Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Tips Menikmati Espresso Buat Pemula

List Artikel
28 Maret 2017 | 0 Komentar

Espresso merupakan salah satu minuman kopi terfavorit di dunia yang banyak digemari para lelaki. Espresso dihasilkan dari biji kopi hitam yang sudah digiling lalu diproses menggunakan mesin bertekanan khusus untuk menghasilkan ekstrak. Teknik pembuatan inilah yang membedakan espresso dengan brewed coffee. Menurut sejarah, espresso pertama kali dibuat di Italia pada tahun 1901. Banyak orang yang ragu untuk meminum espresso karena takut menyebabkan jantung mereka berdebar karena kafeinnya yang tinggi, padahal hal tersebut tidak semuanya benar. Espresso dengan takaran rasio yang benar, tidak akan membuat jantung kamu berdebar. Jadi, semua itu tergantung pada bagaimana barista di tempatmu meracik takaran espresso untukmu. Menyesap espresso tak seperti menikmati kopi hitam biasanya. Ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan agar kamu bisa lebih menikmati espresso yang kamu pesan.




Sumber: pergikuliner.com

 

Espresso Harus Dibuat Cepat

Sesuai dengan namanya, espresso berarti espress alias cepat. Kopi ini memang harus dibuat langsung dengan cepat saat kamu memesannya. Secara tradisional, espresso dibuat dengan menggunakan 7 gram bubuk kopi dan dibuat dalam waktu hanya 25 detik. Biasanya saat memesan espresso ini, kamu akan memilih meja yang berada di dekat barista sehingga kamu bisa bercakap-cakap saat barista sedang membuat kopimu.

 

Harus Segera Diminum

Namanya juga espress, selain harus dibuat dengan cepat, juga harus diminum dengan cepat. Sangat penting buat kamu untuk dapat menikmati espressi saat cremanya masih ada. Crema ini adalah lapisan buih creamy di bagian atas espresso yang berwarna cokelat kemerahan. Crema berfungsi untuk menutupi espresso agar aroma wanginya tetap terjaga. Sayangnya, crema ini menghilang dengan cepat. Itulah sebabnya jika kamu ingin menikmati kenikmatan menyeruput espresso, kamu harus segera meminumnya saat disajikan. Jangan meminum espresso yang tidak ada cremanya. Espresso tanpa crema ini memiliki kemungkinan kalau espresso sudah dibuat lama dan kamu bisa minta menggantinya pada barista.

 

Cara Meminum Espresso

Langkah pertama saat kamu ingin meminum espresso adalah bersihkan terlebih dahulu langit-langit mulutmu dengan air putih agar indra perasamu bisa merasakan dengan baik kenikmatan espresso. Kemudian ciumlah aroma espresso dalam satu tarikan nafas yang panjang. Aromanya bisa membuat pikiranmu lebih jernih. Crema yang ada pada espresso inilah yang memiliki citarasa paling pahit dan tawar, jadi kamu harus coba untuk menyeruput bagian atas espresso yang memiliki crema paling banyak.  Tapi jika kamu tak kuat dengan citarasa pahit crema, kamu bisa mengaduknya agar menyatu rata. Setelah itu, baru minumlah espresso dalam dua atau tiga tegukan karena citarasa espresso akan berubah dalam beberapa detik. Kamu bisa mengujinya dengan melakukan jeda 15 detik dari tegukan pertama dan tegukan kedua.

 

Jangan Ditambahkan Sesuatu

Espresso haruslah dinikmati begitu saja. Tanpa tambahan gula, susu apalagi cream. Jika kamu menambahkan susu ke dalamnya, itu akan menjadi macchiacco. Jika kamu menambahkan air, maka akan menjadi americano. Dan jika kamu menambahkan es krim vanilla, maka akan menjadi affogato. Jadi, menambahkan sesuatu pada espresso, itu akan menjadikannya varian kopi yang lain.

 

Waktu Menikmati Espresso

Di Italia, espresso biasa diseruput saat pagi hari, yakni sebelum pukul 11.00. Sebenarnya kamu bisa menikmati espresso kapan saja. Biasanya orang Italia akan menyeruput espresso dengan ditemani pastry sambil bercakap-cakap untuk mengawali hari. 


Nah, sudah tahu kan tips dan trik menikmati espresso agar cita rasa espresso tidak berubah dan tetap enak? Kamu jadi tertarik untuk mencoba minum espresso? Langsung aja datang ke coffee shop rekomendasi tim PergiKuliner di bawah ini!

Seulawah Coffee

Foto Seulawah Coffee
Foto Seulawah Coffee

Coarse & Fine Coffee

Foto Coarse & Fine Coffee
Foto Coarse & Fine Coffee
Foto Coarse & Fine Coffee

1/15 One Fifteenth Coffee

Foto 1/15 One Fifteenth Coffee
Foto 1/15 One Fifteenth Coffee
Foto 1/15 One Fifteenth Coffee

Doppio Coffee

Foto Doppio Coffee
Foto Doppio Coffee
Foto Doppio Coffee

But First Coffee

Foto But First Coffee
Foto But First Coffee
Foto But First Coffee

Mau tau lebih banyak coffee shop yang ada di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek Pergikuliner.com aja! Dan jangan ragu untuk menulis review menarik tentang pengalaman kuliner kamu!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?