Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Manfaat Mengunyah Makanan Selama 33 Kali!

List Artikel
14 Oktober 2019 | 0 Komentar

Makan menjadi hal wajib yang harus dilakukan oleh seseorang untuk bertahan hidup. Karena dari makanan, kamu bisa mendapatkan energi, gizi, serta vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi tahukah kamu kalau ternyata mengunyah makanan seharusnya dilakukan hingga 33 kali. Kita kerap kali makan dengan terburu-buru sehingga tidak mengunyah hingga 33 kali. Biasanya rata-rata orang hanya mengunyah makanan hingga 3-5 kali saja. Anjuran ini berlaku untuk semua kalangan usia, bukan hanya untuk anak-anak saja, tapi juga untuk remaja dan juga orang tua. Memangnya kenapa kita harus mengunyah makanan hingga 33 kali? Ternyata hal ini ada alasan di baliknya. Jika kamu mengunyah makanan selama 33 kali, akan ada banyak manfaat yang didapat oleh tubuh, yaitu:



Sumber : Pergikuliner.com


1. Membantu Pencernaan Lebih Baik

Manfaat pertama yang bisa kamu rasakan jika mengunyah makanan hingga 33 kali adalah bisa membantu pencernaanmu menjadi lebih baik. Hal ini dikerenakan makanan yang masuk ke dalam pencernaan sudah lumat sehingga bisa mengurangi beban sistem pencernaan menjadi lebih ringan. Sistem pencernaan berfungsi untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh, jadi kalau makanannya sudah lumat, maka sistem pencernaan tinggal melanjutkannya saja ke bagian usus halus.

 

2. Membuat Penyerapan Nutrisi Lebih Sempurna

Manfaat kedua dari mengunyah makanan hingga 33 kali adalah bisa membuat penyerapan nutrisi menjadi lebih sempurna. Berhubung makanan sudah dikunyah selama 33 kali, maka tekstur makanan menjadi lebih lebih lumat. Dengan begitu usus halus bisa menyerap nutrisi dengan lebih mudah. Penyerapan nutrisi ini dilakukan untuk memberikan asupan pada organ-organ yang ada pada tubuh. Penyerapan nutrisi akan menjadi lebih sempurna jika makanan yang masuk ke dalam usus halus sudah lumat.

 

3. Bisa Menurunkan Horman Ghrelin

Pernah mendengar hormon ghrelin? Hormon ini merupakan hormon yang berguna untuk menurunkan nafsu makan. Jadi cara kerja dari hormon ghrelin adalah dengan mengirimkan sinyal kenyang pada otak sehingga tubuh tidak menginginkan makanan lagi. Jadi ketika kamu mengunyah makanan dengan perlahan-lahan selama 33 kali, maka tubuh akan diberi sinyal secara otomatis apakah perut sudah merasa kenyang atau belum. Tapi jika kamu menyantap makanan dengan terburu-buru dan langsung menelannya tanpa mengunyah selama 33 kali, maka tubuh tidak bisa mendapat sinyal kenyang tersebut dan akibatnya, nafsu makan tidak bisa dikontrol.

 

4. Bisa Membuat Berat Badan Tubuh Lebih Stabil

Masih ada kaitannya dengan manfaat mengunyah makanan selama 33 kali di atas, kamu juga bisa membuat berat badan tubuh menjadi lebih stabil. Kenapa bisa demikian? Karena dengan mengunyah makanan selama 33 kali, kamu pasti akan makan dengan perlahan dan hormon ghrelin bisa berfungsi dengan baik untuk mengirimkan sinyal kenyang pada tubuh. Selain itu tubuh juga akan merasa cepat kenyang karena makanan yang masuk sudah lumat dan bisa langsung dicerna oleh tubuh.

 

5. Membuat Gigi Menjadi Lebih Kuat

Manfaat terakhir dari mengunyah makanan selama 33 kali adalah bisa membuat gigi menjadi lebih kuat. Sudah ada banyak penelitian yang membuktikan hal ini. Gigi berguna untuk memotong dan mengunyah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dengan mengunyah makanan lebih lama, pastinya gigi akan mengunyah lebih lama dan gigi bisa terasah lebih baik lagi. Terutama jika kamu mengunyah makanan yang bertekstur agak keras seperti buah dan sayuran. Pastinya kekuatan gigi menjadi lebih kuat.

 

Itulah beberapa manfaat dari mengunyah makanan selama 33 kali. Sekarang kamu sudah tahu kan? Yuk, langsung praktekkan aja di salah satu tempat makan enak di bawah ini!

Penang Hawker

Foto Penang Hawker
Foto Penang Hawker
Foto Penang Hawker

Kambing Babeh Dolof

Foto Kambing Babeh Dolof
Foto Kambing Babeh Dolof
Foto Kambing Babeh Dolof

Kwetiaw Sapi Seafood Akhiang 79

Foto Kwetiaw Sapi Seafood Akhiang 79
Foto Kwetiaw Sapi Seafood Akhiang 79
Foto Kwetiaw Sapi Seafood Akhiang 79

Bebek Bengil

Foto Bebek Bengil
Foto Bebek Bengil
Foto Bebek Bengil

Gudeg Sagan

Foto Gudeg Sagan
Foto Gudeg Sagan
Foto Gudeg Sagan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?