Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Gulai Tambusu Khas Minang yang Tampilannya Bikin Shock!

List Artikel
14 Juni 2019 | 0 Komentar
Pulau Sumatera khususnya kota Minangkabau memiliki banyak ragam kuliner nusantara. Bahkan ada salah satu kuliner yang dinobatkan sebagai makanan paling lezat di dunia, yaitu rendang. Beragam masakan khas yang ada pun sangat bervariasi, mulai dari kudapan ringan hingga hidangan berat. Tidak hanya itu saja, kota Minangkabau juga terkenal akan kekayaan rempah yang ada di setiap masakannya yang dapat membuat kamu ketagihan untuk menyantapnya. Namun jangan hanya rendang saja yang kamu kenal, pernahkah kamu mencoba memakan gulai tambunsu? Gulai yang satu ini patut kamu coba bila di antara kamu belum pernah mencobanya. Yuk, kenalan dengan gulai tambunsu khas Minang biar kamu bisa menambah varian makanan Padang kamu, Sobat PergiKuliner!


 Sumber : Picdeer.com


Gulai tambunsu berasal dari Bukittinggi, yang dikenal sebagai kota wisata Jam Gadang. Tidak hanya itu yang terkenal saja, tetapi juga sajian makanan khas nasi kapaunya yang begitu lezat dan tentunya memiliki banyak varian lauk. Salah satunya yang dikenal adalah gulai tambunsu, yang tidak pernah ketinggalan untuk dijadikan salah satu varian lauk nasi kapau. Hidangan berkuah ini biasanya jarang sekali ditemukan di restoran Padang, karena proses pembuatannya yang terbilang cukup memakan waktu lama. Terlebih lagi, gulai tambunsu memiliki bentuk yang cukup mengejutkan bagi masyarakat yang belum pernah mencobanya. Bentuknya seperti usus panjang terurai dan juga memiliki diameter yang cukup tebal. Gulai ini terbuat dari olahan usus sapi yang sudah dibersihkan, lalu diisi dengan campuran adonan tahu dan telur yang dihaluskan bersama bumbu-bumbu rempah. Kemudian usus yang sudah diisi tersebut direbus hingga matang, lalu dipotong-potong untuk dimasak kembali bersama dengan kuah gulai.


 Sumber : Indonesia-medan-food.blogspot.com


Olahan gulai tambunsu juga bisa menggunakan usus kerbau. Namun proses pengolahannya akan lebih lama karena harus dimasak dalam jangka waktu yang cukup panjang agar usus tersebut menjadi empuk dan mengurangi aroma usus yang cukup menyengat. Olahan kuah gulai ini diracik khusus berwarna kekuningan yang berasal dari bumbu rempah salah satunya adalah kunyit. Terkadang kuah gulai tambunsu ada yang berwarna hijau dengan tekstur kuah yang lebih kental. Cita rasa yang dimiliki gulai tambunsu agak pedas dan gurih, sedangkan tekstur ususnya cukup kenyal serta bumbu rempah yang dimiliki pada usus terbilang cukup pekat seperti halnya dengan kuah gulainya. Sajian hidangan gulai tambunsu akan semakin lengkap disantap bersama nasi putih hangat serta daun singkong yang direbus dan juga sambal ijo khas Padang.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan gulai tambunsu itu apa? Untuk mengobati kerinduan terhadap gulai tambunsu kamu bisa mampir ke salah satu tempat di bawah ini ya!

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

RM Sinar Minang

Foto RM Sinar Minang
Foto RM Sinar Minang

Rumah Makan Sepakat Jaya

Foto Rumah Makan Sepakat Jaya
Foto Rumah Makan Sepakat Jaya

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?