Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Tips Mukbang yang Aman Bagi Kesehatan

List Artikel
29 Mei 2023 | 0 Komentar

Kamu pernah mendengar istilah mukbang? Mukbang merupakan kebiasaan makan yang asalnya dari Korea Selatan. Mukbang diambil dari bahasa Korea "meok" yang artinya adalah makan dan "bang" yang diambil dari kata "bangsong" yang artinya adalah siaran. Jadi kalau digabungkan, maka arti dari mukbang adalah makan di hadapan kamera. Kegiatan ini sudah muncul sejak sekitar tahun 2010. 


Kegiatan mukbang menjadi tren seiring dengan perkembangan teknologi. Selain menjadi agenda makan di depan kamera, ciri khas lain dari mukbang adalah kuliner yang disajikan dalam wadah besar dengan porsi yang sangat banyak. Penonton mukbang sangat suka melihat orang yang makan dengan lahap dengan porsi banyak. Inilah yang menjadikan mukbang sangat populer hingga keluar negeri. Tapi sayangnya, kegiatan ini terbilang kurang bagus untuk kesehatan tubuh karena banyaknya porsi makan yang harus dikonsumsi. Supaya nantinya mukbang aman bagi kesehatan, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan. Yuk, kita cek di bawah ini!


Sumber: Mashed.com

 

1. Mengonsumsi Banyak Buah dan Sayur

Tips yang pertama adalah dengan mengonsumsi banyak buah dan sayur. Hal ini sangat perlu dilakukan supaya nantinya metabolisme tubuh bisa lebih baik. Banyaknya makanan yang dilahap tentu saja harus bisa dicerna dengan baik oleh tubuh. Dengan mengonsumsi banyak buah dan sayur, maka tubuh bisa mendapatkan kandungan serat sehingga sistem pencernaan bisa menjadi lebih baik. Teman Kuliner juga bisa terlepas dari yang namanya sembelit setelah makan dalam jumlah banyak.

 

2. Minum Air Putih yang Cukup

Selain mengonsumsi banyak buah dan sayur, Teman Kuliner juga bisa mengonsumsi air putih yang cukup. Air putih diperlukan supaya nantinya makanan yang dikonsumsi bisa dicerna dengan baik. Air putih bisa membantu sistem pencernaan terjaga dengan baik. Terkadang ada makanan yang susah dicerna seperti daging, ayam, dan sejenisnya. Dengan mengonsumsi air putih, maka tubuh bisa menjaga sistem pencrenaanya dengan lebih baik.

 

3. Rajin Berolahraga

Tips lainnya yang harus dilakukan supaya kegiatan mukbang aman bagi kesehatan adalah dengan rajin berolahraga. Rajin berolahraga sangat diperlukan supaya nantinya makanan yang disantap tidak menumpuk dan menyebabkan timbunan lemak dan karbohidrat di dalam tubuh. Tak jarang orang yang sering melakukan mukbang bertambah berat badannya karena menyantap makanan yang terlalu banyak. Jika Teman Kuliner rutin berolahraga, maka berat badan bisa terjaga.

 

4. Mukbang Rame-rame

Tips mukbang terakhir ini menjadi yang paling simpel karena tidak perlu melakukan ketiga hal di atas jika Teman Kuliner sedang malas. Cukup dengan mengundang teman-teman atau kerabat yang suka makan untuk datang ke acara mukbang yang Teman Kuliner lakukan. Memang pada dasarnya mukbang aslinya hanya dilakukan sendiri, tapi belakangan ini mukbang juga dilakukan beramai-ramai dengan mengundang orang lain untuk makan bersama di depan kamera. Dengan begitu, banyaknya makanan yang tersaji tidak harus Teman Kuliner santap sendiri hingga habis karena makanan tersebut bisa dibagikan untuk disantap bersama-sama. Selain itu, mukbang yang dilakukan beramai-ramai pastinya akan menjadi lebih seru karena adanya perbedaan pendapat dari orang-orang yang mencicipnya.

 

Itulah beberapa tips mukbang yang aman bagi kesehatan. Buat Teman Kuliner yang ingin melakukan mukbang, di bawah ini ada beberapa rekomendasi kuliner Korea enak yang bisa diicip!

Namba Korean Comfort Food

Foto Namba Korean Comfort Food
Foto Namba Korean Comfort Food
Foto Namba Korean Comfort Food

Magal Korean BBQ

Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ

Cafe Jalan Korea

Foto Cafe Jalan Korea
Foto Cafe Jalan Korea
Foto Cafe Jalan Korea

Warung Korea Pop

Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop

Chingu Korean Fan Cafe

Foto Chingu Korean Fan Cafe
Foto Chingu Korean Fan Cafe
Foto Chingu Korean Fan Cafe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?