Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Manfaat Menyantap Beras Merah Bagi Tubuhmu!

List Artikel
10 Februari 2019 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang menyantap beras merah sebagai pengganti nasi putih sebagai santapan sehari-hari? Kepopuleran beras merah memang tidak kalah dibanding beras putih karena sering disantap oleh orang-orang yang sedang berdiet. Beras merah memiliki tekstur yang lebih kasar dibanding beras putih dan rasanya cenderung lebih hambar alias tidak ada rasanya sama sekali. Berbeda dengan beras putih yang ketika dimasak akan mengeluarkan aroma wangi menggoda dan juga memiliki citarasa manis yang lezat. Di balik cita rasanya yang hambar, ternyata beras merah ini menyimpan beberapa manfaat yang perlu kamu ketahui, yaitu:


 Sumber : Travelingyuk.com


1. Gula Darah Lebih Terkontrol
Manfaat yang paling berasa adalah beras merah bisa mengontrol kadar gula darah dalam dirimu karena beras merah memiliki indeks glikemik yang sangat rendah. Semakin rendah kadar glikemik pada bahan makanan, maka semakin kecil juga kadar gulanya. Selain itu, indeks glikemik yang rendah ini bisa mengatur produksi insulin. Berdasarkan alasan inilah, para penderita diabetes diharuskan untuk mengganti penggunaan beras putih dengan beras merah.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol
Manfaat selanjutnya adalah menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Beras merah mengandung asam gamma aminobutyric yang merupakan zat penurun kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu juga ada kandungan hipokolesterolemia yang dapat mengatur kadar kolesterol dalam tubub stabil. Seperti yang kamu ketahui, kadar kolesterol yang tinggi bisa menimbulkan banyak sekali penyakit dalam tubuh, mulai dari gagal jantung, stroke, hipertensi, hingga diabetes.

3. Mencegah Penyakit Jantung
Beras merah juga sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung karena kandungan serat dan atioksidannya yang sangat tinggi sehingga bisa membersihkan plak yang mengumpul pada arteri dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh sehingga tidak ada yang tersumbat. Aliran darah yang lancar bisa membuat tubuhmu jadi lebih sehat karena darah yang membawa semua vitamin dan nutrisi bisa tersalurkan pada organ tubuh dengan baik.

4. Mencegah Resiko Penyakit Kanker
Jika menyantap beras merah, maka kamu bisa memperkecil peluang untuk terkena penyakit kanker, baik itu kanker usus besar, kanker payudara, hingga leukimia. Pasalnya dalam beras merah terdapat kandungan serat yang sangat tinggi, zat selenium, dan polifenol yang bisa menjaga tubuh supaya penyebaran sel kanker bisa cepat dicegah dalam tubuh. Selain itu beras merah juga bisa mencegah racun menempel pada dinding usus besar karena pencernaan akan lebih lancar.

5. Memperlancar Pencernaan
Seperti yang sudah dikatakan di atas, pencernaanmu akan jadi lebih lancar dengan rutin menyantap beras merah. Ini dikarenakan kandungan serat yang sangat tinggi sehingga membuat pencernaan jadi lebih lancar. Selain itu, beras merah juga membantu kinerja dalam lambung karena dalam beras merah terdapat lapisan bekatul yang bisa mencegah penyerapan asam dan kelembaban yang berlebihan. Dengan menyantap beras merah, maka kamu akan terhindar dari sembelit.

6.Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang
Manfaat selanjutnya dari beras merah adalah bisa menjaga kesehatan gigi dan tulangmu. Kenapa bisa demikian? Dalam beras merah terdapat kandungan magnesium dan kalsium yang bisa mencegah terjadinya demineralisasi tulang dan mencegah arthritis serta osteoporosis atau pengeropoan tulang yang terjadi akibat kekurangan kalsium. Dengan rutin menyantap beras merah setiap harinya, maka kamu akan memiliki tulang dan gigi yang kuat.

7. Mencegah Obesitas
Manfaat yang terakhir ini pasti sudah kamu ketahui karena beras merah sering digunakan sebagai santapan orang-orang yang sedang berdiet atau orang yang sedang menguruskan berat badan. Beras merah memiliki kadar lemak yang sangat rendah serta kadar karbohidrat yang juga lebih rendah dibanding jenis beras lainnya. Sudah ada banyak penelitian yang mengungkapkan kalau beras merah memiliki efek positif pada tubuh sehubungan dengan pengurangan indeks massa tubuh.

Sekarang kamu tahu kan apa saja manfaat dari beras merah untuk tubuhmu. Lantas, apakah kamu masih ragu untuk tidak mau menyantap beras merah? Selain beras merah, masih ada yang lainnya yang bisa kamu cicip ya, seperti yang ada di bawah ini nih teman PergiKuliner!

Nasi Uduk 126

Foto Nasi Uduk 126
Foto Nasi Uduk 126

Eastern Opulence

Foto Eastern Opulence

Senyum Indonesia

Foto Senyum Indonesia
Foto Senyum Indonesia
Foto Senyum Indonesia

Gudeg Sagan

Foto Gudeg Sagan
Foto Gudeg Sagan
Foto Gudeg Sagan

Ayam Bengkel Prekkkk

Foto Ayam Bengkel Prekkkk
Foto Ayam Bengkel Prekkkk
Foto Ayam Bengkel Prekkkk

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?