Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Tandanya Kamu Terlalu Banyak Mengkonsumsi Karbohidrat

List Artikel
16 September 2020 | 0 Komentar

Karbohidrat menjadi salah satu sumber tenaga yang didapatkan oleh tubuh selain protein dan lemak. Oleh karena itu, karbohidrat menjadi salah asupan yang wajib didapat oleh tubuh karena jika kekurangan karbohidrat, maka kita tidak akan bisa beraktivitas dengan baik. Ada banyak sumber karbohidrat, mulai dari nasi, jagung, roti, kentang, gandum, dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri, nasi menjadi salah makanan pokok yang menjadi sumber karbohidrat utama masyarakatnya. Meski menjadi asupan wajib bagi tubuh, tapi tahukah kamu kalau karbohidrat yang berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Kita memang disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat, tapi takaran jumlahnya harus pas, jangan sampai berlebihan. Tapi dari manakah kita tahu kalau ternyata karbohidrat yang dikonsumsi oleh tubuh itu berlebihan? Ternyata ini tanda-tandanya!



Sumber : Pergikuliner.com


Berat Badan yang Bertambah

Salah satu cara paling mudah untuk dapat mengetahui kalau kita kelebihan mengonsumsi karbohidrat adalah berat badan yang bertambah. Seperti yang kita ketahui, karbohidrat mengandung kalori padat yang tinggi. Jadi kalau terlalu banyak mengonsumsinya, maka tubuh akan mendapatkan banyak kalori. Jika kalori yang didapat tubuh berlebihan, maka dengan sendirinya akan tersimpan menjadi cadangan lemak yang menumpuk dalam tubuh.


Sering Mengalami Gangguan Pencernaan

Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat juga bisa dilihat dari seringnya tubuh mengalami gangguan pada pencernaan seperti perut kembung. Hal ini dikarenakan karbohidrat cenderung menahan air sehingga dapat menyebabkan perut kembung jika kelebihan mengonsumsinya. Selain menyebabkan perut kembung, kelebihan karbohidrat juga bisa menyebabkanmu sembelit karena tubuh akan sulit mencerna serat.

 

Mudah Berjerawat

Tidak hanya kebanyakan makan gorengan dan makanan yang manis saja, menyantap terlalu banyak karbohidrat juga dapat mengakibatkan tubuh, terutama wajah mudah berjerawat. Hal ini dikaitkan dengan karbohidrat sederhana yang bisa menghasilkan glukosa. Jika karbohidrat dikonsumsi berlebihan, maka akibatnya akan ada penumpukan glukosa yang juga dapat berakibat munculnya jerawat dengan mudah.


Merasa Cepat Lelah

Tanda selanjutnya adalah tubuhmu bisa merasa mudah lelah. Tentunya sudah banyak yang tahu tanda ini. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, karbohidrat sederhana bisa dengan mudah diolah menjadi glukosa. Jika terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, maka akan terjadi lonjakan glukosa dengan cepat dan menurun dengan cepat juga sehingga berdampak pada tubuh yang mudah lemas dan lelah.


Sering Ngidam Makanan Manis

Tanda-tanda yang terakhir saat tubuh kelebihan karbohidrat adalah kamu akan lebih sering ngidam makanan manis. Karbohidrat sederhana bisa terurai dengan cepat menjadi glukosa sehingga jika kamu terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat sederhana, itu sama saja dengan terlalu banyak mengonsumsi gula. Karena sudah menjadi kebiasaan, maka tubuh juga akan mendambakan asupan gula dari makanan-makanan yang punya cita rasa manis.


Itulah beberapa tanda kalau kamu kebanyakan konsumsi karbohidrat. Jadi mulai sekarang sebaiknya batasi asupan karbohidratmu dan imbangi dengan asupan lainnya seperti protein dan serat sehingga tubuh jadi lebih sehat.

Nasi Kapau Sodagar

Foto Nasi Kapau Sodagar
Foto Nasi Kapau Sodagar
Foto Nasi Kapau Sodagar

D' Bollywood

Foto D' Bollywood
Foto D' Bollywood
Foto D' Bollywood

Plataran Menteng

Foto Plataran Menteng
Foto Plataran Menteng
Foto Plataran Menteng

Piring Nasi

Foto Piring Nasi
Foto Piring Nasi
Foto Piring Nasi

Nasi Campur AFA Kalimantan

Foto Nasi Campur AFA Kalimantan
Foto Nasi Campur AFA Kalimantan
Foto Nasi Campur AFA Kalimantan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?