Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Manfaat Makan Kurma Saat Berbuka Puasa!

List Artikel
14 Mei 2019 | 0 Komentar
Kurma adalah buah dari tanaman sejenis palem yang banyak tumbuh di wilayah Timur Tengah serta wilayah dengan curah hujan yang rendah. Walaupun demikian, saat bulan Ramadhan buah kurma merajalela di mana-mana, termasuk di Indonesia. Bulan Ramadhan memang identik dengan kurma sebagai salah satu hidangan berbuka favorit. Banyak orang menyarankan kita untuk makan kurma saat berbuka puasa.


Sumber : hellosehat.com

Memang ada apa sih dengan kurma? Ternyata, kurma memang memiliki beragam manfaat bagi tubuh manusia, khususnya bagi orang yang berpuasa. Berbagai kandungan nutrisi dalam kurma, seperti zat besi, kalsium, magnesium, selenium, serat, kalium, sukrosa, glukosa, dan fruktosa yang sangat cocok untuk kondisi tubuh manusia yang sedang berpuasa. Nah! Zat-zat tersebutlah yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Apa saja?

1. Mengendalikan Nafsu Makan
Kandungan gula yang ada pada kurma mampu mengembalikan energi dalam tubuh dengan cepat, sehingga mencegah kita untuk makan berlebihan saat berbuka puasa. Kurma juga dapat memberikan rasa kenyang dengan serat yang terkandung di dalamnya.

2. Menetralkan Sistem Pencernaan
Kurma dapat berfungsi untuk mengkondisikan sistem pencernaan kita yang selama beberapa jam kosong sehingga tak kaget dan berkontraksi. Kurma juga dapat merangsang sekresi enzim pencernaan sehingga membuat lambung kita siap untuk menerima makanan berat.

3. Meminimalisir Terjadinya Sembelit
Serat yang terdapat dalam kurma sangat baik untuk mencegah terjadinya sembelit. Umumnya, orang yang berpuasa akan lupa mengonsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang cukup sehingga kurma sangat membantu dalam memberikan asupan serat saat berpuasa.

4. Membunuh Bakteri
Dalam sebuah penelitian, terdapat beberapa jenis kurma yang berkhasiat sebagai antibiotik penisilin serta dapat membantu menyembuhkan infeksi lambung akibat bakteri.

5. Menurunkan Kolesterol
Manfaat terakhir kurma bagi tubuh kamu adalah kurma dipercaya mampu membantu menurunkan tingkat kolesterol jahat yang berbahaya untuk kesehatan jantung. 

Nah! Itu dia manfaat kurma yang baik untuk kesehatan kamu di bulan puasa ini. Selain kurma, kamu juga bisa berbuka dengan jenis buah yang lainnya lho. Dan buat kamu yang kepingin buka puasa bareng keluarga, kamu bisa kunjungi beberapa restoran di bawah ini dan juga kamu bisa lihat beberapa restoran yang memiliki paket Ramadhan yang bisa kamu lihat di fitur tematik "Mari Berbuka" dari PergiKuliner. 

Al Jazeerah Signature

Foto Al Jazeerah Signature
Foto Al Jazeerah Signature
Foto Al Jazeerah Signature

Warung Turki

Foto Warung Turki
Foto Warung Turki
Foto Warung Turki

Kila Kila by Akasya

Foto Kila Kila by Akasya
Foto Kila Kila by Akasya
Foto Kila Kila by Akasya

Clovia - Mercure Jakarta Sabang

Foto Clovia - Mercure Jakarta Sabang
Foto Clovia - Mercure Jakarta Sabang
Foto Clovia - Mercure Jakarta Sabang

Oma Seafood

Foto Oma Seafood
Foto Oma Seafood
Foto Oma Seafood

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?