Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Tips Membuat Nasi Goreng ala Pedagang Nasgor Tek-Tek!

List Artikel
12 Mei 2019 | 0 Komentar
Nasi goreng merupakan kuliner khas Indonesia yang bisa dijumpai di berbagai pelosok daerah nusantara. Hal ini dikarenakan nasi goreng sangat mudah dibuat dan bahan-bahannya juga bisa dijumpai di mana saja. Bahan utama pembuat nasi goreng khas Indonesia adalah bawang putih, bawang merah, cabai, kecap, dan nasi putih. Meski kelima bahan utama tersebut wajib ada saat membuat nasi goreng, tapi ada bahan-bahan tambahan lainnya yang biasanya ditambahkan dalam nasi goreng sehingga membuat cita rasanya jadi berbeda-beda. Tapi dari sekian banyak nasi goreng yang ada di Indonesia, nasi goreng tek-tek adalah nasi goreng terlezat yang bisa dikatakan susah untuk dibuat. Nasi goreng tek-tek merupakan nasi goreng yang dijual di pedagang kaki lima pinggir jalan dengan menggunakan gerobak. Buat kamu yang penasaran ingin mencoba membuat nasi goreng tek-tek ala pedagang kaki lima, PergiKuliner akan membagi tipsnya untuk kamu, yaitu:

Sumber: PergiKuliner.com


Pilih Nasi Pera yang Dingin
Kunci utama ketika membuat nasi goreng tek-tek adalah pemilihan nasi yang pera. Nasi pera ini memiliki tekstur yang sedikit kering alias tidak lembek. Biasanya nasi yang digunakan bukan dari beras yang berkualitas tinggi. Nasi pera yang digunakan haruslah dalam keadaan dingin. Coba saja kamu lihat para pedagang nasi goreng tek-tek, apakah mereka pernah menggunakan nasi yang diambil dari rice cooker? Semua nasi yang digunakan oleh pedagang nasi goreng tek-tek selalu diambil dalam wadah atau keranjang nasi. Nasi pera yang dingin bisa membuat tekstur nasi goreng tidak lembek dan bumbu bisa tercampur dengan rata.

Gunakan Api yang Besar dan Wajan Besar yang Panas
Tips selanjutnya ketika ingin membuat nasi goreng tek-tek ala pedagang kaki lima adalah gunakan api yang besar dan wajan berukuran besar yang panas. Penggunaan api yang besar ditujukan supaya aroma dari bumbu akan lebih keluar. Para pedagang nasi goreng tek-tek biasanya akan terus menggunakan api yang besar saat menumis bumbu hingga memasukkan nasi. Jika nasi dan bumbu sudah tercampur rata dan beraroma wangi, maka mereka akan mengecilkan apinya. Begitu pula wajan berukuran besar yang panas, memang sengaja digunakan supaya bisa lebih mudah mengaduk nasi dengan bumbu dan membuat nasi goreng cepat matang tanpa perlu menunggu lama.

Penggunaan Minyak Bawang Putih
Tahukah kamu kalau dalam pembuatan nasi goreng ada satu bahan yang jarang diketahui orang banyak yakni adanya penggunaan minyak bawang putih. Minyak bawang putih ini memang tidak bisa dibeli di pasaran karena kamu harus membuatnya sendiri di rumah. Untuk membuatnya, cukup campurkan beberapa siung bawang putih yang digeprek dan dicampurkan ke dalam minyak goreng atau minyak kelapa. Campuran ini harus didiamkan antara 1-2 hari agar minyak goreng bisa memiliki aroma bawang putih.

Itulah beberapa tips jika kamu ingin membuat nasi goreng tek-tek. Tapi kalau kamu malas membuatnya, maka kamu bisa menyantapnya di salah satu tempat makan di bawah ini!

Nasi Goreng Gila Khas Jakarta

Foto Nasi Goreng Gila Khas Jakarta

Nasi Goreng Batavia

Foto Nasi Goreng Batavia
Foto Nasi Goreng Batavia

Kedai Ndoro Ayu Dewi

Foto Kedai Ndoro Ayu Dewi
Foto Kedai Ndoro Ayu Dewi

Onni House

Foto Onni House
Foto Onni House

Momentum

Foto Momentum
Foto Momentum
Foto Momentum

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?