Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Jajanan Khas Bali Buat Rayakan Hari Raya Nyepi

List Artikel
7 Maret 2019 | 0 Komentar

Indonesia adalah negara yang memiliki aneka ragam suku, budaya, dan agama. Kita dapat hidup dengan rukun dan damai karena tingginya tingkat toleransi antar agama yang menyebabkan agama yang diakui negara bisa merayakan Hari Raya mereka dengan aman. Beberapa hari lagi, umat Hindu akan merayakan Hari Raya Nyepi yang merupakan perayaan setiap tahun baru Saka yang menjadi tahun di mana para Dewa sedang disucikan. Nyepi berasal dari kata sepi atau sunyi, jadi tidak seperti perayaan tahun baru yang meriah pada umumnya, Hari Raya Nyepi justru dilakukan dengan tidak melakukan aktivitas fisik sama sekali. Bali yang menjadi salah satu daerah di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragam Hindu selalu menjadi sorotan saat Hari Raya Nyepi. Buat kamu yang penasaran dengan jajanan apa yang biasa disajikan saat Hari Raya Nyepi, PergiKuliner sudah punya list jajanan khas Bali di bawah ini!


1. Jaje Batun Bedi


Sumber : Balialternative.com


Sekilas jajanan yang satu ini memang mirip dengan kolak biji salak khas Betawi, tapi keduanya memiliki sedikit perbedaan. Jaje batun bedi selalu disajikan satu hari sebelum perayaan Hari Raya Nyepi yang dinamakan Pengerupukan. Jaje batun bedi terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan tepung kanji lalu diuleni hingga kalis dan dibentuk bulat-bulat pipih baru kemudian direbus dengan gula aren hingga matang. Jaje batun bedi ini disajikan dengan taburan kelapa parut muda di atasnya.

 

2. Jaje Laklak


Sumber : Bacaterus.com


Jaje laklak adalah makanan kedua yang memiliki aroma wangi dari saun suji dan daun pandan serta rasa manis yang didapat dari gula aren. Bentuknya menyerupai kue lumpur, tapi agak lebih kecil. Jaje laklak terbuat dari campuran tepung beras, tepung terigu, baking powder, air kapur sirih, air daun suji dan pandan, air, dan garam. Setelah semua bahan tercampur rata, adonan dicetak dengan cetakan khusus hingga matang. Jaje laklak disajikan dengan parutan kelapa muda dan kinca atau saus yang terbuat dari gula aren yang direbus bersama daun pandan dan buah nangka.

 

3. Jaje Lukis


Sumber : Sashylittlekitchen.com


Jaje lukis atau yang juga dikenal sebagai jaje segitiga ini memang bentuknya mirip dengan kue lupis, tapi jaje lukis bentuknya jauh lebih kecil. Jaje lukis terbuat dari campuran beras ketan putih, air kapur sirih, dan garam yang kemudian dicetak dengan cara dibungkus dengan daun pisang menyerupai segitiga lalu dikukus hingga matang. Sama seperti jaje laklak, jaje lukis disajikan dengan kuah kinca dan taburan kelapa parut. Beberapa daerah di Bali mencapur beras ketan putih dengan beras ketan hitam agar warnanya tidak pucat.

 

4. Jaje Pisang Rai


Sumber : Resepjajananbali.com 


Jaje pisang rai menjadi jajanan khas Bali yang memiliki rasa yang gurih dan tidak terlalu manis dengan perpaduan tekstur lembut dan kenyal. Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini terbuat dari pisang. Jenis pisang yang digunakan adalah jenis pisang kepok karena teksturnya yang padat dan tidak mudah lembek. Cara membuatnya cukup mudah yakni pisang dilapisi adonan yang terbuat dari campuran tepung beras, tepung kanji, garam, air kapur sirih, dan air daun suji. Setelah dibalur dengan lapisan adonan, pisang kemudian dikukus hingga matang kemudian digulingkan dalam parutan kasar kelapa yang sudah tua.

 

5. Jaje Jongkong


Sumber : Hesti-myworkofart.blogspot.co.id


Terakhir ada jaje jongkong yang yang memiliki tekstur yang lembut dan legit saat masuk ke dalam mulut kamu. Jaje jongkong terbuat dari tepung beras, gula pasir, santan kental, garam, air kapur sirih, abu merang halus, daun suji, dan daun pandan. Adonan dibagi menjadi dua bagian, yakni yang menggunakan daun suji untuk warna hijau dan abu merang halus untuk warna ungu agak kehitaman. Setelah itu, adonan dikukus secara berlapis-lapis sehingga membentuk lapisan yang cantik. Masyarakat Bali biasanya menggunakan tepung beras yang baru ditumbuk atau dibuat sendiri sehingga citarasanya masih alami. 


Sudah tau kan apa saja jajanan khas Bali yang disajikan saat hari Raya Nyepi? Mau juga menyicipi jajanan khas Bali dan Indonesia lainnya? Yuk kunjungi toko kue tradisional rekomendasi PergiKuliner di bawah ini! Dan tidak lupa PergiKuliner mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi bagi teman PergiKuliner yang merayakan.

RoCA Restaurant - Artotel Jakarta

Foto RoCA Restaurant - Artotel Jakarta

Toko Kue Vivi

Foto Toko Kue Vivi

Delicious Bakery

Foto Delicious Bakery

Dandy Bakery

Foto Dandy Bakery
Foto Dandy Bakery

Pastel Istimewa Ma'Cik

Foto Pastel Istimewa Ma'Cik

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?