Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Inilah 6 Negara Penghasil Biji Kakao Terbesar di Dunia

List Artikel
26 Juni 2017 | 0 Komentar

Siapa yang tidak mengenal makanan manis yang satu ini. Bernama latin Theobroma Cacao, cokelat memang diyakini mampu membangkitkan rasa bahagia seseorang ketika sedang galau. Banyak orang yang menyukai cokelat lantaran karena rasanya yang manis. Namun disamping menyukai cokelat, tentu saja kita perlu tahu bahan utama cokelat dan negara mana saja yang menjadi penghasil bahan utama cokelat tersebut. Ya, bahan utama cokelat adalah kakao, untuk membuat 1 kg cokelat maka dibutuhkan sekitar 300 hingga 600 biji kakao tergantung pada kandungan kakao yang diinginkan.



sumber : komoditas.co.id


Cokelat terbuat dari biji kakao yang tentu saja dihasilkan dari pohon kakao. Sebagian besar pohon kakao ditanam di daerah Benua Afrika, Amerika dan Asia. Namun jika diamati ternyata cokelat dihasilkan dari benua yang memiliki iklim hangat. Jadi negara mana saja yang menghasilkan biji kakao terbesar di dunia? Berikut ini adalah urutan tertinggi dari negara penghasil kakao!


sumber : pergikuliner.com



1. Pantai Gading

Pantai Gading merupakan salah satu negara di kawasan Afrika Barat yang dapat menghasilkan 1.485.822 ton kakao. Negara ini menduduki posisi pertama sebagai penghasil cokelat terbesar di dunia dimana perusahaan seperti Nestle dan Cadbury menerima kakao dari Pantai Gading.


2. Ghana

Tak ketinggalan, produksi kakao di Ghana merupakan salah satu penyumbang keuangan terbesar untuk negaranya. Ghana menduduki posisi kedua dimana lebih dari tiga perempat propesi masyarakat di Ghana adalah sebagai petani kakao. Ghana mampu menghasilkan cokelat sebanyak 873.348 ton kakao.


3. Indonesia

Ketiga, ada Indonesia yang mulai memproduksi dan menanam kakao pada awal 1980-an. Sejak awal hingga saat ini produksi kakao di Indonesia terus mengalami peningkatan dengan cepat, dimana Indonesia mampu membuktikan dirinya sebagai negara penghasil kakao terbesar ketiga di dunia yang menghasilkan 740.500 ton pada tahun 2012.


4. Nigeria

Dalam kurun waktu satu tahun sejak 2013, Nigeria berhasil mengembangkan produksi cokelatnya dari 383.000 ribu ton menjadi 421.300 ton. Industri kakao di Nigeria dapat meningkat secara signifikan dikarenakan peningkatan harga global, permintaan yang semakin banyak, dan peningkatan ketersediaan teknologi pertanian yang semakin canggih.


5. Kamerun

Kamerun merupakan negara penghasil kakao terbesar di dunia kelima. Hal ini dilihat dari penghasilan 256.000 ribu ton kakao pada tahun 2012. Meski negara ini mampu menjadi penghasil kakao terbesar, namun industri kakao di Kamerun juga memiliki beberapa ancaman yang bisa menyebabkan menurunnya angka produksi kakao seperti pengelolaan tanaman kakao yang tidak memadai, usia pohon kakao yang telah melewati batas, dan lain - lain.


6. Brazil

Terakhir, ada Brazil yang mulai menghasilkan kakao pada tahun 1998. Negara ini merupakan penghasil biji kakao terbesar di Benua Amerika karena menghasilkan 252.211 ton biji kakao pada tahun 2012.


Itulah urutan untuk negara penghasil biji kakao terbesar di dunia. Kita sebagai warga Negara Indonesia sudah sepatutnya berbangga diri, karena Indonesia berada di posisi ketiga sebagai Negara penghasil kakao atau cokelat terbesar di Dunia. 


Setelah baca artikel ini kamu jadi kepingin makan atau minum yang berbau-bau coklat tapi bingung dimana? Jangan khawatir. PergiKuliner sudah kasih kamu rekomendasi cafe dan restorannya di bawah ini!

Chicory European Patisserie

Foto Chicory European Patisserie
Foto Chicory European Patisserie
Foto Chicory European Patisserie

Better Chocolate Than Never

Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never

Monty's

Foto Monty's
Foto Monty's

Kakolait

Foto Kakolait
Foto Kakolait
Foto Kakolait

Brasserie Bakery & Resto

Foto Brasserie Bakery & Resto

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?