Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Bahan Halal Pengganti Alkohol untuk Memasak

List Artikel
19 Maret 2019 | 0 Komentar
Bagi masyarakat barat dan juga Asia Timur, penggunaan alkohol sebagai tambahan bumbu memasak memang sangat sering digunakan karena bisa memperlezat masakan tanpa perlu menambahkan bahan penyedap makanan. Tapi di Indonesia, penggunaan alkohol untuk memasak merupakan hal yang tabu dilakukan karena mayoritas penduduknya adalah muslim yang melarang penggunaan alkohol, baik itu untuk diminum maupun dimasak. Tapi ternyata ada beberapa bahan makanan halal yang bisa menggantikan alkohol untuk memasak, yaitu:


Sumber : Thenest.com

1. Jus Buah Anggur dan Jus Cranberry
Pertama ada jus buah anggur dan jus cranberry yang ternyata bisa menggantikan keberadaan anggur merah atau red wine. Jus buah anggur dan cranberry memiliki cita rasa yang manis asam dengan perpaduan aroma wangi yang menyamai anggur merah ketika dimasak.
 
2. Jus Apel dan Kaldu Ayam
Jika jus buah anggur dan jus cranberry bisa menggantikan anggur merah, jus apel dan kaldu ayam justru bisa menggantikan penggunaan anggur putih pada masakan. Minuman anggur putih merupakan hasil fermentasi dari anggur hijau dan memiliki rasa segar dan agak asam. Rasa ini bisa digantikan dengan mencampur kaldu ayam dan jus apel segar.

3. Sari Apel dan Ekstrak Kacang Almond
Sering menyantap kue yang menggunakan rum seperti blackforest? Rum merupakan salah satu alkohol yang sangat sering digunakan dalam pembuatan kue atau dessert seperti vla. Jika kamu tidak ingin menggunakan rum, maka gantilah dengan campuran sari apel dan ekstrak kacang almond. Perpaduan keduanya mampu menciptakan aroma wangi seperti rum.

4. Perasan Lemon dan Jus Anggur
Selanjutnya ada campuran perasaan jeruk lemon dan jus anggur yang menggantikan penggunaan mirin dalam masakan Jepang. Mirin merupakan hasil fermentasi beras yang sering digunakan dalam membuat ramen, sushi, hingga masakan Jepang lainnya. Rasa campuran dari jus jeruk lemon, jus anggur dan gula pasir bisa membuat  cita rasa yang mirip dengan mirin.

5. Kecap Asin, Jahe, dan Perasan Jeruk Nipis
Terakhir ada campuran kecap asin, jahe dan perasan jeruk nipis yang bisa menggantikan penggunaan ang ciu atau arak untuk memasak. Arak digunakan untuk menghilangkan aroma amis pada daging atau seafood. Campuran antara kecap asin, jahe dan perasan jeruk nipis bisa menciptakan cita rasa yang cukup asin dan asam.

Dengan menggunakan campuran bahan-bahan halal di atas, kamu bisa membuat cita rasa masakanmu jadi lebih lezat lho. Kalau kamu tidak mau repot membuatnya sendiri, kamu bisa coba makan di tempat-tempat berikut ini ya!

Le Quartier

Foto Le Quartier
Foto Le Quartier
Foto Le Quartier

Komunal 88

Foto Komunal 88
Foto Komunal 88
Foto Komunal 88

Saine Daise

Foto Saine Daise
Foto Saine Daise
Foto Saine Daise

Senju Omakase, Teppanyaki, and Sake

Foto Senju Omakase, Teppanyaki, and Sake
Foto Senju Omakase, Teppanyaki, and Sake
Foto Senju Omakase, Teppanyaki, and Sake

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?