Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Kue Khas Medan yang Tak Kalah Enaknya dari Kue Kekinian

List Artikel
9 November 2017 | 0 Komentar

Medan tak hanya terkenal akan duriannya, tapi juga beragam kue tradisional yang terbilang unik dan pastinya memiliki cita rasa lezat. Kue-kue tradisional khas Medan ini terbuat dari bahan-bahan tradisional seperti tepung beras, kelapa parut, gula merah, dan lain sebagainya. Proses pembuatan kue tradisional memang tergolong cukup rumit dan membutuhkan waktu memasak yang cukup lama. Tak heran jika kue-kue yang dihasilkan memiliki rasa yang tak kalah lezatnya dari kue-kue kekinian. Buat kamu yang kepengen tahu ada kue tradisional khas Medan apa saja yang bisa kamu icip, PergiKuliner sudah menyiapkan empat kue khas Medan di bawah ini buat kamu coba!

 

1. Bika Ambon


Sumber : pergikuliner.com


Bika Ambon merupakan kue khas Medan yang paling terkenal. Banyak yang mengira kalau bika ambon ini berasal dari Ambon, Maluku karena namanya, tapi sebenarnya kue ini asli berasal dari Medan. Bika Ambon memiliki warna kuning cerah yang sangat menggoda dengan tekstur unik yang berongga-rongga di dalamnya. Cita rasanya sangat manis dan legit. Biasanya kue ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh dan dijual dalam dalam bentuk satu loyang utuh berbentuk kotak persegi.

 

2. Ombus-ombus



Sumber: lihatresep.com


Ombus-ombus merupakan kue tradisional Medan yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, serta gula aren. Proses pembuatannya cukup mudah karena hanya perlu diaduk menjadi satu lalu didalamnya diberi isian gula aren, lalu dibungkus dalam daun pisang dan dikukus hingga matang. Kue lappet selalu muncul pada saat ada perayaan besar seperti upacara adat maupun pernikahan. Tapi jika ingin menyantapnya sewaktu-waktu, kamu bisa menemukan kue ini di pasar tradisional yang ada di kota Siborong-borong. Kue ini juga sering dijuluki dengan nama kue lappet Medan.

 

3. Itak Gurgur


Sumber: tempatwisataindonesia.id


Masih sama-sama berbahan dasar tepung beras, Itak gurgur memiliki campuran kelapa parut yang dominan serta tambahan gula pasir atau gula aren. Cara pembuatannya ini sangat mudah dan cukup unik karena setelah adonan tercampur rata, kamu harus mengepal-ngepal adonan dengan tangan lalu mengukusnya sebentar saja sehingga tekstur adonannya tidak terlalu lembut seperti ombus-ombus.  

 

4. Dolung-dolung

Sumber: @asmon_pardede


Dolung-dolung ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan kue lappet karena bahan pembuatannya juga terbuat dari tepung beras, kelapa parut, dan gula merah. Hanya saja dolung-dolung mencampur semua isian menjadi satu lalu membungkusnya dalam daun bambu dengan bentuk yang sangat unik sebelum dikukus hingga matang. Penjual dolung-dolung saat ini sangat langka karena untuk mendapatkan daun bambu terbilang cukup sulit. Jika tak ada daun bambu biasanya mereka menggantinya dengan daun kelapa.

 

Nah, sekarang sudah tahu kan kue khas Medan apa saja yang bisa kamu coba. Jadi kepingin makan kue-kue tradisional khas Indonesia lainnya? Mampir saja ke sini!

Omah Sendok

Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok

Pastel Istimewa Ma'Cik

Foto Pastel Istimewa Ma'Cik

Bakery Monami

Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami

Sylvie Bika Ambon Medan

Foto Sylvie Bika Ambon Medan
Foto Sylvie Bika Ambon Medan
Foto Sylvie Bika Ambon Medan

Toko Kue Vivi

Foto Toko Kue Vivi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?