Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Intip 4 Fakta Unik Lasagna yang Perlu Kamu Tahu!

List Artikel
8 Juli 2019 | 0 Komentar
Bagi pecinta kuliner Italia pastinya kamu pernah atau bahkan sering menyantap yang namanya lasagna. Lasagna merupakan salah satu jenis kuliner yang dibuat dengan menggunakan pasta sebagai bahan dasarnya, lalu diberi bahan campuran lainnya seperti daging giling, keju, seafood, sayuran dan lain sebagainya. Lasagna dibuat dengan cara dipanggang hingga adonan menjadi matang. Pasta lasagna ini bentuknya terbilang cukup unik karena tidak berbentuk seperti mie, pipa, atau batangan. Tetapi bentuknya seperti lembaran kertas. Inilah yang membuatmu harus menyusun lembar demi lembar saat memasaknya sehingga membentuk tumpukan layer. Buat kamu yang sangat suka menyantap lasagna, Pergi Kuliner punya beberapa fakta unik tentang lasagna yang bia kamu simak, yaitu:

 

Sumber : Jurnalweb.me


1. Awalnya Lasagna Tidak Menggunakan Saus Tomat
Tahukah kamu sebenarnya di awal pembuatannya, kuliner lasagna ini tidak dibuat dengan campuran saus tomat. Seperti yang kamu tahu, lasagna sangat identik dengan dua jenis saus yang digunakannya, yakni saus putih dan saus merah. Untuk saus merah merupakan saus yang terbuat dari tomat, sedangkan saus putih adalah saus bachamel atau saus keju. Resep lasagna pertama kali tercatat pada abad ke-13 di mana masyarakat Eropa belum mengenal yang namanya tomat. Jadi bisa dipastikan kalau pada masa tersebut, lasagna hanya menggunakan saus putih saja.

2. Keberadaannya Sudah Ada Sejak Zaman Romawi Kuno
Seperti yang sudah dikatakan di atas, resep lasagna suda ditemukan pada abad ke-13. Tapi ada juga yang mengatakan kalau sebenarnya keberadaannya ini sudah ada sejak zaman romawi kuno. Lasagna ditemykan di kota Naples yang juga merupakan kota di mana pizza ditemukan. Jika diperhatikan dengan lebih seksama lagi, pizza dan lasagna memiliki beberapa persamaan, yakni memiliki bentuk yang tipis dengan topping di atasnya. Ditambah lagi keduanya sama-sama menggunakan daging, keju, dan basil untuk memperkaya cita rasanya.

3. Lasagna Jenis Pasta yang Paling Tua
Jika melirik dari sejarahnya, lasagna menjadi pasta yang tertua jika dibandingkan jenis pasta lainnya. Hal ini dikarenakan lasagna adalah satu-satunya pasta yang sudah ada sejak zaman romawi kuno sehingga bisa dipastikan kalau sebelum munculnya pasta berbentuk spagethi, fettucini dan lain sebagainya, pasta lasagna sudah ada. 

4. Lasagna Bukanlah Nama Aslinya
Fakta yang satu ini pasti akan sangat mengejutkanmu karena ternyata lasagna bukanlah nama sebenarnya. Nama asli lasagna adalah lasagne. Lasagne merupakan nama pasta yang hanya satu lembar saja. Berhubung ada banyak lapisan di dalamnya, maka namanya adalah lasagna. Jadi bisa dikatakan kalau lasagna ini merupakan bentuk kata majemuk dari pasta lasagne karena lasagna dibuat secara berlapis-lapis. Tapi berhubung orang-orang sudah familiar dengan nama lasagna, maka mereka menyebutnya dengan nama lasagna, bukan lasagne.


Itu beberapa fakta dari lasagna yang perlu kamu ketahui, menurutmu masih ada fakta unik lainnya tidak? Jika kamu ingin menikmati aneka jenis pasta lainnya kamu bisa datang ke sini saja ya!

Toodz House

Foto Toodz House
Foto Toodz House

Oso Ristorante Indonesia

Foto Oso Ristorante Indonesia
Foto Oso Ristorante Indonesia

Avec Moi

Foto Avec Moi

Pancious

Foto Pancious
Foto Pancious

Saine Daise

Foto Saine Daise
Foto Saine Daise
Foto Saine Daise

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?