Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Cara Membedakan Panada, Pastel, dan Jalangkote

List Artikel
7 April 2021 | 0 Komentar

Indonesia dikenal akan kekayaan ragam kulinernya, termasuk jajanan tradisional. Masing-masing daerah di Indonesia punya jajanan khasnya tersendiri sehingga ada beberapa jajanan yang terlihat mirip satu sama lain seperti panada, pastel, dan jalangkote. Ketiga jajanan ini memang terlihat sama satu sama lain karena bentuknya yang mirip. Ketiganya ini sama-sama berbentuk setengah lingkaran dengan bagian ujung salah satu sisinya yang dipilin sehingga terlihat seperti bentuk kepangan. Ditambah lagi, panada, pastel, dan jalangkote ini sama-sama dimasak dengan cara digoreng sehingga bagian luarnya berwarna kecoklatan. Jadi tak heran kalau kita kerap kali salah mengenali ketiga jenis jajanan tradisional ini. Lantas bagaimana caranya untuk membedakan panada, pastel, dan jalangkote. Tenang saja teman kuliner, di bawah ini ada penjelasan singkat bagaimana caranya mengecek bedanya ketiga jajanan ini!



Sumber: Akamaized.net


1. Asal Usul

Untuk mengecek bedanya panada, pastel, dan jalangkote ini, kita bisa melihat dari asal usulnya. Jalangkote diketahui berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Sedangkan panada diketahui berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Lalu untuk pastel ini merupakan jajanan adaptasi dari jajanan Spanyol yang dibuat sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. Jadi ketiganya ini berbeda asal usulnya.


2. Jenis dan Tekstur

Terlihat sama, tapi panada, pastel, dan jalangkote ini berbeda jenisnya. Pastel dan jalangkote termasuk dalam kategori jenis pastry. Sedangkan panada masuk dalam jenis roti atau bakery. Hal ini bisa kita lihat dari segi teksturnya. Jalangkote dan pastel memiliki bagian luar yang garing dan renyah, sesuai dengan tekstur pastry pada umumnya. Berbeda dengan panada yang teksturnya sangat empuk, mirip seperti tekstur roti pada umumnya. Hal ini dikarenakan panada menggunakan campuran ragi pada bahan pembuatannya sehingga teksturnya jadi berongga dan empuk. Lapisan kulit pada panada juga terlihat lebih tebal jika dibandingkan pastel dan jalangkote.


3. Tampilan

Sebenarnya kalau kita perhatikan, tampilan panada, pastel, dan jalangkote ini punya tampilan yang berbeda. Meski sama-sama punya tampilan berbentuk setengah lingkaran, tapi jika diperhatikan lebih jelas lagi, pastel dan jalangkote punya tampilan kulit yang agak bergelembung. Gelembung pada jalangkote memang lebih banyak jika dibandingkan dengan pastel. Untuk panada sendiri, bagian luarnya ini mulus.


4. Isian

Untuk isiannya, ketiga jenis jajanan khas Indonesia ini tentu saja berbeda. Di sinilah kamu bisa cek bedanya panada, pastel, dan jalangkote. Untuk panada, isian di dalamnya adalah ikan laut yang disuwir seperti ikan tenggiri atau ikan tuna. Sedangkan isian pastel biasanya ada bihun, kentang, wortel, hingga daun bawang seledri. Untuk jalangkote sendiri sebenarnya tak jauh berbeda isiannya dengan isian pastel, hanya saja pastel ini biasanya diberi isian ubi yang dipotong dadu kecil.


5. Cita Rasa

Dari segi cita rasa, panada, pastel, dan jalangkote sudah pasti berbeda karena bahan kulit dan isiannya berbeda. Pastel cenderung memiliki cita rasa gurih dan asin. Lain halnya dengan panada yang punya rasa gurih pedas karena biasanya ada campuran cabai. Lalu untuk jalangkote punya rasa yang sangat gurih karena di dalam adonan kulitnya ini terdapat campuran santan kelapa encer.

 

6. Cara Menyantap

Untuk cek bedanya panada, pastel, dan jalangkote, teman kuliner bisa melihat dari cara menyantapnya. Pastel biasa disajikan bersama dengan cabai rawit dan saus sambal. Sedangkan jalangkote biasanya disantap bersama dengan sambal khusus yang dibuat dari cabai dan cuka. Panada sendiri bisa disantap begitu saja atau bisa juga disantap dengan cocolan saus sambal encer.

 

Dengan mengetahui perbedaan dari panada, pastel, dan jalangkote di atas, sekarang teman kuliner sudah bisa membedakannya belum? Semoga dengan adanya informasi di atas, teman kuliner tidak salah lagi mengenali ketiga jenis jajanan khas Indonesia ini ya! Kalau ingin menyantap aneka jajanan tradisional yang enak, teman kuliner bisa mampir nih ke salah satu toko kue di bawah ini!

Kenari Cakery

Foto Kenari Cakery
Foto Kenari Cakery
Foto Kenari Cakery

Pastellia

Foto Pastellia
Foto Pastellia
Foto Pastellia

Pastel Wawa

Foto Pastel Wawa
Foto Pastel Wawa
Foto Pastel Wawa

Pastel Istimewa Ma'Cik

Foto Pastel Istimewa Ma'Cik
Foto Pastel Istimewa Ma'Cik
Foto Pastel Istimewa Ma'Cik

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?