Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Alasan Keju Swiss Punya Banyak Lubang

List Artikel
1 Desember 2019 | 0 Komentar

Keju merupakan salah satu bahan makanan yang menjadi sumber protein dan kalsium bagi tubuh. Ada banyak negara di Eropa yang menghasilkan keju terbaik, tapi yang paling terkenal akan kejunya adalah Swiss. Keju Swiss merupakan keju lokal yang pastinya diproduksi di negara Swiss, Eropa Tengah. Swiss sudah memproduksi keju sejak ratusan tahun yang lalu. Hal ini dikarenakan negara Swiss pada dasarnya merupakan merupakan negara yang memiliki banyak lahan hijau luas sehingga cocok untuk digunakan mengembangbiakkan ternak seperti sapi. Berhubung ada banyak peternakan sapi yang ada di Swiss, maka produksi susu di sana juga melimpah. Agar tidak basi dan tahan lama, maka masyarakat setempat pun mengolahnya menjadi keju.

 


Sumber: Indiatimes.com


Beberapa keju Swiss yang terkenal di dunia adalah keju appenzell, bellelay atau tete de moine, emmental, fribourgeois, gruyere, saanen, sapsago, sbrinz, dan vacherin-fribourgeois. Salah satu ciri khas dari keju Swiss adalah adanya lubang-lubang pada bagian dalamnya. Lubang-lubang pada keju Swiss lah yang membuatnya sangat terkenal karena membuatnya unik. Tapi pada kenyataannya tidak semua keju Swiss itu berlubang. Hanya keju Swiss emmental yang punya lubang. Pastinya kamu jadi penasaran bukan mengapa selalu ada lubang pada keju Swiss emmental ini? Lubang pada keju Swiss bukan karena dimakan tikus atau hewan lainnya, tapi memang terjadi karena proses ilmiah yang dikarenakan bakteri.



 Sumber: Nueskes.com


Lubang pada keju Swiss sudah mulai muncul sejak zaman pertengahan. Pada masa itu keju Swiss dibuat berbentuk roda besar seberat 45-90 kg untuk menghindari pajak karena pajak yang dipungut berdasarkan jumlah keju, bukan beratnya. Keju-keju tersebut disimpan dalam waktu yang lama dalam gudang yang ada di gua-gua pegunungan. Berhubung pada masa itu proses pemerahan susu sapi masih sangat tradisional, yakni menggunakan tenaga manusia dan susunya disimpan dalam wadah ember jerami tua, maka ada beberapa bakteri yang tercampur di dalamnya. Ada beberapa bakteri yang terdapat pada keju Swiss, yakni bakteri S. thermphilus, Lactobacillus, dan P.shermani. Bakteri S. Thermphilus dan Lactobacillus menghasilkan asam laktat yang kemudian dikonsumsi oleh bakteri P.shermani. Nantinya bakteri ini aka mengeluarkan gas karbondioksida yang menyebabkan terjadinya kantong udara kecil. Udara kecil yang tidak bisa keluar inilah yang menyebabkan lubang-lubang pada keju Swiss. Untuk keju Swiss yang hanya dimatangkan dalam waktu sebentar saja akan memiliki lubang yang lebih kecil dengan tekstur yang lembut. Sedangkan jika proses pematangannya lebih lama akan memiliki lubang yang lebih besar, serta rasa dan aroma yang lebih tajam.



 Sumber: Dailymail.co.uk


Belakangan ini, keju Swiss emmental sudah jarang ditemukan adanya lubang-lubang lagi. Tentu saja hal ini membuat ciri khasnya menjadi pudar. Penyebab utama lubang-lubang pada keju Swiss emmental menghilang karena saat ini keju Swiss sudah banyak yang dibuat dengan cara modern, mulai dari proses pemerahan hingga pembuatannya sehingga lebih bersih dan efisien. Tentu saja hal ini bisa mengurangi partikel-partikel kecil dan bakteri yang masuk ke dalam susu sehingga bisa mengubah tekstur dan cita rasa dari keju Swiss emmental tersebut. Semoga masih ada pembuat keju Swiss yang mempertahankan proses pembuatan dengan cara tradisionalnya ya supaya lubang-lubang yang menjadi ciri khas keju Swiss masih tetap terjaga.

 

Itulah beberapa informasi yang bisa menambah pengetahuanmu akan bahan-bahan kuliner. Jika sudah tahu alasannya mengapa keju Swiss punya banyak lubang di dalamnya, sekarang kita makan kuliner yang ada campuran kejunya dulu yuk!

Geprek Bensu

Foto Geprek Bensu
Foto Geprek Bensu
Foto Geprek Bensu

Fish Wow Cheeseee

Foto Fish Wow Cheeseee
Foto Fish Wow Cheeseee
Foto Fish Wow Cheeseee

Pizza Mangkok

Foto Pizza Mangkok
Foto Pizza Mangkok
Foto Pizza Mangkok

Master Cheese Pizza

Foto Master Cheese Pizza
Foto Master Cheese Pizza
Foto Master Cheese Pizza

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?