Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Asal Usul Pad Thai yang Rumit dan Penuh Sejarah

List Artikel
16 Maret 2021 | 0 Komentar

Masing-masing kuliner pasti selalu punya asal usulnya tersendiri, seperti halnya pad thai yang merupakan kuliner khas dari Negeri Gajah Putih. Pad thai adalah salah satu kuliner khas Thailand yang keberadaannya di Indonesia bisa kamu jumpai dengan mudah karena menu kuliner ini selalu muncul dalam daftar menu makanan Thailand. Meski tidak sepopuler tom yum, tapi tak sedikit masyarakat Indonesia yang menyukai pad thai. Alasannya bisa beragam, tapi yang pasti, pad thai ini punya tampilan yang mirip dengan kwetiau goreng ala Indonesia dengan cita rasanya jauh berbeda karena bumbu yang digunakan tidak lah sama. 
Pernahkah teman kuliner bertanya, bagaimana asal usul pad thai bisa tercipta dan menjadi kuliner kebanggaan masyarakat Thailand? Simak ulasannya dibawah ini!



Sumber: Pergikuliner.com


Asal Tercipta Karena Penguasa

Asal usul pad thai tidak lah seperti kebanyakan kuliner yang tercipta secara tidak sengaja, dibuat khusus untuk kaum bangsawan, atau kuliner yang dibuat sebagai bentuk inovasi. Pad thai justru tercipta karena campur tangan penguasa. Pad thai muncul pada saat masa kekuasaan Plaek Pibulsongkram, seorang penguasa Thailand yang berkuasa pada tahun 1938-1934 dan 1948-1957. Pada masa pemerintahannya, ia ingin Thailand lebih dikenal di mata dunia. Salah satu jalannya adalah dengan membuat satu kuliner berbahan dasar mie? Mengapa mie? Karena pada masa itu jalur perdagangan dari Tionghoa sedang ramai dan Plaek melihat hal tersebut sebagai peluang untuk meningkatkan ekonomi negara yang sedang terpuruk. Diharapkan dengan hadirnya mie ala Thailand, maka industri perdagangan di negara Thailand bisa lebih berkembang.

 

Pad Thai Dibuat karena Pengaruh Masyarakat Tionghoa

Selain itu, berhubung ada banyak pedagang Tionghoa yang berlabuh di  negara Thailand membuat negara ini kedatangan imigran. Ada banyak masyarakat Tionghoa yang akhirnya tinggal dan bermukim di sana sehingga jika Thailand memiliki industri mie sendiri yang terkenal, maka masyarakat Tionghoa  juga bisa membelinya. Seperti yang kamu ketahui, mie merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Tionghoa.

 

Diciptakan untuk Mengurangi Konsumsi Beras

Asal usul pad thai tak hanya terhenti di situ saja. Konon katanya penciptaan pad thai yang merupakan mie ala Thailand ini juga sengaja dibuat untuk mengurangi konsumsi beras di negara Thailand. Sama seperti negara Asia Tenggara pada umumnya, makanan pokok masyarakat Thailand adalah beras alias nasi. Berhubung pada masa tersebut beras semakin langka, untuk mengatasi kelaparan, maka dibuatlah kuliner pad thai yang terbuat dari bahan utama tepung beras untuk menyesuaikan lidah masyarakat setempat.


Sumber: Pergikuliner.com

 

Pemberian Nama Thai untuk Meningkatkan Nasionalisme

Masih dalam masa pemerintahan Plaek, kuliner pad thai ini memang sengaja diberi nama "Thai" yang melambangkan nama singkatan dari negara Thailand. Plaek sengaja menyematkan nama "Thai" sebagai lambang dari Nasionalisme dari Thailand. Jadi bisa dikatakan dengan mengonsumsi pad thai, maka masyarakat Thailand akan dianggap berperan dalam mengurangi kemiskinan akibat kelangkaan beras pada masa itu. Uniknya hal tersebut menjadi sebuah tradisi turun menurun yang melekat hingga saat ini. 


Hidangan Kaki Lima

Terlepas dari asal usul pad thai, kuliner ini termasuk dalam jajaran hidangan kaki lima yang bisa dengan mudah kamu jumpai di pinggir jalan. Pad thai seolah sudah menjadi kuliner yang bisa kamu jumpai hampir di seluruh daerah atau kota yang ada di Thailand. Ibaratnya kuliner ini sudah seperti nasi padang di Indonesia yang tak hanya bisa dijumpai di kota asalnya, tapi juga di kota lainnya. Menjadi kuliner kaki lima, harga pad thai ini juga sangat terjangkau sehingga semua kalangan bisa menikmatinya dengan mudah.

 

Cara Mengonsumsi yang Berbeda

Pad thai ini punya cara mengonsumsi yang berbeda jika dibandingkan kuliner-kuliner khas Thailand lainnya. Sebelum menyantapnya, kamu bisa membubuhkan beberapa bahan tambahan ke dalamnya seperti kecap ikan, kacang, irisan cabai, serta perasan jeruk nipis. Penambahan bahan-bahan ini sebelum disajikan tentu saja bisa mengubah cita rasa dari pad thai jadi lebih berbeda karena sensasi perubahan yang diberikan.


Rumitnya asal usul pad thai dapat terlihat dari hidangannya yang berisikan berbagai macam isian ya teman kuliner. Meskipun begitu, pad thai menjadi salah satu menu yang paling sering di pesan di restoran Thailand loh, termasuk restoran Thailand yang ada di Jakarta. Nah, teman kuliner jadi kepingin makan pad thai dan aneka masakan Thailand lainnya? Langsung aja yuk datengin restoran Thailan di bawah ini!

Jittlada Restaurant

Foto Jittlada Restaurant
Foto Jittlada Restaurant
Foto Jittlada Restaurant

Noble by Zab Thai

Foto Noble by Zab Thai
Foto Noble by Zab Thai
Foto Noble by Zab Thai

Tamnak Thai

Foto Tamnak Thai
Foto Tamnak Thai
Foto Tamnak Thai

Larb Thai Cuisine

Foto Larb Thai Cuisine
Foto Larb Thai Cuisine
Foto Larb Thai Cuisine

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?