Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Cara Minum Espresso Ala Orang Italia

List Artikel
15 Agustus 2018 | 0 Komentar

Espresso menjadi salah satu minuman kopi asal Italia yang sangat terkenal dan paling banyak dipesan di coffee shop. Sesuai dengan namanya, espresso merupakan kopi yang dibuat dengan cara cepat menggunkan mesin khusus pembuat espresso. Biasanya espresso disajikan dalam cangkir kecil karena espresso punya body yang sangat bold. Espresso bagi orang Italia sudah seperti minuman yang wajib diminum saat pagi hari sebelum melakukan aktivitas karena kopi bisa meningkatkan energi mereka di pagi hari dan membuat otak lebih berkonsentrasi.



Sumber : Majalah.ottencoffee.co.id 


1. Bersihkan Langit - langit Mulut

Espresso memiliki cita rasa yang sangat unik sehingga ketika kamu meminumnya, maka kamu harus bisa menikmati cita rasanya tersebut secara maksimal. Seperti yang sudah kamu tahu, orang Italia selalu meminum espresso di pagi hari sehingga langit-langit mulut mereka dalam keadaan bersih setelah menggosok gigi. Tapi jika sudah menyantap sarapan, mereka akan membersihkan langit mulut-mulut dengan berkumur terlebih dahulu atau meminum sparkeling water.

 

2. Hirup Aroma Espresso

Sebelum meminum espresso, orang Italia akan menghirup aroma espresso terlebih dahulu, karena aroma adalah bagian utama dari rasa. Ketika kamu menghirup aroma espresso, maka wangi aromanya akan membangkitkan indera perasa sehingga membuat kamu ingin segera mencicipnya. Ditambah lagi aroma dari kopi espresso bisa menenangkan pikiran dan membuat tubuh jadi lebih rileks.  

 

3. Sesap Crema

Setelah menghirup aroma espresso, orang Italia akan memulai meminum espresso dengan cara menyesap cremanya terlebih dahulu. Crema espresso memiliki rasa yang cukup pahit sehingga lebih dulu disantap. Bagi orang Italia crema pada espresso menentukan tingkat kenikmatan dari espresso tersebut. Jika tidak ada crema di atas espresso, maka orang Italia tidak akan meminumnya. Jadi saat meminum espresso sesaplah cremanya terlebih dahulu. Jangan mengaduk crema karena akan rasa pahit pada crema akan tercampur dengan espresso sehingga rasanya pasti akan jadi berbeda.

 

4. Minum dalam Beberapa Sesapan

Tak seperti orang Indonesia yang suka minum espresso sambil berbincang atau bercanda tawa dengan teman di coffee shop, orang Italia justru meminum espresso mereka dengan cara yang cepat. Biasanya mereka menyesap espresso hanya dalam 2-3 kali sesap saja karena espresso yang terlalu lama dicangkir, rasa asli dari espresso bisa hilang dan tak lagi sama sehingga harus dengan segera diminum. Waktu untuk menikmati espresso ala orang Italia tak lebih dari lima menit saja.


Itu dia beberapa cara minum espresso ala orang Italia yang bisa kamu terapkan agar cita rasa espresso yang akan kamu minum tetap terjaga kelezatannya. Kalau kamu kepingin mempraktikannya langsung, kamu bisa mengunjungi beberapa coffee shop rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Ombe Kofie

Foto Ombe Kofie
Foto Ombe Kofie
Foto Ombe Kofie

Toby's Estate

Foto Toby's Estate
Foto Toby's Estate
Foto Toby's Estate

Nala Coffee

Foto Nala Coffee
Foto Nala Coffee
Foto Nala Coffee

Routine Coffee & Eatery

Foto Routine Coffee & Eatery
Foto Routine Coffee & Eatery
Foto Routine Coffee & Eatery

Cerita Kopi

Foto Cerita Kopi
Foto Cerita Kopi
Foto Cerita Kopi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?