Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Alasan yang Membuat Harga Mie Instan Murah

List Artikel
25 April 2020 | 0 Komentar

Mie instan, siapa yang tak tergoda dengan makanan yang satu ini. Aromanya yang wangi menggoda dan cita rasanya yang enak memang bisa membuat siapa saja ketagihan, tak terkecuali kamu bukan? Mie instan seringkali dianggap sebagai penyelamat saat isi kantong sedang kempes alias sedang tidak ada duit. Pasalnya mie instan sangat mudah didapat dan pastinya harganya sangat murah meriah. Tapi pernah tidak kamu bertanya-tanya mengapa mie instan punya harga yang murah meriah? Ternyata ada alasan logis di balik murahnya harga mie instan. Ingin tahu ada alasan-alasan apa saja? Langsung cek saja di bawah ini yuk!


Sumber : Pergikuliner.com


Asalnya Diciptakan untuk Rakyat Biasa

Mie instan pertama kali dibuat oleh Momofuku Ando pada tahun 1958. Ia kemudian mendirikan perusahaan Nissin di Jepang. Awalnya, ide menciptakan mie instan ini asalnya dari kelangkaan makanan yang ada di Jepang pada saat Perang Dunia II. Masyarakat setempat, terutama para rakyat sangat kesulitan mendapatkan pangan sehingga tak heran kalau banyak kelaparan yang melanda. Pada saat itulah Momofuku Ando terinspirasi membuat chickenramen yang bisa dibeli oleh semua kalangan. Mie instan ramen ini awalnya hanya dibuat dengan cara menyemprot ramen yang telah dikukus dengan minyak panas. Cara yang mudah sehingga bisa diproduksi dengan cepat dan langsung bisa dikirimkan ke berbagai daerah untuk dijual secara umum.

 

Biaya Produksinya Murah

Alasan yang kedua adalah karena biaya produksinya terbilang sangat murah loh.Padahal pada masa awal kemunculannya, mie instan justru punya biaya produksi yang lebih mahal hingga 6x lipat. Lantas mengapa sekarang biaya produksinya bisa lebih murah? Alasannya adalah karena majunya teknologi yang digunakan. Jika awalnya pembuatan mie instan masih dilakukan secara manual. Sekarang mie instan bisa dibuat dengan menggunakan mesin sehingga bisa diproduksi dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Pemiliknya pun tak perlu  mempekerjakan banyak orang karena sebagian besar pembuatannya dilakukan oleh mesin. Saat ini di Jepang sendiri, produksi mie instan di Jepang per tahunnya bahkan sudah memasuki angka milyaran. Nggakkebayang bukan berapa mie instan yang dibuat per harinya? Nah, berhubung diproduksinya dalam skala besar, maka biaya produksinya jadi lebih murah.

 

Bahan-bahan Pembuatannya Juga Murah

Alasan yang terakhir adalah karena bahan-bahan pembuatannya juga sangat murah meriah. Bahan utama dari pembuatanmie instan adalah tepung terigu yang diperkaya dengan vitamin vitamin B dan zat besi. Selain tepung terigu biasanya hanya akan ditambahkan perasa atau sayuran kering atau protein kering saja sehingga tidakmerubah banyak harganya. Coba saja kita perhatikan, rata-rata harga mie instan hanya berkisar antara Rp2.500 dan yang paling mahal hanya sekitar Rp10.000-an saja.

 

Itulah beberapa alasan mengapa mie instan punya harga murah meriah. Jadi sekarang kamu sudah nggak penasaran lagi bukan? Ingat ya, mie instan memang punya rasa enak yang bikin nagih, tapi kalau kamu mengonsumsinya berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatanmu. Jadi santaplah mie instan secukupnya dan jangan lupa tambahkan sayuran serta protein ke dalamnya ya!

Akademie

Foto Akademie

Ropang Plus Plus

Foto Ropang Plus Plus
Foto Ropang Plus Plus
Foto Ropang Plus Plus

Ropang OTW

Foto Ropang OTW

Foodsomnia

Foto Foodsomnia
Foto Foodsomnia

The Addicteat

Foto The Addicteat
Foto The Addicteat

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?