Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Ragam Pecel dari Berbagai Daerah di Indonesia!

List Artikel
15 Februari 2019 | 0 Komentar
Pecel merupakan salah satu kuliner asli Indonesia yang menggunakan sayur-sayuran sebagai bahan utamanya dan diberi siraman saus kacang sehingga sering dijuluki sebagai saladnya Indonesia. Biasanya jenis sayuran yang dijadikan pecel adalah kangkung, bayam, kubis, kacang panjang, tauge, dan masih banyak lagi. Kuliner ini paling banyak dijumpai di daerah-daerah pulau Jawa. Jika selama ini kamu hanya mengira kalau pecel yang ada di Indonesia hanya ada satu jenis saja, ternyata ada banyak sekali jenis pecel yang ada di daerah-daerah Indonesia, yaitu:

Pecel Madiun


Sumber : Pergikuliner.com


Pertama ada pecel Madiun yang pastinya berasal dari kota Madiun, Jawa Timur. Ciri khas dari pecel ini adalah penggunaan daun pincuk pisang dan juga isian sayurannya yang memiliki tambahan petai cina dan daun kemangi sehingga aromanya sangat harum. Sambal kacang yang digunakan untuk pecel Madiun memiliki citarasa yang cenderung pedas dan gurih karena penggunaan cabai merah yang cukup banyak. Pecel Madiun disajikan bersama dengan rempeyek atau kerupuk gendar, tempe mendoan, tahu goreng, hingga ayam goreng.


Pecel Tumpang


Sumber : Resepnusantara.id


Pecel tumpang merupakan pecel yang berasal dari Kediri. Keunikan dari pecel ini adalah jenis siraman sambal yang digunakan ada dua yakni sambal pecel yang terbuat dari kacang dan sambal tumpang yang dibuat dari tempe busuk kemudian dimasak dengan beragam rempah sehigga cita rasanya sangat unik. Untuk jenis sayuran digunakan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pecel madiun. Hanya saja tidak ada petai cina di dalamnya, melainkan daun singkong dan daun kenikir. Cita rasa pecel tumpang cenderung pedas dan creamy dengan tambahan sensasi khas tempe.

Pecel Kecombrang


Sumber : Grid.id


Selanjutnya ada pecel kecombrang yang berasal dari Purwokerto, Jawa Tengah. Disebut dengan pecel kecombrang karena di dalamnya menggunakan irisan bunga kecombrang. Penggunaan kecombrang ini membuat aroma dan cita rasanya jadi berbeda karena ada rasa mirip jahe dan aroma yang menyegarkan seperti jeruk nipis. Selain bunga kecombrang, tentunya ada sayuran lainnya seperti daun pepaya, sawi, kacang panjang, kangkung, tauge dan mentimun. Untuk sambal kacang yang digunakan ini butiran kacangnya masih berasa, sedangkan cita rasanya tidak terlalu pedas.

 

Pecel Bledek


Sumber : Food.detik.com


Mendengar namanya yang unik, kamu pasti bertanya-tanya pecel seperti apa ini. Pecel bledek berasal dari daerah Nganjuk, Jawa Timur. Nama pecel bledek memiliki arti pecel petir karena bledek dalam bahasa Jawa berarti petir. Berhubung namanya petir, kamu pasti bisa menduga kalau pecel ini memiliki citarasa yang lebih pedas dibanding pecel-pecel lainnya. Untuk jenis sayurannya, pecel bledek menggunakan sayuran daun pepaya, kenikir, daun singkong, petai cina dan mentimun. Keunikan lainnya dari pecel bledek adalah penyajiannya yang disajikan bersama dengan telor asin.
 

Pecel Ndeso


Sumber : Backpackerjakarta.com


Beralih ke kota Solo yang memiliki pecel bernama pecel ndeso. Ndeso dalam bahasa Jawa memiliki arti kampung atau desa. Kenapa dinamakan demikian? Karena pecel ndeso ini awalnya hanya dijual di area-area desa saja sebelum akhirnya beranjak ke daerah perkotaan Solo. Dari segi tampilan, pecel ndeso memiliki tampilan yang sangat unik karena ada nasi merah yang pasti tersaji di dalamnya. Untuk jenis sayuran yang digunakan, kamu bisa menemukan bayam, tauge, kenikir, lembayung, dan kecipir. Untuk bahan pelengkapnya ada kerupuk gendar yang terbuat dari kacang hijau.

 

Pecel Kembang Turi


Sumber: marymemasak.wordpress.com


Terakhir ada pecel kembang turi yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, pecel ini menggunakan kembang turi sebagai bahan utamanya. Unik bukan? Kembang turi memiliki tekstur yang mirip kubis, tapi ada sedikit rasa getir di dalamnya. Selain kembang turi, ada sayuran lain seperti daun kemangi dan terong. Untuk penyajian, pecel kembang turi biasa disajikan bersama dengan rempeyek dan juga tempe dan tahu goreng.

Sekarang kamu sudah tahu kan kalau ada banyak sekali jenis pecel yang bisa dipilih untuk dijadikan menu makanan vegetarian kali ini. Untuk referensi tempat makan lainnya bisa cek di bawah ini ya!

Pecel Pincuk Ibu Ida

Foto Pecel Pincuk Ibu Ida
Foto Pecel Pincuk Ibu Ida
Foto Pecel Pincuk Ibu Ida

Warung Mbak Lastri

Foto Warung Mbak Lastri

Nasi Pecel Mbak Ira

Foto Nasi Pecel Mbak Ira

Sego Pecel Pincuk BuGan

Foto Sego Pecel Pincuk BuGan

Warung Pecel Kediri Pak Tono

Foto Warung Pecel Kediri Pak Tono

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?