Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kenali Arti Berbagai Makanan yang Ada Pada Saat Imlek

List Artikel
17 Februari 2015 | 0 Komentar

Saat menjelang Hari Raya Imlek, apa yang sebenarnya ditunggu – tunggu? Bagi yang belum menikah atau bujangan, pasti angpao langsung muncul dibenak, berkumpul bersama keluarga dan juga perayaan besar – besaran dengan menyalakan kembang api. Namun, apa sudah tahu arti sebenarnya dari Hari Raya Imlek?


Hari Raya Imlek  sebenarnya adalah Tahun Baru bagi masyarakat TiongHoa pada hari dan bulan pertama penanggalan TiongHoa dan berakhir pada Cap Go Meh, yaitu pada tanggal ke lima belas saat bulan purnama. Perayaan Imlek ini dilakukan di daerah dengan populasi TiongHoa, dan dijadikan hari libur besar untuk orang TiongHoa, termasuk di Indonesia.


Kalau misalnya dulu perayaan Imlek dilakukan di rumah saja, sekarang perayaan Imlek sudah bisa dirasakan juga oleh masyarakat sekitar, selain warga Tionghoa. Berkumpul bersama keluarga biasa dilakukan di rumah anggota keluarga tertua ditemani dengan aneka masakan khas TiongHoa. Setiap hidangan yang disajikan juga mempunyai arti tertentu dan tentu saja, untuk membawa keberuntungan. Berikut daftar hidangan - hidangan tersebut.


  1. 1. Mie



Tidak hanya dimakan pada saat merayakan ulang tahun, mie juga menjadi makanan wajib pada hari raya Imlek karena melambangkan hidup yang panjang dan kemakmuran. Mie goreng yang disajikan The Duck King patut dicoba saat perayaan Imlek.


  1. 2. Kue Lapis Legit


Selain rasanya yang enak, kue lapis legit disajikan saat hari raya Imlek untuk melambangkan rezeki yang berlapis – lapis menyerupai bentuk dari kue lapis legit itu sendiri. Kalau ingin mencoba berbagai macam kue lapis, bisa mengunjungi Lapis Lapis yang mempunyai aneka rasa kue lapis yang cabang nya sudah banyak tersebar di Jakarta.


  1. 3. Olahan Babi

Tidak hanya rasanya yang menggugah selera, hidangan babi juga dipercaya sebagai pembawa keberuntungan karena diibaratkan seperti kantong yang dapat menampung banyak rezeki. Untuk menikmati babi panggang nan lezat, bisa mengunjungi restoran A Hwa di kawasan duta mas.


  1. 4. Ikan


Dalam bahasa Tionghoa kata ikan mempunyai lafal yang sama dengan kata “berkelimpahan”. Pada saat Imlek sendiri, olahan ikan harus disajikan secara utuh, tanpa meninggalkan kepala dan ekornya. Di Sin Sin Restaurant kamu bisa menikmati hidangan ikan yang disajikan utuh dan tentu saja dengan rasa yang lezat


  1. 5. Tang Yuan


Tang Yuan yang bisa diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu onde atau ronde, selain dimakan pada saat Winter Solstice Festival, juga menjadi makanan khas Imlek karena artinya yang melambangkan kebersamaan. Arti tersebut diambil berdasarkan bentuk tang yuan yang bulat. Untuk menikmati onde di Jakarta sudah cukup banyak yang menjajakannya, namun Fantasi Ronde termasuk tempat favorit untuk menikmati ronde. Selain onde atau ronde, makanan khas lain yang juga berbentuk bulat adalah jeruk mandarin, mungkin di Indonesia menyajikan jeruk mandarin saat merayakan Imlek sudah lebih biasa ketimbang makan onde atau ronde.


  1. 6. Jiao Zi

Jiao Zi yang mempunyai arti pangsit ini biasanya mempunyai isi campuran daging dan sayur. Hampir segala macam daging bisa dipakai, seperti babi cincang, sapi dan juga ayam. Cara memasaknya bisa dengan cara digoreng, dikukus, direbus atau dipanggang. Jiao Zi ini dibentuk menyerupai perahu seperti bentuk uang TiongKok zaman dahulu, sehingga bisa dikatakan jika menyantap banyak Jiao Zi saat Imlek, banyak rezeki pula yang bisa didapat di tahun yang baru. Jiao Zi biasa ditemukan di restoran yang menyajikan dimsum, seperti restoran Ah Yat Abalone.


  1. 7. Ayam atau Bebek


Menyajikan ayam atau bebek pada saat Imlek haruslah secara utuh, dengan kepala dan kaki yang masih ada. Hidangan tersebut melambangkan keharmonisan dari hubungan tiap anggota keluarga. Hidangan ayam atau bebek sangat lazim di restoran Tionghoa seperti Sin Sin Restaurant.


Nah, tidak heran kan setiap perayaan tahun baru Imlek selalu ada hidangan - hidangan diatas untuk disantap?


Restoran Terkait

The Duck King

Foto The Duck King
Foto The Duck King
Foto The Duck King

Lapis The Kitchen

Foto Lapis The Kitchen
Foto Lapis The Kitchen
Foto Lapis The Kitchen

Fantasi Ronde

Foto Fantasi Ronde
Foto Fantasi Ronde
Foto Fantasi Ronde

Ah Yat Abalone Forum Restaurant

Foto Ah Yat Abalone Forum Restaurant
Foto Ah Yat Abalone Forum Restaurant
Foto Ah Yat Abalone Forum Restaurant

Sin Sin Restaurant

Foto Sin Sin Restaurant
Foto Sin Sin Restaurant
Foto Sin Sin Restaurant

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?