Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Jajanan Jawa Timur yang Tak Kalah Enaknya dengan Makanan Modern

List Artikel
9 Januari 2018 | 1 Komentar

Meski kue modern semakin digemari, tapi ternyata jajanan khas Indonesia masih tetap berjaya. Sebut saja jajanan tradisional yang dimiliki Jawa Timur. Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak ragam kuliner mulai dari makanan, minuman, hingga jajanan tradisional yang pastinya banyak diburu oleh para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Ada banyak sekali jajanan tradisional khas Jawa Timur yang enaknya tak kalah dari kue modern.  PergiKuliner sudah merangkum sembilan jajanan tradisional khas Jawa Timur yang paling terkenal di Indonesia, yaitu:

 

1. Brem 


Sumber: indonesiakaya.com


Brem yang berasal dari kota Madiun ini memiliki citarasa manis asam karena terbuat dari sari tape ketan yang diolah dengan teknik khusus lalu dibentuk menjadi kotak-kotak setebal 1-2 cm. Brem sangat diminati anak muda karena mampu menghilangkan jerawat dan meremajakan kulit.

 

2. Wingko Babat

Sumber: indonesiakaya.com


Wingko babat yang merupakan jajanan khas Lamongan ini terbuat dari tepung ketan, kelapa parut kasar, air kelapa, garam, gula pasir, serta margarin lalu dibentuk bulat-bulat dan dipanggang atau dibakar. Kelapa yang digunakan haruslah kelapa setengah tua agar memiliki tekstur yang agak tebal namun tetap juicy.  

 

3. Madu Mongso

Sumber: cookpad.com


Jajanan tradisional yang satu ini tak pernah absen saat perayaan hari raya seperti Idul Fitri di Jawa Timur. Madu mongso terbuat dari ketan hitam yang diolah menjadi tape melalui proses fermentasi lalu ditambahkan gula, santan, dan nanas yang telah dihancurkan menjadi selai. Madu mongso yang sudah matang dan dingin dibungkus dengan kertas warna-warni yang menjadikan tampilannya tampak lebih menarik.

 

4. Jenang  Mirah

Sumber: negerikuindonesia.com


Jenang mirah bisa dengan mudah kamu jumpai di Ponorogo. Bahan utama pembuatnya adalah beras ketan, gula, kelapa parut halus serta santan kelapa. Jajanan tradisional yang satu ini tidak menggunakan bahan pengawet sehingga hanya bisa bertahan beberapa hari tapi cita rasanya yang manis legit pasti membuat kamu cepat menghabiskannya.

 

5. Opak Gambir

Sumber: apasajadah.com


Opak gambir yang berasal dari Blitar ini terbuat dari telur, tepung beras, garam, gula pasir, santan, kayu manis bubuk, serta minyak goreng. Opak gambir memiliki tekstur yang garing dengan citarasa gurih yang kaya akan rempah. Wangi kayu manis yang bercampur dengan santan membuat aromanya sangat menggoda.

 

6. Getuk Pisang


Sumber: resepmasakan.com


Getuk pisang yang berasal dari Kediri ini memang tergolong jajanan tradisional yang cukup langka karena cuma bisa kamu temui di Kediri dan kota-kota di sekitarnya. Sesuai dengan namanya, getuk pisang ini terbuat dari pisang raja nangka yang telah dihancurkan, gula pasir serta garam lalu dibungkus dalam daun pisang dan dikukus hingga matang. Cita rasanya manis dan teksturnya sangat padat namun lembut.

 

7. Keripik Apel

Sumber: okezone.com


Jika ditanya oleh-oleh apa yang khas dari Malang, jawabannya adalah keripik apel. Jajanan dengan tekstur garing ini tak pernah absen dari daftar oleh-oleh kota Malang. Keripik apel terbuat dari apel hijau yang menjadi ikon kota Malang. Apel yang sudah dicuci bersih lalu direndam dalam air selama kurang lebih 30 menit baru kemudian digoreng hingga garing selama lebih dari satu jam.

 

8. Kue Geti

Sumber: tulungagungtourism.com


Jajanan tradisional khas kota Tulungagung ini sangat cocok dijadikan camilan sehat. Pasalnya kue geti terbuat dari biji wijen putih dan kacang tanah yang disangrai lalu diaduk bersama dengan rebusan gula merah baru kemudian dicetak kotak dan didiamkan hingga kering. Agar aromanya lebih wangi, ada yang menambahkan kayu manis atau cengkeh dalam rebusan gula merah.

 

9. Kue Manco

Sumber: tokopedia.com


Kue manco asal Trenggalek ini memiliki tekstur yang sangat garing di luar namun empuk di dalam. Kue manco terbuat dari beras ketan, tepung ketan yang diolah sendiri, biji wijen, dan gula merah. Proses pembuatannya sangat rumit dan memakan waktu yang cukup lama, namun citarasanya sangat gurih dan manis sehingga membuat kamu ketagihan.


Nah! Sudah tau kan ternyata jajanan khas Jawa Timur tidak kalah enaknya dari kue-kue modern lho. Dan sekarang, kamu cobain dulu yuk aneka camilan yang ada di Jawa Timur di tempat-tempat ini!

Lapis Kukus Surabaya

Foto Lapis Kukus Surabaya
Foto Lapis Kukus Surabaya

Bon Ami Bakery

Foto Bon Ami Bakery

Lapis Kukus Pahlawan

Foto Lapis Kukus Pahlawan

Kue Lumpur Galaxy

Foto Kue Lumpur Galaxy

Toko Kue Ny. Yasin Zein

Foto Toko Kue Ny. Yasin Zein

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Postingannya menambah wawasan saya
fajarsandy424@gmail.com | 21 Dec 2018 pk. 09:25 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?