Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Aneka Ragam Fish Cake yang Ada di Asia!

List Artikel
11 Maret 2019 | 0 Komentar
Siapa di antara kamu yang sangat suka menyantap fish cake? Fish cake merupakan sebutan jajanan yang terbuat dari bahan dasar ikan yang digiling atau dihaluskan kemudian diberi beberapa bahan campuran seperti tepung kanji atau tepung terigu. Tak lupa ada tambahan bumbu yang diberikan supaya citarasanya jadi lebih terasa lezat. Kita selalu bertanya-tanya, kenapa dinamakan dengan nama fish cake? Ternyata nama fish cake ini diberikan karena kuliner ini termasuk dalam jenis camilan seperti cake. Ditambah lagi karena cara pembuatannya harus diadon dan dicetak terlebih dahulu seperti pembuatan cake pada umumnya. Fish cake bisa kamu temukan dengan mudah di negara-negara Asia. Tapi pastinya beda negara, berbeda pula fish cake yang disajikan. Ada lima jenis fish cake di Asia yang namanya cukup populer, yaitu:

Odeng dari Korea



Sumber : Pergikuliner.com


Jenis fish cake yang pertama adalah odeng atau eomuk yang berasal dari negara Korea. Odeng dari Korea ini tergolong cukup unik tampilannya karena berbentuk seperti sate usus. Jadi odeng ini awalnya berbentuk seperti lembaran kotak lalu dilipat-lipat dan ditusuk menggunakan tusukan berbahan bambu kemudian direbus bersama dengan kuah kaldu yang sebelumnya sudah dibuat. Nantinya odeng disajikan bersama dengan kecap asin dan kimchi.

 

Oden dari Jepang



Sumber : Justonecookbook.com


Dari namanya memang hampir mirip dengan fish cake dari Korea. Oden sebenarnya adalag sajian kuliner yang asal Jepang yang di dalamnya berisi beragam bahan rebusan yang terbuat dari olahan ikan dan seafood sehingga cita rasa kaldunya menjadi sangat gurih. Oden disajikan dalam wadah pot dan bisa disantap beramai-ramai. Kuliner ini bisa dengan mudah kamu jumpai saat musim dingin di Jepang karena bisa menghangatkan tubuh.

Tod Mun Pla dari Thailand



Sumber : Thermo.kitchen


Selanjutnya ada tod mun pla yang berasal dari negeri Gajah Putih yakni Thailand. Tod mun pla merupakan jajanan tradisional Thailand yang bisa dengan mudah kamu jumpai di pinggir jalan. Tod mun pla dibuat dari ikan yang sudah dihaluskan lalu diberi beragam bumbu yang kuat seperti pasta kari merah sehingga cita rasanya cukup pedas. Tidak seperti fish cake kebanyakan yang direbus, tod mun pla dimasak dengan cara dipan fry sehingga bagian luarnya garing. Kamu bisa memakan tod mun pla bersama dengan saus dan acar mentimun.

 

Cha Cha Cien dari Vietnam



Sumber : Flickr.com


Masih di kawasan Asia Tenggara, ada negara Vietnam yang juga punya fish cake andalan yang dinamakan cha cha cien. Cha cha cien ini terbuat dari bahan dasar ikan dan juga ada campuran daging babi giling di dalamnya sehingga menghasilkan cita rasa yang berbeda dari kebanyakan fish cake. Biasanya cha cha cien disajikan bersama dengan saus khas Vietnam yang memiliki cita rasa asam manis.

 

Pempek dari Indonesia



Sumber : Pergikuliner.com


Terakhir ada pempek yang berasal dari Indonesia. Pempek termasuk dalam jenis fish cake karena terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri yang dihaluskan kemudian dibumbui dan dicampur dengan tepung kanji dan dibentuk sebelum direbus atau digoreng. Pempek memiliki beragam jenis tergantung dari bentuk dan isiannya. Pempek disajikan kuah cuko yang cita rasanya asam manis.

Nah, dari kelima fish cake di atas, kamu sudah pernah mencoba yang mana nih teman PergiKuliner? Bagi yang penasaran, kamu bisa langsung coba beberapa tempat makan di bawah ini ya!

Mu Gung Hwa Snack Culture

Foto Mu Gung Hwa Snack Culture

Mujigae

Foto Mujigae

Pempek Palembang Awan

Foto Pempek Palembang Awan
Foto Pempek Palembang Awan

Pempek Puteri Sriwijaya

Foto Pempek Puteri Sriwijaya
Foto Pempek Puteri Sriwijaya

School Food Blooming Mari

Foto School Food Blooming Mari
Foto School Food Blooming Mari

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?