Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Inilah Perbedaan Kebab Turki Dengan Kebab di Indonesia yang Belum Banyak Orang Tahu

List Artikel
7 Juni 2018 | 0 Komentar

Kebab sudah sangat identik sebagai makanan dari Turki, meski sebenarnya di beberapa negara lain di Timur Tengah dan sekitarnya juga memiliki jenis makanan yang serupa. Hal ini kemudian diperkuat dengan adanya brand-brand makanan yang mengatasnamakan kebab Turki. Sehingga anggapan orang Indonesia tentang kebab pun menjadi terbentuk sebagaimana jenis kebab yang banyak dijual di Indonesia. Padahal sebenarnya kebab asli Turki dengan kebab Turki yang ada di Indonesia itu tidaklah persis. Ingin tahu perbedaannya seperti apa? Simak selengkapnya berikut ini:


1. Karakteristik Kebab Asli Turki


Sumber : Pergikuliner.com


Kebab di Turki adalah makanan yang berbahan dasar daging. Jadi, kebab tidak hanya berbentuk roti yang diisi daging potong atau daging gantung yang dipotong-potong. Ada kebab yang menggunakan roti memanjang, ada juga dengan roti yang berbentuk bundar seperti burger, hingga yang berbentuk sate tanpa roti. Namun yang jelas, daging sebagai bahan utama, bukan roti. Kulit roti atau roti itu sendiri hanya sebagai pembungkus daging yang bisa digunakan atau tidak. Selebihnya adalah sayuran, bawang dan paprika. Sedangkan bumbu-bumbu adalah campuran dari beberapa rempah-rempah. Selain itu, kebab asli Turki juga tidak menggunakan saos. Mengingat kebab di Turki tidak menggunakan saos, maka cita rasanya pun tidak sama dengan kebab yang selama ini kita kenal di Indonesia.


2. Karakteristik Kebab Turki di Indonesia


Sumber : Pergikuliner.com


Kebab Turki yang ada di Indonesia, biasanya berupa daging sapi yang dipanggang lalu dicampur dengan sayuran, kemudian dibungkus dengan roti pita atau tortilla. Kebab yang dibuat oleh orang Indonesia pun bumbunya jauh lebih sedap dan cita rasanya lebih nikmat karena menggunakan saos sambal dan saos tomat. Sementara di negeri asalnya, kebab bukanlah jenis makanan seperti yang saat ini banyak ditemukan di Indonesia. Kebab adalah daging yang dimasak sebelum akhirnya disajikan dengan berbagai cara. Nah, salah satu penyajiannya adalah dengan dibungkus roti pita atau tortilla. Di Timur Tengah, daging yang disajikan bersama sayuran lalu dibungkus roti ini disebut syawarma atau shawarma. Sehingga Kebab Turki yang ada di Indonesia saat ini merupakan makanan yang bernama shawarma. Kalau di Turki, jenis makanan ini disebut doner kebab.


Begitulah perbedaan dan karakteristik dari kedua jenis kebab. Baik kebab asli Turki maupun kebab Turki yang ada di Indonesia, keduanya memiliki keunggulan rasa masing-masing yang tidak bisa dibandingkan satu sama lain. Nah, kamu jadi kepingin makan kebab? Langsung aja datangi tempat-tempat di bawah ini ya!

Kebab Monster

Foto Kebab Monster
Foto Kebab Monster

Joody Kebab

Foto Joody Kebab

Kebab Kolong Langit

Foto Kebab Kolong Langit

Kebab AB Mayestik

Foto Kebab AB Mayestik

Kebab AB Mayestik

Foto Kebab AB Mayestik

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?