa apelnya yang terasa manis. Cider memang terbuat dari sari buah apel yang difermentasikan dengan khamir dengan suhu temperatur yang rendah selama beberapa hari. Cider biasanya memiliki kadar alkohol yang sangat rendah, yakni sekitar 6-8%. Selain diminum begitu saja, cider juga banyak digunakan untuk memasak.


6. Draught Beer



Sumber : Brewersassociation.org


Kamu suka melihat kedai minuman di film-film koboi Amerika yang menjual bir dalam tong-tong kayu besar? Nah, jenis bir yang mereka jual adalah draught bir. Meski draught bir sekarang lebih banyak dijual dalam bentuk kaleng, namun rasanya masih tetap sama. Bir jenis ini memiliki warna yang agak kecokelatan seperti teh. 


7. Barley Beer



Sumber : Learn.kegerator.com


Bir yang satu ini sangat mudah dikenali karena banyak dijual di berbagai bar. Barley bir memiliki warna yang agak coklat kemerahan tapi tidak terlalu pekat. Rasanya agak sedikit pahit dengan rasa getir yang khas. Kadar alkohol yang dimiliki barley bir biasanya tidak terlalu tinggi, yakni sekitar 6-11%.


8. Flavour Beer



Sumber : Fentimans.com


Kalau bir yang satu ini kamu pasti sudah tahu karena flavour bir merupakan jenis bir yang paling banyak dijumpai di pasaran. Bir ini merupakan jenis bir yang sudah melalui proses pencampuran rasa yang didapat dari perasa alami seperti jus atau sari buah.


Sekarang teman kuliner sudah tahu kan delapan jenis bir yang ada di dunia? Kalau teman kuliner termasuk pecinta bear bir pasti kamu kenal banget kan sama jenis-jenis bir di atas?. Nah, kalau kamu mau nikmatin minum bir sambil santai di Jakarta beberapa lounge atau tempat ini bisa jadi pilihan kamu chillin' bareng teman-teman kamu nih!

PokenbiR

Foto PokenbiR

Paulaner Brauhaus

Foto Paulaner Brauhaus

Beer Garden

Foto Beer Garden

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?