Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Fakta Unik Mengenai Kopi Dingin dan Kopi Panas!

List Artikel
2 April 2019 | 0 Komentar
Kopi sudah menjadi gaya hidup yang tidak bisa ditinggalkan. Bagi para pecinta kopi, menyeruput kopi setiap hari sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan. Pasalnya kopi dianggap sebagai minuman yang bisa meningkatkan konsentrasi dan menghilangkan stress sehingga cocok diminum kapan saja. Ditambah lagi saat ini, minuman kopi memiliki banyak sekali jenis variannya, mulai dari kopi dingin hingga kopi panas. Kedua jenis kopi dengan sensasi yang berbeda ini bisa diseruput sesuai dengan cuaca. Jika sedang panas, maka lebih enak menyeruput kopi dingin. Tapi kalau cuaca sedang hujan, maka kopi panas menjadi pilihan yang cocok. Tapi tahukah kamu kalau ada fakta unik mengenai kopi dingin dan kopi panas? Coba lihat dulu yuk apa saja fakta uniknya!
 

1.Kopi Dingin



Sumber : Pergikuliner.com


Kadar Kafein Cukup Tinggi
Minuman kopi dingin ternyata memiliki kadar kafein yang terbilang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan kafein pada kopi dingin tidak bisa menguap seperti pada kopi panas. Jadi jika ingin mendapat kafein yang cukup bagi tubuh untuk menghilangkan rasa kantuk, mengurangi rasa sakit kepala, atau ingin meningkatkan konsentrasi, maka kamu lebih baik memilih kopi dingin untuk diseruput kali ini.
 
Aman Bagi Lambung karena Asam yang Rendah
Meski kafeinnya tergolong cukup tinggi, tapi kopi dingin memiliki kadar asam yang sangat rendah sehingga sangat aman bagi kamu yang memiliki penyakit asam lambung. Rendahnya kadar asam dalam kopi dingin dikarenakan kopi yang diberi campuran es batu berkurang kadar asamnya dibanding kopi yang masih panas. Apalagi jika kopi tersebut sudah didinginkan di dalam lemari pendingin.

Cita Rasa Kopi Dingin Lebih Berasa
Percaya atau tidak, kopi dingin memiliki citarasa yang lebih berasa. Kenapa bisa demikian? Hal ini ternyata ada alasannya lho. Dalam kopi dingin ada rasa enzimatik yang diyakini bisa memperdalam cita rasa dari kopi tersebut. Tapi tentu saja penggunaan es batunya harus sesuai dengan takaran. Jika terlalu banyak es batu maka akan merubah cita rasa dan tekstur es kopi jadi lebih encer.

 

2. Kopi Panas



Sumber : Pergikuliner.com


Bisa Mengurangi Beragam Resiko Penyakit
Kopi panas ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan sehingga bisa mengurangi beragam resiko penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung dan diabetes. Tapi tentu saja kopi panas yang dimaksud di sini adalah kopi panas yang tanpa gula. Tak hanya itu saja, kopi yang diminum dalam keadaan panas juga bisa mengatasi rasa depresi atau melepas rasa stress.

Uap Panas dan Wangi Kopi Jadi Terapi
Salah satu alasan kenapa orang lebih suka menyeruput kopi panas dibanding kopi dingin adalah karena aroma wangi yang bisa kamu cium dari kopi panas. Kopi panas yang baru saja diseduh bisa mengeluarkan aroma wangi yang bisa menenangkan otak dan pikiran sehingga bisa membuat tubuh jadi lebih rileks. Jadi wajar saja kalau di pagi hari orang lebih suka menyeruput kopi panas.

Banyak Kandungan Zat Antioksidan
Fakta unik lainnya mengenai kopi panas adalah banyaknya kandungan zat antioksidan yang dimiliki sehingga baik untuk mencegah penuaan dini, menurunkan resiko penyakit jantung serta kematian dini. Zat antioksidah yang terdapat pada kopi panas memang membawa banyak manfaat bagi tubuh jika kamu meminumnya secara rutin setiap hari. Tapi ingat, lebih baik meminum kopi panas tanpa adanya campuran gula supaya manfaat yang didapat bisa lebih maksimal.
 
Itulah perbedaan fakta unik kopi dingin dan kopi panas. Setelah mengetahuinya, bagaimana kalau kali ini kamu mampir dulu untuk ngopi di salah satu kedai kopi di bawah ini yuk!

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Seulawah Coffee

Foto Seulawah Coffee
Foto Seulawah Coffee
Foto Seulawah Coffee

Tanamera Coffee Roastery

Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery

Tuku Kopi

Foto Tuku Kopi
Foto Tuku Kopi
Foto Tuku Kopi

Kopi Susu Bu Lurah

Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?