Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Pengaruh Warna-warna Makanan pada Selera Makanmu!

List Artikel
14 Agustus 2015 | 0 Komentar

Makanan apa sih yang paling menggugah selera makan kamu? Makanan Eropa, Asia, atau Indonesia? Terlepas dari jenis dan asal makanan tersebut, kamu tahu tidak kalau warna makanan yang tersaji di atas piring kamu itu ada pengaruhnya terhadap selera makan? Makanan pada dasarnya bukan hanya soal rasa dan kenikmatan saja, tapi juga soal presentasi visual. Jadi, tampilan visual pada sajian makanan itu sangat penting untuk menggugah selera makan.

 

Sebuah warna makanan bisa mewakilkan kualitas dan rasa makanan tersebut sebelum kamu makan. Warna makanan akan menunjukkan tingkat kematangan dan kesegaran makanan. Dari segi psikologi, warna berpengaruh kuat pada emosi dan nafsu makan kamu karena tubuh kita sebagian besar bergantung pada indra penglihat untuk mengirimkan sinyal ke otak sebelum sampai pada indra perasa.

 

Penasaran kan sama pengaruh warna pada makanan terhadap selera makan kamu? Di bawah ini ada beberapa warna yang sering wara-wiri di atas piring saji kamu. Warna-warna tersebut tentunya punya pengaruh tersendiri pada selera makan kamu. Check this out!


Warna Merah



Sumber: GFFI Fitness


Makanan yang berwarna merah punya pengaruh meningkatkan selera makan yang lebih tinggi dibanding warna lain. Warna merah dalam makanan ini berhubungan dengan adanya perasaan intim, gairah, dan energi. Coba saja kamu makan cabai atau makanan pedas, pasti nafsu makan kamu akan langsung bertambah. 

 

Warna Hijau



Sumber: Zhubnete Online


Warna hijau selalu melambangkan keindahan alam yang membuat kesan kalau makanan yang berwarna hijau ini terkait dengan makanan sehat, organic, dan memiliki efek yang menenangkan tubuh. Tak heran kalau orang diet biasanya merasa lebih aman ketika mereka menyantap makanan berwarna hijau seperti sayuran.  

 

Warna Orange



Sumber: Berkeley


Makanan berwarna orange diyakini bisa merangsang seseorang secara mental. Orange adalah warna makanan yang mampu memberikan efek hangat dan menenangkan. Warna orange juga dapat mengubah mood kamu jadi lebih baik. Jadi, kalau lagi badmood, kamu bisa makan makanan yang berwarna orange.

 

Warna Kuning



Sumber: Wellsphere


Kuning adalah warna yang identik dengan kecerahan serta keceriaan. Warna kuning dapat meningkatkan konsentrasi dan juga menyegarkan tubuh. Tak jauh berbeda dengan warna merah, warna kuning juga dapat merangsang nafsu makan kamu. Warna kuning dalam makanan juga dapat menimbulkan efek mengenyangkan.

 

Nah, itu tadi beberapa pengaruh warna dalam makanan terhadap selera makan kamu. Warna apa yang jadi favoritmu?



Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?