Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Fakta Unik Boba yang Usianya Sudah Mencapai 29 Tahun!

List Artikel
2 Agustus 2019 | 0 Komentar

Ayo siapa di antara kamu yang belum pernah mencicip boba? Boba sebenarnya merupakan bola-bola kenyal yang terbuat dari bahan dasar tepung tapioka. Boba pada dasarnya memiliki warna yang kehitaman, tapi ada juga boba yang memiliki warna bening atau warna-warni. Bola-bola kenyal ini memang sangat tenar dan populer beberapa bulan belakangan ini dan bisa kamu jumpai pada minuman hingga makanan. Mulai dari minuman es kopi susu, thai tea, milk tea, hingga dipadukan dengan makanan seperti cake boba, roti panggang boba, mie instan boba dan lain sebagainya. Berhubung kuliner ini sudah merajalela di Indonesia, pernahkah terpikirkan olehmu kalau sebenarnya boba ini ternyata sudah ada sejak 29 tahun lalu? Lho, bukannya baru populer belakangan ini?



 Sumber : Pergikuliner.com


Jika kita perhatikan dari segi silsilah alias sejarah keberadaan boba ini, boba memang pertama kali muncul di Taiwan. Pada saat itu boba yang merupakan mutiara-mutiara bulat ini terbuat dari ekstrak singkong asal Amerika Serikat. Tanaman singkong masuk ke Taiwan dari Brazil melalui Asia Tenggara. Orang yang pertama kali membuat boba adalah Tu Tsong He yang merupakan pemilik utama dari Hanlim Teahouse. Tapi pada saat itu, boba yang disajikan pada minuman ini adalah boba yang berwarna putih karena memang bahan utama tapiokanya berwarna putih. Teksturnya pun agak keras dan rasanya sangat hambar. Inilah alasan utama kenapa masyarakat pada masa itu tidak terlalu tertarik pada minuman boba. Kemudian Tsu Tsong He mengganti boba putih miliknya menjadi warna hitam. Warna hitam ini dihasilkan dari sirup karamel manis yang dimasak berjam-jam. Inilah cikal bakal boba hitam yang kita kenal saat ini.



 Sumber : Pergikuliner.com


Pada tahun 1990-an, boba baru mulai dikenal oleh masyarakat Asia dan keberadaannya pun menyebar di berbagai negara Asia. Tapi meskipun sudah mulai dikenal, lantas bukan berarti boba bisa terkenal dengan mudah. Tak sedikit masyarakat yang sudah mencoba sekali minuman boba, memutuskan untuk tidak membelinya lagi dikarenakan cita rasanya memang biasa saja alias tidak ada sesuatu yang menarik. Melihat pasar boba yang terus menurun, para pemilik gerai minuman boba pun mulai berinovasi supaya minuman mereka tetap dicintai oleh masyarakat. Kemudian lahirlah minuman boba dengan brown sugar yang kita kenal saat ini. Tren brown sugar memang sebelumnya pernah melanda dunia perkopian. Melihat kesuksesan es kopi susu yang dipadu dengan gula aren, maka para pemilik gerai minuman boba pun mulai berinovasi untuk menciptakan minuman boba dengan campuran brown sugar.



 Sumber : Pergikuliner.com


Minuman boba pertama yang menggunakan brown sugar adalah Tiger Sugar yang gerainya pertama kali dibuka di Taichung, Taiwan pada tahun 2017. Minuman ini pun langsung terkenal karena tampilannya yang terlihat cantik difoto karena ada gradasi warna antara susu, brown sugar dan juga boba. Ditambah lagi cita rasanya yang legit karena ada brown sugar. Bisa dikatakan kalau Tiger Sugar merupakan minuman generasi kedua dari boba milk tea. Berhubung cita rasa brown sugar sudah sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia, jadi tak heran ketika Tiger Sugar membuka cabangnya di Indonesia, minuman ini pun langsung mendapat tempat tersendiri di lidah masyarakat Indonesia.

 

Jadi bisa dikatakan, alasan boba bisa bertahan hingga 29 tahun ini adalah karena adanya inovasi yang terus dilakukan tanpa henti sehingga penikmatnya tidak pernah merasa bosan. Sekarang kamu sudah tahu kan alasannya? Nah, buat yang ingin menyantap boba kekinian ini, kamu bisa mampir ke salah satu gerai boba yang ada di bawah ini saja yuk!

Tiger Sugar

Foto Tiger Sugar
Foto Tiger Sugar
Foto Tiger Sugar

Benedict

Foto Benedict

Diagon Alley

Foto Diagon Alley
Foto Diagon Alley
Foto Diagon Alley

Fat Bubble

Foto Fat Bubble

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?