Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Alasan Kenapa Orang Indonesia Suka Makanan Pedas

List Artikel
11 Agustus 2018 | 0 Komentar

Bukan hal yang asing lagi kalau sebagian besar orang Indonesia gemar menyantap kuliner yang bercita rasa pedas. Jika dalam satu sajian hidangan tidak ada menu kuliner yang pedas, pasti acara makanmu jadi terasa hambar seperti sayur tanpa garam. Tak heran kalau produksi cabai Indonesia sangat melimpah. Bahkan beberapa orang ada yang sengaja menanam tanaman ini di pekarangan rumah mereka agar ketika harga cabai melambung naik, mereka masih bisa tetap menyantap kuliner pedas. Jika kamu perhatikan, rasanya hampir 80% kuliner tradisional di Indonesia menggunakan cabai dan memiliki rasa yang pedas. Sebut saja ikan cabai ijo, ayam penyet, dendeng balado, krecek, seblak, dan lain sebagainya.



Sumber : Pergikuliner.com


Jika sajian tersebut tidak pedas, pasti akan selalu ditambahkan sambal sebagai menu pendampingnya. Contohnya seperti kuliner soto yang selalu disajikan bersama sambal. Kamu pasti sudah tahu kalau ada puluhan lebih jenis sambal yang kita miliki, mulai dari sambal dadak, sambal terasi, sambal dabu-dabu, sambal kecap, sambal bawang, dan masih banyak lagi. Terlepas dari menu kuliner tradisional Indonesia, kuliner dari negara lain yang dijual di Indonesia pasti akan menambahkan citarasa pedas agar mudah disukai dan cocok di lidah orang Indonesia. Tapi pernahkah kamu berpikir kalau kenapa sih orang Indonesia sangat suka makan makanan pedas?



Sumber : Pergikuliner.com


Dilihat dari segi psikologis, kebiasaan kamu makan kuliner yang pedas adalah karena sejak kecil kamu sudah melihat orang tuamu makan lahap dengan menggunakan sambal sehingga membuat otakmu tersugesti kalau makan dengan sambal pedas itu terasa sangat nikmat. Ditambah kuliner pedas ternyata memang sudah ada sejak lama karena keberadaan sambal sudah muncul dalam Serat Centhini pada tahun 1814. Dalam manuskrip tersebut telah disebutkan berbagai jenis sambal yang saat ini menjadi tradisi kuliner khas Indonesia. Jadi bisa dikatakan kalau menyantap kuliner pedas ini menjadi sebuah tradisi turun temurun dari orang tua jaman dulu.



Sumber : Pergikuliner.com


Makanan pedas lebih disukai orang Indonesia juga karena rasa pedas yang dihasilkan oleh cabai ini bisa menstimulasi hormon endorpin dan hipotalamus yang bisa membuat kamu merasa senang dan ketagihan makan kuliner pedas lagi dan lagi. Rasa pedas dinilai bisa melepaskan rasa stress dalam tubuh sehingga banyak orang yang memilih untuk menyantap kuliner pedas saat makan siang dan makan malam. Selain itu, kamu juga akan mendapat banyak manfaat dari menyantap kuliner pedas seperti bisa meredakan sakit kepala, mengurangi sinus, melancarkan hidung tersumbat, menurunkan kadar lemak, menghangatkan tubuh, memperkuat kerja pembuluh darah, dan masih banyak lagi.

 

Sekarang kamu sudah nggak penasaran lagi kan? Bagaimana kalau terus melestarikan tradisi makan makanan pedas Indonesia dengan menyantap salah satu makanan di bawah ini!

Warung Bu Kris

Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris

Warung Leko

Foto Warung Leko
Foto Warung Leko
Foto Warung Leko

Sate Taichan Bintaro

Foto Sate Taichan Bintaro
Foto Sate Taichan Bintaro
Foto Sate Taichan Bintaro

Sambal Khas Karmila

Foto Sambal Khas Karmila
Foto Sambal Khas Karmila
Foto Sambal Khas Karmila

Ayam Gepuk Pak Gembus

Foto Ayam Gepuk Pak Gembus
Foto Ayam Gepuk Pak Gembus

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?