Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Trik Agar Sambal Tidak Mudah Basi!

List Artikel
18 Desember 2019 | 0 Komentar

Sambal merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang terbuat dari bahan dasar cabai sehingga citarasanya pedas. Berhubung masyarakat Indonesia sangat suka dengan kuliner pedas, maka sambal sangat cocok dijadikan sebagai makanan pendamping nasi serta aneka kuliner Indonesia lainnya. Ada banyak varian sambal di Indonesia, hal ini dikarenakan masing-masing-masing daerah di Indonesia punya sambal khasnya sendiri. Misalkan saja di Bali ada sambal matah, di Manado ada sambal dabu-dabu, di Jawa Barat ada sambal dadak, di Jawa Timur ada sambal terasi, dan masih banyak lagi. Meski ada banyak varian, sambal sebenarnya hanya terbagi menjadi dua jenis, yakni sambal matang dan mentah. Untuk sambal mentah harus segera langsung disantap karena cepat basi, sementara untuk sambal matang bisa disimpan lebih lama karena semua bahan-bahan yang digunakan sudah dimasak. Meski demikian, jika tidak benar menyimpannya, sambal matang juga bisa cepat basi. Tapi tenang dulu Teman PergiKuliner karena ada beberapa trik yang bisa kamu gunakan supaya sambalmu tidak cepat basi, yaitu:



Sumber : Pergikuliner.com 


1. Hangatkan Kembali Saat Sampai di Rumah

Saat membeli sambal, usahakan untuk menghangatkannya lagi di rumah. Meski sambal tersebut dijual dalam kemasan wadah kaleng atau toples, kamu tetap harus menghangatkannya lagi. Masak sambal hingga mengeluarkan minyak karena dengan begitu, kadar air dalam sambal bisa hilang dan minyak yang keluar dari cabai ini tandanya sambal sudah benar-benar matang. Jangan lupa untuk menggunakan api kecil supaya sambal tidak mudah gosong.   

 

2. Masukkan dalam Wadah Kedap Udara

Setelah dihangatkan, kamu bisa memasukkannya dalam wadah kedap udara. Sambal yang dimasukkan dalam wadah kedap udara bisa mencegahnya cepat basi karena tidak terpapar dengan suhu udara luar serta . Tapi ingat, tunggu sambal dingin terlebih dahulu baru kamu bisa menutupnya. Jika menutup sambal yang baru saja dihangatkan, maka akan muncul embun yang bisa menyebabkan sambal mudah basi.

 

3. Simpan dalam Kulkas

Jika sudah dingin atau suhu sambal sudah berada di suhu ruangan, untuk membuatnya tidak mudah basi, kamu bisa menaruh sambal yang sudah dimasukkan dalam wadah kedap udara di lemari pendingin atau kulkas. Dengan menyimpannya dalam kulkas, sambal bisa bertahan hingga seminggu. Tapi jika tidak dimasukkan kulkas, sambal bisa bertahan hingga 3-4 hari saja. Saat akan menyantapnya, kamu bisa mengeluarkannya terlebih dahulu sejam sebelumnya sehingga suhunya bisa sama dengan suhu ruangan.

 

4. Jangan Mencampur Sendok Saat Mengambil

Trik yang terakhir agar sambal yang kamu beli tidak mudah basi adalah jangan mencampur sendoknya dengan sendok lain saat akan mengambilnya. Gunakan sendok baru saat akan menyedok sambal. Jika menggunakan sendok lama, maka bakteri atau kotoran yang menempel pada sendok bisa mengontaminasi sambal milikmu sehingga mudah basi. Jadi selalu pastikan untuk menggunakan sendok baru yang bersih ya!

 

Itulah beberapa trik agar sambal yang sudah kamu beli tidak mudah basi. Semoga informasi di atas bisa berguna untukmu ya! Buat kamu si pecinta pedas, bisa coba cicipi aneka makanan di salah satu tempat di bawah ini ya!

Daging Asap Sambal

Foto Daging Asap Sambal
Foto Daging Asap Sambal
Foto Daging Asap Sambal

Warung MJS

Foto Warung MJS
Foto Warung MJS
Foto Warung MJS

The People's Cafe

Foto The People's Cafe
Foto The People's Cafe

Ayam Bebek Mafia

Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia

Geprek Bensu

Foto Geprek Bensu
Foto Geprek Bensu
Foto Geprek Bensu

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?