Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Asal Usul Bakpao yang Perlu Kamu Tahu

List Artikel
27 November 2018 | 0 Komentar
Siapa yang tidak tahu bakpao? Hidangan satu ini terbuat dari adonan tepung terigu yang diuleni dan dicampur dengan ragi untuk mengembangkan adonan. Setelah menjadi biang, bakpao dibentuk dan diisi kemudian dibiarkan mengembang lalu dikukus hingga matang. Bakpao sendiri merupakan makanan tradisional Tionghoa yang telah menjadi makanan siapa saja. Namun apakah kamu tahu asal usul bakpao tersebut?


Sumber : Pergikuliner.com

Sebutan Bakpao berasal dari gabungan kata "Pao" dan "Bak". Pao memiliki arti bungkusan dan bak memiliki arti daging. Jadi, bakpao bisa diartikan sebagai bungkusan yang berisi daging. Dalam bahasa Hakka/Khek yaitu Nyukppao/Yungppao, artinya sama yakni daging yang terbungkus. Awalnya, bakpao berisi daging babi karena mayoritas masyarakat Tionghoa mengonsumsi daging babi. Tapi, seiring dengan perkembangan zaman dan kuliner, isian dalam bakpao tidak melulu daging. Varian isian bakpao bermacam-macam mulai dari cokelat, selai kacang, selai buah, daging ayam, daging ikan hingga daging sapi juga sayuran.

Sumber : Pergikuliner.com

Penemu bakpao yang pertama adalah seorang tentara Tionghoa bernama Zhuge Liang. Zhuge Liang adalah salah satu tentara ahli strategis terbaik China, perdana menteri, insinyur dan ilmuwan. Setelah melakukan peperangan dan meraih kemenangan lantas akan kembali ke ibu kota, Liang serta pasukannya harus melewati sungai besar yang berombak dan berbadai. Salah seorang memberitahukannya bahwa sejak zaman nenek moyangnya, agar sungai tenang dan bisa diseberangi dengan selamat, siapapun harus melempar sedikitnya 50 kepala manusia di sana. Tapi, karena Liang tak ingin kembali terjadi pembunuhan atau pertumpahan darah, ia pun membuat kue yang berbentuk mirip kepala manusia, bulat namun rata di dasarnya yang disebut Baozi atau bakpao.

Sekarang, meskipun banyak yang tidak mengetahui asal usulnya, bakpao telah populer di seluruh dunia sebagai salah satu makanan tradisional Cina. Posisi bakpao bahkan sanggup menggantikan nasi seperti yang terlihat pada film Shaolin. Nah, buat kamu yang ingin menyantap nikmatnya bakpao tersebut bisa langsung segera datangi beberapa tempat di bawah ini ya!

Bapao Lena

Foto Bapao Lena
Foto Bapao Lena
Foto Bapao Lena

Roti Srikaya & Bakpao Achin

Foto Roti Srikaya & Bakpao Achin
Foto Roti Srikaya & Bakpao Achin
Foto Roti Srikaya & Bakpao Achin

Coffee Kulture

Foto Coffee Kulture
Foto Coffee Kulture
Foto Coffee Kulture

Mr. Bitsy

Foto Mr. Bitsy
Foto Mr. Bitsy
Foto Mr. Bitsy

The Duck King

Foto The Duck King

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?