Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Inilah Beda Es Teler, Es Campur, dan Es Oyen!

List Artikel
18 Oktober 2018 | 0 Komentar
Indonesia mempunyai ragam kuliner lokal yang menyegarkan dan cocok disantap saat cuaca panas, seperti es cendol, es kelapa muda, es campur, es teler, es buah, dan lain-lainnya. Namun ada jenis es yang mungkin sebagian besar masih suka keliru membedakannya nih, yaitu antara es campur, es teler, dan es oyen. Ketiga jenis es ini memiliki ciri khas masing-masing meski sekilas nampak mirip. Jika kamu termasuk pecinta es maka kamu harus tahu nih perbedaannya biar nggak salah pesan lagi. Mari bahas satu-satu yuk!

1. Es Teler



Sumber : PergiKuliner.com

Es teler adalah minuman yang sering ditemui di Kota Kembang. Salah satu ciri khas es teler ini adalah adanya potongan alpukat di dalamnya. Ada pula tambahan perpaduan kelapa muda, nangka, sirup, santan, gula cair, dan es serut atau es batu. Sekilas seperti es buah, namun es teler ini lebih bervariasi. Nggak hanya diisi dengan potongan buah saja, kadang bisa diisi cincau, kolang-kaling, pacar cina, potongan apel, pepaya, sawo, melon, roti, dan agar-agar.

2. Es Campur


Sumber : PergiKuliner.com

Es campur terlihat mirip dengan es teler, hanya isinya saja lebih beragam. Secara umum, campuran isi es campur adalah blewah, rumput laut, kolang-kaling, biji mutiara, potongan agar-agar, tapai singkong, alpukat, nangka, nanas, melon, cincau hitam, dan es batu. Beda daerah, beda pula campuran di dalamnya. Seperti misalnya di Medan, es campur di sana berisi pacar cina, kacang merah, dan biji delima. Rasanya pun juga bervariasi bisa lebih manis atau lebih asam karena tergantung dari bahan yang ada di dalamnya. Selain itu es campur biasanya nggak menggunakan santan, hanya memadukan sirup dan susu kental manis.

3. Es Oyen



Sumber : PergiKuliner.com

Es oyen juga berasal dari Bandung. Dilihat dari isiannya antara es oyen dengan es campur hampir nggak ada bedanya. Kamu bisa membedakannya dari warnanya, es oyen menggunakan sirup coco pandan sehingga berwarna merah muda, sedangkan es teler atau es campur berwarna putih. Selain itu, proses pembuatan es oyen sama dengan es teler yang menggunakan santan di atas es serutnya. Jadi, kalau kamu ingin merasakan sensasi menyantap es campur sekaligus es teler, kamu bisa pesan es oyen saja ya!

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan perbedaan dari tiga kuliner di atas? Jadi jangan sampai salah pesan ya! Dari es teler, es campur, dan es oyen tersebut kamu paling suka yang mana nih? Atau kamu bisa menyantap semuanya itu di beberapa tempat makan referensi PergiKuliner di bawah ini ya!

Es Oyen

Foto Es Oyen
Foto Es Oyen
Foto Es Oyen

Es Teler Sumatera Aho

Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho

Es Campur Ko Acia

Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia

Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)

Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)
Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)
Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)

Es Teler G5

Foto Es Teler G5
Foto Es Teler G5

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?