Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Inilah Perbedaan Martabak Bangka VS Martabak Bandung

List Artikel
5 Juli 2017 | 0 Komentar

Martabak merupakan camilan manis yang terbuat dari campuran tepung terigu, soda kue, gula, ragi, dan santan. Di Indonesia sendiri, terdapat dua jenis martabak yang sangat fenomenal yaitu martabak bangka dan martabak bandung. Sesuai dengan namanya, martabak bangka ini berasal dari Pulau Bangka Belitung dan begitupun dengan martabak bandung yang berasal dari Kota Bandung. Meski begitu, masih saja ada yang keliru dan tertukar apabila ditanya mengenai martabak bangka dan martabak bandung. Memang jika dilihat sekilas warna dan tampilan dari kedua martabak terlihat mirip. Namun bila kamu memperhatikannya lebih teliti ternyata ada lho perbedaannya. Inilah perbedaan martabak bangka dan bandung dilihat dari 4 segi yaitu:


               

(Martabak Bangka)                     sumber : Pergikuliner.com                      (martabak bandung)


1. Tingkat Ketebalan

Martabak bangka dikenal memiliki adonan yang lebih tebal, dan lebih padat dibandingkan dengan martabak bandung. Warnanya pun tua kecokelatan. Sementara martabak bandung adonannya tidak terlalu tebal dengan warna yang cokelat keemasan.


2. Tekstur

Karena martabak bangka memiliki adonan yang jauh lebih tebal maka tekstur luarnya akan terlihat lebih berpori dan berserat. Sedangkan martabak Bandung karena adonannya tidak terlalu tebal maka akan nampak lebih lembut dan rasanya pun lebih manis.


3. Topping

Jika dilihat dari toppingnya, memang martabak bandung ini memiliki kelebihan daripada martabak bangka yaitu pilihan topping-nya yang lebih beragam. Dahulu, martabak bangka hanya diberikan taburan gula dan wijen saja. Namun seiring perkembangannya, martabak bangka kini dapat disajikan dengan pilihan topping seperti keju, kacang atau cokelat.


4. Penyebutan Nama

Martabak bangka memiliki nama asli yaitu hok lo pan. Hal ini dikarenakan penemunya berasal dari orang-orang Hakka (Khek) dari Bangka. Maka dari itu, martabak ini diberi nama hok lo pan yang berarti kue orang Hok Lo. Sementara, martabak bandung di daerah asalnya sering dikenal pula dengan nama terang bulan. Sebab menurut orang bandung, martabak ini menyerupai bentuk bulan yang bulat.


Nah, sudah tau kan perbedaan martabak bangka dengan martabak bandung? Kamu ingin menguji perbedaan diantara kedua martabak tersebut? PergiKuliner sudah menyiapkan rekomendasi tempat dimana kamu bisa makan martabak bangka dan martabak bandung yang jadi favorit orang-orang, di bawah ini!

Martabak Bangka Akim

Foto Martabak Bangka Akim
Foto Martabak Bangka Akim
Foto Martabak Bangka Akim

Martabak Bandung Jaya

Foto Martabak Bandung Jaya
Foto Martabak Bandung Jaya
Foto Martabak Bandung Jaya

Martabak Rudy

Foto Martabak Rudy
Foto Martabak Rudy

Martabak Bandung 79

Foto Martabak Bandung 79
Foto Martabak Bandung 79
Foto Martabak Bandung 79

Martabak Bangka Jaya

Foto Martabak Bangka Jaya

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?