Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Beberapa Kue yang Mirip dengan Kue Balok!

List Artikel
7 November 2019 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang tidak tahu kue balok? Kue balok merupakan salah satu jajanan has dari Bandung yang saat ini sedang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya, jajanan yang sudah ada sejak jaman Belanda ini memiliki cita rasa yang khas sehingga bisa membuat kamu tak akan bosan menyantapnya. Awalnya, kue balok hanya disantap oleh para pedagang dan tukang becak untuk sarapan karena bisa mengenyangkan. Ukuran kue balok memang terbilang cukup besar, jadi kalau kamu makan satu saja pasti sudah kekenyangan. Kue balok dibuat dari bahan dasar tepung terigu, susu sachet, gula pasir, soda kue, telur, dan margarin. Berbicara tentang kue balok yang sedang viral ini, tahukah kamu kalau ternyata ada jajanan tradisional yang tampilannya serupa dengan kue balok, yaitu:

 

Kue Pancong



Sumber : Qupas.id


Yang pertama ada kue pancong yang memang dikenal paling mirip dengan kue balok karena bentuknya yang setengah lingkaran. Selain itu teksturnya juga sangat empuk dan lembut. Bedanya, adonan kue ini tidak menggunakan tepung terigu, melainkan tepung beras dengan santan dan kelapa parut. Kue pancong ini disajikan bersama dengan taburan gula pasir. Satu hal lagi yang membedakan kue pancong dari kue balok adalah ukuran kue pancong jauh lebih kecil dibanding dengan kue balok.

 

Kue Rangi



Sumber : Hallojawa.com


Kalau kue rangi ini bisa dikatakan mirip dengan kue balok karena bentuknya yang setengah lingkaran juga. Tapi dari segi ukurannya justru lebih mirip dengan kue pancong. Kue rangi yang merupakan jajanan khas Betawi ini juga bahan-bahan pembuatannya sangat berbeda dari kue balok karena dibuat dari bahan dasar tepung kanji dan kelapa parut sehingga cita rasanya gurih. Ciri khas kue rangi adalah cara penyajianya yang disiram dengan pasta gula merah yang di dalamnya terkadang ada irisan nangka, durian, atau nanas.

 

Kue Pukis



Sumber : Pergikuliner.com


Berikutnya ada kue pukis yang sepertinya paling mirip dan paling mendekati kue balok karena tampilannya yang sama dan juga sama-sama punya topping di atasnya seperti topping meises atau keju. Bahan pembuatannya juga mirip karena dibuat dari tepung terigu, gula, telur, dan ragi. Perbedaannya hanya dari segi penggunaan santan di dalamnya. Selain itu ukurannya juga tidak sebesar kue balok.

 

Kue Sagu Gula Ambon



Sumber: Simomot.com


Terakhir ada kue sagu gula Ambon yang pastinya berasal dari Ambon. Bisa dikatakan kalau jajanan tradisional ini ini merupakan perpaduan dari kue rangi dan kue balok. Kenapa demikian? Kue ini citarasanya agak mirip dengan kue rangi karena bahannya hampir sama, hanya saja bedanya kue ini menggunakan tepung sagu, bukan tepung kanji. Sedangkan dibilang mirip kue balok karena bentuknya yang mirip sekali dengan kue balok.

 

Itulah beberapa kembaran kue balok yang sekilas memang mirip, tapi cita rasanya sungguh jauh berbeda. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuanmu tentang jajanan tradisional khas Indonesia! Jika tertarik coba aneka kue tradisional lainnya, kamu bisa mencicipinya di sini ya!

Kue Balok Parikesit

Foto Kue Balok Parikesit
Foto Kue Balok Parikesit
Foto Kue Balok Parikesit

Omah Sendok

Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok

Handsome Kue Balok Masa Kini

Foto Handsome Kue Balok Masa Kini

Pukis Bangka

Foto Pukis Bangka

Dandy Co Bakery & Cafe

Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?