Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Alasan Mengapa Kuliner Padang Banyak Menggunakan Santan!

List Artikel
11 Oktober 2019 | 0 Komentar

Kuliner Padang atau yang lebih dikenal dengan nama masakan Padang merupakan salah satu makanan yang berasal dari ranah Minangkabau, Sumatera Barat. Kuliner Padang sangat terkenal di Indonesia. Saking terkenalnya, kita bahkan bisa menemukan kuliner Padang hampir di semua penjuru kota yang ada di Indonesia. Bukan tanpa alasan kuliner Padang ini terkenal. Jika dilihat dari cita rasa masakannya, sudah pasti cita rasa masakan Padang sangat lezat dan gurih. Ada cita rasa yang khas dan unik sehingga bisa membedakannya dari masakan-masakan Indonesia dari daerah lainnya. Salah satu alasan utama yang membuat cita rasa masakan Padang terasa sangat lezat dan gurih adalah karena penggunaan santannya yang dominan. Coba saja kamu perhatikan, hampir sebagian besar masakan Padang selalu menggunakan campuran santan di dalamnya. Sebut saja opor, gulai, kare dan masih banyak lagi.

 


Sumber : Pergikuliner.com


Pernah tidak kamu bertanya-tanya, sebenarnya kenapa kuliner Padang ini sebagian besar menggunakan campuran santan di dalamnya? Kali ini PergiKuliner akan menguak fakta tersebut. Jika kamu menurut dari sejarahnya, pada abad ke-13 dan ke-14, ada banyak perantau dan pedagang dari India yang datang berlabuh ke Sumatera Barat. Di sinilah masakan-masakan yang ada di Sumatera Barat mendapat pengaruh besar dari kuliner India. India sebagai negara Asia Barat, kulinernya memang sangat identik dengan santan seperti kare. Penggunaan santan untuk masakan India memang sudah tidak asing lagi dan saat mereka datang ke Sumatera Barat, kebiasaan menggunakan santan itu ditularkan kepada masyarakat Minangkabau.



 Sumber : Pergikuliner.com


Penjelasan ini juga didukung oleh temukan pada catatan Tome Pires, pengelana asal Portugis yang mengatakan kalau ada kapal dari Gujarat, India yang singgah di pantai-pantai Sumatera Barat. Mereka mendarat dan berdagang khususnya di Pelabuhan Pariaman dan Tiku yang kini dikenal dengan nama Kabupaten Agam. Selain santan, para perantau dan pedagang dari India juga menularkan hal lainnya dalam masakan Sumatera Barat, yakni penggunaan rempah-rempah yang sangat kuat seperti pala, merica, dan lain sebagainya. Penggunaan rempah-rempah inilah yang kemudian berpadu dengan santan dan menjadikan hasil cita rasa kuliner Padang yang lezat dan unik.


 Sumber : Pergikuliner.com


Ada juga sumber yang mengatakan kalau fakta mengenai keberadaan santan pada kuliner Padang ini juga dipengaruhi dari kuliner khas Timur Tengah. Lagi-lagi karena Sumatera Barat pada masa itu seringkali disinggahi oleh kapal-kapal para pedagang dari Timur Tengah yang berjualan rempah-rempah. Jadi mau tak mau kuliner Padang mendapat pengaruh yang cukup besar dari kuliner Timur Tengah.

 

Sekarang kamu sudah paham kan dari mana asal penggunaan santan pada kuliner Padang? Semoga penjelasan di atas bisa membuatmu tidak penasaran lagi ya! Nah, sekarang mari simak dulu yuk deretan kuliner Padang yang nikmat di bawah ini!

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

RM Bopet Mini

Foto RM Bopet Mini
Foto RM Bopet Mini
Foto RM Bopet Mini

Padang Merdeka Saji

Foto Padang Merdeka Saji
Foto Padang Merdeka Saji
Foto Padang Merdeka Saji

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?