Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Ciri-ciri Minuman Kopi yang Sudah Tak Segar Lagi

List Artikel
4 Agustus 2019 | 0 Komentar

Kopi sudah bukan lagi menjadi kuliner favorit masyarakat dunia, tapi juga sudah menjadi gaya hidup tersendiri, baik itu bagi masyarakat perkotaan maupun daerah. Kopi sejatinya memang sudah menjadi teman hidup bagi banyak orang karena kopi menawarkan banyak sekali keuntungan bagi para penikmatnya seperti bisa menghilangkan stres, meningkatkan konsentrasi saat sedang bekerja, hingga bisa menenangkan pikiran dari aromanya yang wangi ketika diseduh. Tingginya minat masyarakat akan minuman kopi berdampak pada maraknya kedai kopi di Indonesia. Coba saja kamu perhatikan pesatnya pertumbuhan kedai kopi yang terus saja bermunculan, baik itu di dalam pusat perbelanjaan maupun pinggir jalan. Berbicara tentang kopi, cita rasa kelezatan minuman ini tak hanya dihasilkan dari keahlian peraciknya, melainkan juga dari kesegaran biji kopi yang digunakan. Jika meminum kopi yang sudah dicampurkan dengan bahan tambahan seperti susu, krim, gula aren, dan lain sebagainya, cita rasa kopi yang tak segar memang tidak akan terlalu terasa. Tapi kalau kamu menyeruput kopi americano, kopi tubruk, cold brew, atau kopi-kopi yang menggunakan metode manual brew, pasti jika kopinya tak segar pasti akan terasa. Memang bagaimana sebenarnya cita rasa kopi yang tak segar lagi? Coba kita lihat!



 Sumber : Pergikuliner.com


1. Lihat dari Aromanya

Cara paling mudah jika kamu ingin mengetahui kesegaran dari kopi yang kamu minum adalah hirup dulu aromanya. Menurut para barista, salah satu tolak ukur dari kesegaran kopi adalah pada aromanya. Kopi yang sudah tidak segar, aromanya tidak akan kuat. Malah ada yang tidak tercium aroma wanginya sama sekali. Jadi sebelum menyeruputnya, coba kamu hirup aromanya terlebih dahulu ketika diseduh.

 

2. Lihat dari Kremanya

Kalau kamu memesan jenis kopi hitam seperti kopi espresso pasti akan ada lapisan krema yang ada di atasnya. Krema membantu kopi menciptakan aftertaste yang lebih lama dan cita rasa yang lebih kuat. Nah, dari krema inilah kamu bisa mengetahui apakah kopi milikmu masih segar atau tidak. Krema yang cukup tebal dan warnanya keemasan hanya bisa dihasilkan dari biji kopi yang segar. Sedangkan kalau kopi sudah tidak segar lagi, kremanya pasti akan memudar dan tidak tebal.

 

3. Lihat dari Cita Rasanya

Ciri lain dari kopi yang sudah tidak segar adalah dari cita rasanya. Pernah tidak kamu menyeruput kopi yang cita rasanya hambar seperti air putih pada umumnya. Bisa jadi kopi yang digunakan sudah tidak segar lagi. Biasanya biji kopinya atau kopi bubuk yang digunakan ini sudah disimpan dalam jangka waktu yang lama alias sudah berbulan-bulan jadi cita rasa kopinya sudah menghilang. Kopi yang masih segar, cita rasa kopinya sangat berasa. Kamu juga bisa merasakan tingkat kepekatannya, mulai dari ringan hingga berat.

 

4. Lihat dari Sensasi Setelah Diminum

Terakhir adalah kamu bisa melihat dari sensasi kopi tersebut setelah diminum. Kopi yang masih segar ini akan ada sensasi sepat yang tertinggal di lidah atau yang dalam bahasa perkopian disebut dengan nama astrigent. Rasa astrigent ini akan menempel pada lidah dan juga langit-langit mulut kita selama beberapa menit hingga berjam-jam. Beberapa dari jenis kopi bahkan ada yang menciptakan sensasi seperti mengemut cokelat di mulut mereka.

 

Itulah beberapa cir dan juga cara untuk mengetahui kesegaran dari kopi yang kamu minum. Semoga informasi di atas berguna untukmu ya teman PergiKuliner! Sekarang mari cicipi aneka minuman kopi yang ada di bawah ini ya!

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Kopi Susu Bu Lurah

Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah

Caribou Coffee

Foto Caribou Coffee
Foto Caribou Coffee

Djournal Coffee

Foto Djournal Coffee
Foto Djournal Coffee
Foto Djournal Coffee

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?